Tips Membuat Desain Website Menarik dan Eye Catching

Website

Untuk menciptakan desain website eye catching perlu peranan profesional dalam bidangnya.

Tujuan utama pembuatan desain website tentu untuk menarik perhatian pengunjung sebanyak mungkin dan membuat mereka mau melakukan tindakan selanjutnya. Salah satu faktor pemicu supaya audiens mau melakukan sesuatu adalah menghadirkan tampilan situs semenarik mungkin. Semakin menarik situsnya maka semakin besar peluang situs tersebut menempati posisi unggul di antara situs lain dengan tema seragam.

Baca Juga: Jasa Redesign Website, Kapan Saatnya Anda Menggunakan?

Cara Membuat Web Design

Umumnya pembuatan desain situs dilakukan oleh profesional atau profesi UI/UX Designer. Adapun berbagai cara pembuatan desain website ini sebagai pedoman untuk Anda yang akan bekerja sebagai UI/UX Designer di sebuah perusahaan.

Bisa juga belajar dengan tujuan membangun situs sendiri dengan berbagai tema dan konsep. Untuk langkah-langkah yang diperlukan mesti mengikuti proses berikut:

1. Cari Web Hosting yang Tepat

Pencarian hosting yang tepat dan bagus untuk desain situs menjadi landasan utama dalam menciptakan web sesuai tujuan. Tips untuk para pemula yang baru saja membuat situs, Anda dapat menggunakan web hosting gratisan agar tidak mengeluarkan uang.

2. Menentukan Platform

Tentukan platformnya, seperti WordPress, Blogspot, Medium, Joomla, dan banyak lagi. Penentuan situs ini berpengaruh penting terhadap desain website secara keseluruhan. Konsep situs dengan desain mesti disesuaikan agar terbentuk ciri khas tertentu.

3. Menginstal Tool

Instal tool dibutuhkan untuk mematangkan konsep dan berbagai proses yang sudah dilalui sebelumnya. Selain bisa memanfaatkan platform gratisan, Anda juga bisa memanfaatkan tema gratisan untuk menghadirkan kesan semakin menarik dalam tampilan situs.

4. Mockup Desain Situs

Mockup desain ini berbeda dengan tiga proses sebelumnya karena Anda lebih mudah mengerjakannya secara manual di atas kertas. Siapkan kertas dan pensil atau pulpen kemudian desain semenarik mungkin tampilan situs sesuai dengan keinginan.

5. Mempertajam Prototipe Desain

Setelah desain tradisional di atas kertas selesai, sekarang waktunya Anda memindahkan ide kreatif di atas kertas tersebut ke dalam bentuk digital. Tampilan desain website secara digital ini akan lebih cepat pengerjaannya jika mengacu pada mockup di atas kertas.

6. Cek Tampilan Situs di Handphone

Terakhir, silakan periksa seperti apa tampilan situs di handphone. Karena sekarang kebanyakan orang mengakses internet dari handphone sehingga proses pembuatan situs mesti mobile friendly demi meningkatkan engagement.

Keenam cara di atas harus dilakukan secara berurutan dan benar. Karena ketidaktelitian pada satu tahap akan mempengaruhi berbagai tahapan setelahnya.

Baca Juga: 4 Tips untuk Menciptakan Desain Website Keren

Apa Saja yang Harus Ada dalam Desain Web?

Desain web yang menjadi tanggung jawab UI/UX Designer memiliki peran penting untuk menentukan langkah pengunjung selanjutnya. Melalui desain menarik, pengunjung bisa meningkat. Untuk menciptakan desain website, perlu beberapa elemen penting, seperti:

  1. Penentuan layout atau tata letak, seperti penambahan judul, menu ke berbagai akses, dan juga footer yang biasanya diletakkan paling akhir.
  2. Ruang kosong yang memberikan berbagai manfaat baik, seperti separator untuk berbagai elemen desain, memberikan kesan bersih dan rileks, layoutnya seimbang serta harmonis, dan keterbacaan teks dapat lebih meningkat.
  3. Pemilihan font, mulai dari jenis sampai dengan ukurannya. Pemilihan font juga mesti disesuaikan dengan keseluruhan desain situs. Selain itu, biasanya font turut menentukan karakteristik situsnya.
  4. Penentuan skema warna situs, di mana pemilihan warna ini tentunya mesti menyesuaikan dengan identitas perusahaan. Pemilihan kombinasi warna lain harus serasi, mesti menampilkan kecocokan secara visual.
  5. Elemen lainnya yang harus ada dalam desain website adalah navigasi atau petunjuk ke berbagai konten selanjutnya. Navigasi ini dapat ditandai dengan bentuk simbol atau juga link ke pembahasan khusus.
  6. Desain tombol pencarian, biasanya ditandai dengan tanda kaca pembesar atau tombol dengan tanda “Cari” dengan di bagian kanan atau kirinya berupa kolom kosong panjang untuk memasukkan kata kunci pencarian.
  7. Halaman About Us atau Tentang Kita berisi profil dan sejarah perusahaan atau pemilik situs sehingga pembaca tahu seluk-beluk dan perjuangan Anda.
  8. Desain halaman kontak berisi tentang nomor telepon, nomor faksimili, alamat email, hingga alamat kantor tempat perusahaan berdiri.
  9. Desain footer berisi ringkasan apa saja yang ada dalam situsnya. Footer yang menarik membuat keseluruhan desain website menjadi semakin eye catching.
  10. Kualitas gambar juga turut menentukan tingkat kemenarikan situs di mata para pengunjungnya. Semakin tinggi resolusinya dan semakin ramah terhadap handphone maka engagement bisa bertambah semakin tinggi.

Kesepuluh elemen yang harus ada dalam sebuah situs mesti dipenuhi secara utuh agar menampilkan hasil sempurna. Semuanya saling melengkapi, kejelasan informasi beriringan dengan kejelasan gambar berikut tata letak yang proporsional dan menarik.

Baca Juga: Manfaat Jasa Desain Website yang SEO Friendly

Tips Membuat Desain Website Menarik

Dalam menciptakan sebuah situs, terutama merancang desainnya, tentu profesional mesti memikirkan hubungan antara desain dengan identitas situsnya. Misal, pemilihan warna mesti disesuaikan dengan ciri khas situsnya.

Lain-lainnya juga sama, mesti diperhatikan secara seksama untuk menghadirkan desain website eye catching. Dalam hal ini, kami memberikan beberapa tips untuk menampilkan design paling menarik:

1. Menyesuaikan dengan Konsep Bisnis

Setiap bisnis, meskipun ranahnya sama pasti memiliki konsep yang unik. Konsep yang diejawantahkan ke dalam bentuk situs ini dapat meliputi berbagai aspek, mulai dari gambar hingga teks.

Gaya design mencerminkan identitas perusahaan secara khusus, seperti penyamaan design warna situs dengan logo. Bisa juga tata letak maupun jenis fontnya dibuat semenarik mungkin supaya orang langsung tahu siapa pemilik situsnya.

2. Memilih Warna Sesuai Identitas

Warna juga tidak jauh berbeda menegaskan identitas bisnis pemilik situsnya. Warna-warna seperti putih dan merah menjadi identitas khas yang dimiliki sebuah perusahaan atau merk pasta gigi.

Kemudian penerapan warna biru dengan sayap dan sedikit warna merah menjadi desain website khas bagi sebuah bisnis sabun cuci pakaian. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang memberikan ciri khas melalui pemasangan warna pada situs.

3. Utamakan yang Simple

Jika ini baru pertama kali Anda membuat sebuah situs bisnis maka saran kami adalah memilih tampilan yang simple. Namun, jangan abaikan faktor keindahan atau faktor estetik dari situsnya untuk menarik perhatian pengunjung.

Tampilan situs yang simple membuat pengunjung lebih mudah mengakses berbagai informasi dari situs tertentu. Kemudahan akses dari tampilan desain website ini berpengaruh besar terhadap tindakan yang akan dilakukan pengunjung selanjutnya.

4. Cari Sebanyak Mungkin Referensi

Terakhir, untuk menciptakan design eye catching, Anda perlu mencari sebanyak mungkin referensi dari situs lain. Jika bisa, silakan cari referensi dari situs-situs dengan tema seragam. Anda bisa menjadikan sebanyak mungkin situs sebagai referensi, namun tidak untuk ditiru.

Ditiru dalam artian menyalin keseluruhan tanpa mengubah sedikitpun ciri khas dari situs referensinya. Jika terinspirasi, tentu diperbolehkan, justru dianjurkan karena belajar dari profesional justru baik.

Baca Juga: Ketahui Syarat dan Kriteria dalam Membuat Website

Tips terpenting setelah membuat situs adalah mengelola konten dengan rapi dan tepat. Konsisten posting konten membantu meningkatkan jumlah kunjungan secara organik. Karena untuk membuat orang tertarik pada desain website harus lebih dulu buat situs eksis.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.