Apa itu User Flow, Contoh, hingga Cara Meningkatkannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
user-flow-dreambox

Optimalkan User Flow: Strategi Produk dan Website

Dalam mengembangkan sebuah produk atau website, user flow atau user flow adalah hal yang terbilang sangat penting. Inilah poin yang perlu dipertimbangkan untuk membuat suatu produk semakin laku, atau sebuah website memiliki lebih banyak pengunjung.

Bagi sebagian orang, mungkin saja istilah tersebut masih terdengar asing, atau mungkin Anda baru mengetahuinya sekarang. Melalui artikel ini, mari membahas lebih lanjut tentang pengertian user flow, contoh, manfaat, jenis, serta langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkannya!

Lengkap, Apa Itu User Flow?

Ketika melakukan sesuatu, pastinya ada hasil yang ingin dicapai. Lalu, ada pula berbagai langkah yang perlu ditempuh untuk mencapai hal tersebut.

Misalnya, ketika akan mengunggah sesuatu di media sosial, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, Anda perlu membuka media sosial yang diinginkan, misalnya Instagram.

Selanjutnya, Anda bisa memilih akan mengunggah konten dalam bentuk apa, sesuai jenis konten yang sudah disiapkan. Lalu, masuk ke bagian untuk mengunggah dan lakukan pengunggahan sesuai dengan arahan dari aplikasi.

Contoh di atas adalah salah satu gambaran singkat tentang apa yang dimaksud dengan user flow. Secara sederhana, istilah tersebut merujuk pada serangkaian langkah atau tugas yang harus dilakukan oleh pengguna ketika akan menjalankan sebuah fungsi atau fitur tertentu.

Pentingnya User Flow dalam Pengembangan Website 

Langkah ini menyangkut keseluruhan tahap, hingga tercapainya tujuan yang diinginkan oleh pengguna. Semakin mudah sebuah aplikasi atau website dalam menyediakan fiturnya, maka biasanya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya.

Ketika seseorang sedang membuat atau mengembangkan website , maka alur tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Dengan alur yang dapat memudahkan pengguna, maka mereka akan merasa lebih nyaman untuk menjelajahi atau memanfaatkan fungsi website.

Contoh User Flow

Sebelumnya, telah diberikan gambaran singkat tentang apa yang dimaksud dengan serangkaian tugas ini. Namun, mungkin saja sebagian dari Anda masih belum terlalu paham dengan penjelasan tersebut. Jika masih bingung, maka Anda bisa melihat contoh dari serangkaian tahap di bawah ini.

Setiap jenis aplikasi ataupun website bisa jadi memiliki tahap yang berbeda untuk melakukan sebuah tugas tertentu. Misalnya, sebuah situs e-commerce atau website jual-beli memiliki berbagai tahapan jika seseorang ingin melakukan pembelian produk, berikut adalah contoh user flow yang umum digunakan:

contoh-userflow-dari-dreambox

Manfaat User Flow

Setelah membaca penjelasan tentang pengertian dan contoh dari user flow, mungkin sebagian orang akan bertanya mengapa hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang menjadi manfaat dari adanya alur ini, antara lain sebagai berikut:

1. Media Komunikasi

Dalam sebuah website, dibutuhkan berbagai jenis komunikasi jika ingin mencapai tujuan yang lebih optimal. Salah satunya yaitu penting untuk memberikan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan komunikasi.

Website tersebut pun perlu menjalin berbagai jenis komunikasi dengan penggunanya, sehingga berbagai tujuan dapat lebih mudah untuk dicapai.

Maka dari itu, user flow dapat menjadi salah satu sarana untuk terlaksananya komunikasi tersebut. user flow dapat menjelaskan dengan lebih mudah tentang tahap demi tahap yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ini dapat dimanfaatkan sebagai media atau saran berkomunikasi, terlebih untuk website yang memiliki berbagai halaman di dalamnya.

2. Dokumentasi

Selanjutnya, user flow juga dapat menjadi sarana untuk dokumentasi. Langkah apa saja yang telah dilakukan oleh pengguna, atau fitur apa saja yang telah digunakan, dapat dilihat melalui alur ini.

3. Peningkat Pengalaman Pengguna

Ketika akan mendesain website serta berbagai fungsi di dalamnya, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan tentang kebutuhan dan keinginan dari calon pengguna atau pengunjung.

Dengan begitu, maka pengalaman pengguna pun akan lebih baik, sehingga website Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Mereka juga akan merasa nyaman dan ingin kembali lagi ke website tersebut di lain waktu.

Dalam hal ini, user flow dapat memiliki pengaruh yang cukup penting. Jika alurnya nyaman digunakan, maka pengguna pun akan cenderung merasa lebih nyaman.

3 Jenis Diagram User Flow

Supaya dapat lebih mudah untuk memahami user flow, maka sebaiknya Anda mengetahui tentang jenis diagram yang umum digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Task Flow

Pertama, ada task flow yang umumnya dipakai ketika akan menggambarkan sebuah pekerjaan yang memiliki satu tujuan. Supaya tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik, maka dapat dibantu oleh diagram task flow.

2. Wire Flow

Kedua, ada yang diagram user flow yang disebut dengan wire flow. Jenis kedua ini akan memadukan antara bentuk diagram dengan bentuk wireframe. Sebuah elemen dari diagram tersebut akan tergambarkan dalam bentuk layar yang nyata, sehingga perjalanan langkah pengguna akan lebih tergambarkan dengan jelas.

3. user flow

Selanjutnya, yaitu diagram user flow. Ini merupakan jenis diagram yang paling kompleks dan memuat isi yang lebih lengkap. Diagram ini tidak hanya menuntun pengguna dalam sebuah perjalanan, melainkan juga dapat membuat pengguna memiliki pilihan untuk menentukan tujuannya sendiri.

Cara Meningkatkan User Flow

Untuk dapat meningkatkan user flow, maka penting bagi Anda untuk menampilkan berbagai informasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pastikan Anda telah mengetahui jumlah klik minimal yang diperlukan untuk dapat mencapai suatu tujuan, sehingga jumlah tersebut dapat dioptimalkan. Usahakan untuk meminimalisir berbagai informasi yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk ditampilkan.

Untuk dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan bagi pengguna, maka setidaknya terdapat tiga langkah yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

  1. Membuat flow diagram sesuai dengan kebutuhan;
  2. Melakukan visualisasi terhadap alur yang sudah dibuat;
  3. Menjelaskan hal apa saja yang perlu dilakukan oleh pengguna di setiap langkah dalam alur tersebut.

Penutup

Itulah berbagai penjelasan tentang serangkaian tugas yang penting dalam mengembangkan sebuah produk atau layanan, termasuk dalam mengembangkan website bisnis. Anda juga telah mengetahui berbagai contoh, manfaat, jenis, serta cara untuk meningkatkannya.

Namun, karena masih memiliki berbagai kesibukan lainnya dalam menjalankan bisnis, mungkin saja Anda merasa sedang tidak dapat mengembangkannya sendiri. Jika memang demikian, maka layanan website dapat menjadi solusi tepat.

Pastikan Anda memanfaatkan layanan website dari Dreambox sebagai solusi tepat dalam hal ini. Dengan layanan ini, maka Anda akan mendapatkan user flow yang efektif. Tentunya, layanan ini akan ditangani oleh tenaga yang berpengalaman dan profesional, silakan hubungi di sini untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms