Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-pembuatan-website

Bagimana Cara Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional?

Apakah Anda tengah mencari jasa pembuatan website profesional yang tepat untuk membangun situs web bisnis? Dengan begitu banyak agensi yang menyediakan jasa ini, bagaimana caranya agar Anda bisa menemukan satu yang pasti?

Anda tentu tidak mau berurusan dengan tim yang tidak profesional: deadline yang tidak tepat waktu, biaya mahal tapi hasil tidak sesuai, serta komunikasi yang sulit untuk dilakukan. Lebih bahaya lagi jika jasa yang dipilih malah jasa gadungan!

Nah Anda tidak perlu bingung atau khawatir lagi, sebab Anda akan menemukan informasi mengenai tips memilih jasa pembuatan website di artikel ini.

Mengapa Memakai Jasa Pembuatan Website Profesional?

Website memang bisa dibuat sendiri melalui berbagai CMS (Content Management System) yang ada di internet. Walaupun Anda tidak bisa bahasa pemrograman dan desain, Anda masih bisa membuat website dengan menggunakan CMS.

Akan tetapi, kurangnya pengetahuan mengenai hal ini bisa menyulitkan Anda untuk membangun website perusahaan yang terlihat bagus dan profesional. Tidak seperti website untuk keperluan pribadi yang tidak perlu terlihat profesional, situs web suatu perusahaan memerlukan demikian. 

Mengapa begitu? Sebab, website perusahaan menjadi sumber informasi yang bisa didapat oleh calon konsumen dan mitra bisnis Anda. Hal ini membuat website perusahaan menjadi tempat untuk memperkenalkan eksistensi bisnis, menjelaskan profil dan struktur perusahaan, serta memuat berbagai informasi relevan yang bisa dinikmati oleh pengunjung website.

Dengan tampilan website yang unik dan informasi yang relevan, hal ini bisa membantu bisnis Anda untuk menjalin dan menjaga hubungan yang erat dengan mereka. Siapa yang paling diuntungkan jika hubungan ini tetap terjaga? Tentu saja, bisnis Anda.

Selain bisa membangun kredibilitas perusahaan Anda, website yang dibuat secara profesional mampu memaksimalkan kualitas layanan. Lantaran, website yang dibuat bisa dikostumisasi agar memiliki berbagai fungsionalitas yang bisa menjawab berbagai kendala dan permasalahan para pengunjung.

Maka dari itu, lebih baik bagi Anda untuk memakai jasa pembuatan website profesional agar tidak perlu bingung membuat situs web sedari awal. Agensi pun bisa membantu Anda untuk menyusun kerangka dan desain website yang diinginkan, dengan begitu Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak dan bisa fokus untuk mengembangkan bisnis.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

Setelah memahami hal di atas, dapat dimengerti jika website merupakan hal yang perlu dimiliki oleh bisnis atau perusahaan. Selain dapat membangun kredibilitas bisnis, website juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi efektif untuk pemasaran dan promosi. Lantas, bagaimana cara memilih jasa pembuatan  situs web profesional secara tepat?

1. Perhatikan Kebutuhan dan Anggaran Anda

Sebelum memilih, Anda perlu membuat instruksi detail mengenai desain website, kebutuhan halaman, dan informasi apa saja yang ingin dicantumkan. Dari sini, Anda bisa mencari tahu apakah ingin membangun website dari nol atau membutuhkan jasa desainnya saja.

Pasalnya, ada dua jenis jasa pembuatan website, developer, dan designer. Website developer akan membantu Anda membuat situs web dari awal. Jadi, Anda dan agensi bisa mendiskusikan soal kebutuhan website yang diperlukan seperti pembuatan kerangka, struktur, dan fitur pada website

Sementara website designer menyediakan layanan desain situs web dan halamannya saja. Mereka akan membantu Anda merancang layout visual website untuk setiap elemen yang diperlukan mulai dari warna, huruf, font, penempatan tulisan, gambar, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan user experience.

Karena website developer membangun dari awal, anggaran yang harus dikeluarkan pun lebih besar dibanding website designer. Selain pembayaran jasa, Anda juga perlu memperhatikan harga domain dan hosting website.

Jika Anda membutuhkan keduanya, Anda dapat mencari agensi profesional yang langsung menyediakan layanan ini sekaligus dan lihat apakah mereka menyediakan potongan harga dan jasa konsultasi terkait ini.

2. Riset Profil dan Ulasan Pembuat Website

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, penting untuk melakukan riset profil pembuat website. Cukup ketik kata kunci “jasa pembuatan website profesional” di mesin pencari. Kemudian, pilih beberapa agensi yang layak untuk dipertimbangkan.

Anda bisa mengunjungi website yang mereka punya dan mencermati isi profil untuk mengetahui kualitas dan kredibilitas dari jasa yang ditawarkan. Untuk informasi tambahan, Anda juga dapat melihat visi dan misi pembuat website, kontak dan alamat agensi, hingga detail layanan yang diberikan.

Setelah itu, baca setiap ulasan atau review dari konsumen sebelumnya. Dari penilaian mereka, Anda dapat memahami kualitas layanan yang diberikan. Jangan buru-buru memakai jasa pembuat website jika mereka tidak memiliki informasi soal ini. Pasalnya, jasa yang diberikan tidak memiliki rekam jejak yang bisa dibuktikan.

3. Lihat Portofolio Mereka

Setiap agensi  jasa pembuatan website profesional pasti menampilkan portofolio tentang situs web yang telah mereka buat. Dari sini, Anda bisa memahami kualitas dan desain website karya mereka. Cermati apakah kualitas dan desain website sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Biasanya, banyak agensi yang juga menjelaskan secara singkat mengenai permintaan klien dan tujuan pembuatan website pada halaman portofolio. Mereka akan menjabarkan mengenai solusi apa saja yang ada di dalam website untuk menjawab permintaan klien, seperti DreamBox. Anda bisa melihat contoh portofolio website yang telah dibuat disini.

Selain melihat portofolio, Anda juga bisa meminta agensi untuk menampilkan demo website yang telah dibuat untuk memastikan hasil yang diterima sesuai dengan keperluan Anda. Melalui demo ini pula, Anda bisa langsung mengetahui perubahan atau perbaikan yang diinginkan.

4. Pastikan Website Mendukung SEO

Strategi Search Engine Optimization (SEO) sudah menjadi kebutuhan vital bagi setiap pemilik website, terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung situs web. Nah, Anda perlu memastikan bahwa website yang dibuat oleh agensi yang dipilih mampu mendukung strategi SEO.

5. Perhatikan Legalitas dan Kredibilitas Agensi

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan legalitas dan kredibilitas  jasa pembuatan website profesional. Dengan mempertimbangan legalitas mereka, hal ini dapat menghindari Anda dari potensi penipuan dan melindungi hak Anda sebagai konsumen.

Adapun agensi dengan kredibilitas yang tinggi biasanya mempunyai profil dan struktur perusahaan yang jelas. Anda bisa mencari informasi ini pada halaman utama atau About Us mereka. Perhatikan juga tim yang akan membantu Anda dalam membangun atau mendesain website.

6. Cek Cakupan Layanan yang Ditawarkan

Biasanya, agensi  jasa pembuatan website profesional menawarkan berbagai paket mulai dari standar hingga premium. Setiap paket ini memiliki perbedaan mulai dari layanan yang diberikan, harga, dan kelengkapan fitur.

Fitur yang dimaksud bisa berupa pembelian domain dan hosting, pembuatan struktur atau kerangka website, serta proteksi keamanannya. Nah, pastikan jasa pembuat website yang Anda pilih menyediakan layanan ini agar Anda tidak kerepotan ketika ingin mengelolanya. 

7. Ketahui Keamanan Data pada Website

Keamanan data pada situs web sangat vital untuk memastikan website yang dibangun aman atau setidaknya mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dari serangan virus, hacker, dan malware

Data di dalam website rentan terhadap pencurian. Oleh sebab itu, Anda perlu menanyakan mengenai proteksi dan enkripsi data inti yang disediakan oleh layanan pembuat website. Tambahan, Anda juga dapat memilih layanan yang menyediakan proteksi hak cipta kepada setiap konten yang akan diunggah pada website.

8. Kemampuan Komunikasi Desainer dan Developer Website 

Salah satu kendala yang dikeluhkan oleh banyak klien adalah kemampuan komunikasi dari desainer dan developer website. Anda perlu memastikan jika tim agensi mampu berkomunikasi secara efektif dan solutif.

Pasalnya, pasti Anda membutuhkan tim agensi yang fleksibel jika ada perubahan desain dan fitur yang harus ada pada website. Bila memungkinkan, Anda juga bisa langsung bertemu dengan designer atau developer website untuk meminimalisir adanya salah paham.

Pastikan juga mereka mampu memberitahu Anda mengenai kendala dan detail lengkap soal penawaran yang ada, termasuk di saat dan setelah website dibuat. Hal ini bisa memudahkan Anda jika diperlukan pemeliharaan website di masa mendatang. 

9. Garansi setelah Pembuatan

Hasil website yang telah dibuat belum tentu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Anda mungkin ingin mengubah atau menambahkan beberapa elemen agar fungsionalitas website semakin baik. 

Maka dari itu, Anda perlu mencari agensi yang memberikan layanan garansi dan revisi kepada klien mereka untuk memastikan hasil yang didapat sesuai dengan ekspektasi. Jadi, tanyakan mengenai layanan yang mereka berikan setelah website selesai dibangun.

10. Hitung Biaya Perawatan Website

Setiap website membutuhkan maintenance atau perawatan secara berkala. Hal ini dilakukan agar website tetap memberikan pengalaman pengguna yang optimal dan memastikan website dapat bekerja dalam waktu lama. 

Biasanya, beberapa agensi memberikan layanan perawatan website secara reguler. Namun, Anda perlu mengestimasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk hal ini. Agar nantinya, anggaran khusus bisa dibuat untuk merawat website.

11. Diskusikan Detail Kebutuhan Anda pada Kontrak

Daripada hanya bilang Anda ingin membangun website seperti referensi yang disediakan, lebih baik Anda langsung mendiskusikan detail lain yang harus ada dalam situs web perusahaan. Hal ini untuk menghindari revisi berlebihan jika ternyata website yang dibuat tidak sesuai dengan identitas perusahaan Anda. 

Jelaskan pada tim agensi mengenai tujuan pembuatan website, pemilihan warna dan font, penempatan logo dan gambar, dan masalah teknis yang mungkin muncul di saat Anda mengelola website.

Setelah mencapai kesepakatan soal hal ini, Anda perlu membuat kontrak yang menjelaskan tentang tanggal deadline, ketentuan revisi, biaya, cara komunikasi, perubahan yang dilakukan, dan lainnya. 

Tertarik untuk Memakai Jasa Pembuatan Website?

Setelah mengetahui cara memilih jasa yang tepat, sekarang saatnya untuk menentukan agensi mana yang cocok untuk bekerja bersama Anda. Jika Anda masih bingung atau tidak memiliki waktu untuk melakukan hal di atas, tidak perlu khawatir!

DreamBox menyediakan berbagai layanan pembuatan website meliputi layanan Website Design & Development, Website Revamp, dan Landing Page. Website dan halaman yang dibuat akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan yang website Anda perlukan. Anda bisa menghubungi tim kami untuk diskusi lebih lanjut.

Memilih jasa pembuatan website profesional sebaiknya memang tidak sembarangan. Dengan berbagai tips di atas, Anda bisa memilah mana jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis yang ada. Jangan lupa untuk riset terlebih dahulu mengenai kredibilitas, legalitas, dan portofolio jasa pembuat website! Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms