...

Apa Itu CMS Website? Pelajari Jenis CMS dan Manfaatnya!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cms-website-dreambox

Jangan salah pilih, ketahui jenis jenis CMS berikut!

Ketika membangun sebuah bisnis, website adalah media yang tidak boleh dilupakan. Mengapa demikian? Sudah ada banyak survei yang membuktikan bahwa saat pelanggan ingin mempelajari tentang suatu usaha, mereka akan mengunjungi Google dan mengecek website perusahaan tersebut. Jadi, keberadaan website resmi akan membuktikan kredibilitas bisnis Anda.

Apabila Anda ingin membuat website sederhana untuk memperkenalkan usaha Anda, jenis-jenis CMS yang ada dapat menjadi solusi. Apakah itu? Mari kita ketahui semua tentang CMS website di artikel berikut.

Apa Itu CMS Website?

CMS, singkatan dari Content Management System, adalah software yang menghadirkan fitur-fitur sederhana untuk membuat serta mengelola website. Umumnya, menu CMS website terdiri dari dashboard untuk melihat semua konten yang telah dipublikasikan atau masih tersimpan sebagai arsip. Dari sini, Anda juga bisa mengubah isi konten tersebut.

Jika Anda menjelajah lebih dalam, Anda akan menemukan berbagai menu kustomisasi tampilan website dengan aneka ragam template yang tinggal digunakan saja. Dengan kemudahan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika CMS website menjadi teknologi yang sangat bermanfaat untuk berbagai kalangan, termasuk pebisnis awam.

Bagaimana Cara Kerja CMS Website?

CMS website memberi Anda akses mudah untuk mengedit dan menerbitkan website Anda tanpa melalui proses coding. Bagaimanakah caranya? Fitur penyuntingan dengan tampilan preview langsung akan memberi Anda peluang untuk menyesuaikan desain, tata letak, warna, dan tampilan konten pada bagian front-end, atau bagian yang akan terlihat oleh pengunjung. 

Setelah selesai, semua file yang diperlukan agar website Anda tampil dan berfungsi sebagaimana mestinya akan dihasilkan dan disimpan secara otomatis oleh CMS. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengunggah file CSS, HTML, dan sebagainya dari website Anda secara manual agar situs tersebut dapat dikunjungi oleh pengguna.

Jenis-jenis CMS Website

Anda bisa menemukan banyak penyedia layanan CMS website dengan fitur yang beragam pula. Lantas, apa saja jenis-jenis CMS website yang direkomendasikan untuk bisnis?

1. WordPress

WordPress adalah platform CMS yang paling banyak digunakan oleh hampir semua kalangan, mulai dari blogger individual hingga perusahaan. Apa alasannya? Walaupun WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem database MySQL, Anda tetap bisa mengelola situs dengan mudah karena tampilan editor-nya sangat intuitif untuk pemula.

Namun, fitur yang mudah digunakan bukanlah satu-satunya daya tarik WordPress; CMS website ini juga terkenal dengan banyaknya tema dan plugin gratis agar situs Anda semakin unik. Tentunya, tema dan plugin tersebut tidak hanya terbatas pada buatan tim resmi WordPress; Anda juga bisa download template dan modul tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga.

2. Drupal

Drupal merupakan content management platform yang tidak berbeda jauh dengan WordPress dari segi kemudahan dan cakupan kustomisasinya. Seperti WordPress, Anda bisa mengakses katalog tema gratis dan plugin tambahan yang jumlahnya mencapai puluhan ribu buah.

Akan tetapi, daya tarik yang menambah keunikan CMS website ini adalah kapasitasnya yang lebih besar. Dengan jumlah server yang lebih banyak, Anda tidak perlu khawatir soal downtime jika menggunakan Drupal. Selain itu, sistem keamanannya juga termasuk cukup kuat karena pengembangnya selalu mengoptimalkan pembaruan yang menutup celah pencurian data.

3. Magento

Jika dua layanan CMS website sebelumnya lebih fleksibel untuk berbagai jenis website, termasuk halaman resmi perusahaan, Magento memiliki niche yang lebih spesifik. Dibandingkan dengan WordPress dan Drupal, Magento lebih cocok digunakan untuk mendirikan toko online karena Anda bisa mengakses berbagai fitur default yang dibutuhkan dalam e-commerce.

Apa saja fitur bawaan yang tersedia? Beberapa di antaranya adalah sistem manajemen harga produk, katalog barang, dan laporan rutin yang mencakup banyak hal seperti jumlah pengguna, penjualan, serta pesanan yang masuk.

4. Joomla

Apa Anda ingin memperluas jangkauan usaha Anda ke negara lain? Nah, di sinilah Joomla memegang peranan penting untuk Anda. Tidak seperti platform CMS lainnya, Joomla menghadirkan dukungan multibahasa secara default.

Daya tarik utama Joomla tidak hanya berhenti sampai di dukungan tersebut. Fleksibilitas dan kustomisasi Joomla juga begitu kuat, sebab Anda bisa memasang layout yang berbeda untuk setiap menu. Jadi, website bisnis Anda akan tampak lebih terstruktur, rapi, serta unik di mata pengunjung, dan mereka juga tidak perlu menunggu lama berkat optimisasi kecepatan loading yang ditawarkan Joomla.

5. Blogger

Blogger memang lebih terkenal sebagai tempat hosting dan content management system yang lebih cocok untuk blog pribadi. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk perusahaan, terutama jika Anda memprioritaskan kemudahan integrasi. 

Karena Blogger adalah layanan milik Google, semua fiturnya juga sudah terintegrasi dengan berbagai konsol Google yang sering digunakan. Maka dari itu, untuk mengakses Google Analytics dan Trends yang dipadukan dengan menu pembuatan konten di Blogger, Anda hanya memerlukan satu akun Google.

Manfaat Menggunakan CMS Website

Fleksibilitas dari jenis-jenis CMS website yang ada di internet akan membawa banyak keuntungan bagi berbagai aspek perusahaan Anda, seperti yang disebutkan sebagai berikut.

1. Membuat website tanpa coding

Apa Anda tidak memiliki ilmu coding yang mendalam? Tidak perlu khawatir karena Anda dapat membuat website tanpa coding menggunakan CMS website. CMS website sangat mudah digunakan dengan tampilan yang mengutamakan preview secara real time

Singkatnya, apa pun layanan CMS yang dipilih, Anda bisa menggunakan ekstensi resmi maupun pihak ketiga yang dibuat khusus platform tersebut. Praktisnya lagi, Anda cukup memanfaatkan fitur drag and drop serta copy and paste yang sama sekali tidak memerlukan coding, sehingga website Anda bisa langsung siap dikunjungi.

2. Tampilan mudah dipersonalisasi

Katalog template yang ditawarkan penyedia layanan maupun desainer pihak ketiga memang menawarkan solusi praktis untuk tampilan website yang lebih baik. Justru karena itu, tidak menutup kemungkinan interface halaman resmi bisnis Anda akan terlihat sama dengan usaha lain atau bahkan pesaing Anda. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan adanya fitur kustomisasi CMS website karena Anda bisa mengubah tata letak serta desain template yang ingin digunakan. Dengan demikian, keunikan identitas bisnis Anda akan lebih tercermin melalui warna latar belakang, bentuk font, dan gambar yang terlihat oleh pengguna.

3. Bisa dikelola bersama

Mayoritas CMS website menghadirkan sistem hierarki dalam fitur manajemen user-nya, dan sistem ini hadir dalam wujud berbagai user role. Nama-nama role tersebut dapat berbeda-beda di setiap layanan penyedia, tapi pada umumnya, Anda akan menemukan role Administrator, Editor, dan User. 

Nah, spesifikasi setiap role yang ada di platform CMS juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti pembagian Editor yang bisa menerbitkan konten dan yang hanya dapat menyimpan tulisan sebagai draft. Dengan begitu, Anda bisa bekerja sama mengelola website resmi dengan semua orang di perusahaan.

4. Pengelolaan konten lebih mudah

Proses pengelolaan konten yang efisien tentunya membutuhkan pembagian struktur yang jelas untuk penyimpanan konten. Jika Anda memanfaatkan fitur CMS website, semua konten yang diarsipkan maupun yang diterbitkan akan disimpan dengan rapi. 

Sebagai contoh, Anda dapat membuat folder untuk topik atau tanggal tertentu, dan semuanya bisa diakses dengan mudah melalui satu menu. Penyimpanan yang terorganisir ini akan menghemat waktu tim Anda karena mereka tidak perlu mencari setiap konten satu per satu, sehingga mereka dapat berfokus pada tugas yang lebih penting.

Jenis-jenis CMS website yang populer di berbagai kalangan akan menyuguhkan kepraktisan bagi proses bisnis Anda. Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki programer, CMS website adalah solusi yang sempurna untuk mulai mempromosikan usaha. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms