...

Manfaat Jasa Desain Website yang SEO Friendly

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-desain-website

Jasa desain website yang SEO friendly semakin dibutuhkan para pegiat dunia digital.

Jasa desain website sangat dibutuhkan oleh pebisnis yang memasarkan produk melalui platform media online, karena website adalah media paling tepat dan merepresentasikan usaha dengan lebih detail.

Mengapa diperlukan pihak ketiga dalam pembuatannya? Sebab membuat website untuk tujuan bisnis tidak bisa sembarangan. Harus sebisa mungkin mudah dilihat oleh pengguna internet sehingga tujuan promosi tercapai.

Selain itu, di dalamnya terdapat konten persuasive yang mengarahkan pembaca untuk membeli, menggunakan produk maupun jasa. Jadi bukan hanya visitor saja, tetapi dari visitor tersebut mampu dikonversikan menjadi konsumen, lalu sebagai pelanggan tetap.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Hingga Cara Kerja Search Engine

Mengapa Perlu Menerapkan Desain Website yang Menarik?

Situs web merupakan sarana berinteraksi pembaca dengan pengelola. Dalam pembuatannya diharapkan pengunjung nyaman dan terus-menerus datang, membuka halaman demi halaman.

Kenyamanan ini tidak lepas dari peran jasa desain website. Jika tampilan web rapi, menarik, tentu akan lebih mudah menarik perhatian audiens. Sebisa mungkin pengelola harus mengedepankan struktur, layout, dan desain website SEO friendly.

Mengapa perlu menerapkan desain menarik? Sebab ini akan berpengaruh secara nyata terhadap SEO. Dimana tingkat kunjungan atau traffic akan bergantung pada hal tersebut. Maka penting untuk memeriksa apakah tampilan web sudah layak dikunjungi atau belum.

Jasa desain website memiliki peran dalam menentukan kesan pertama pengunjung. Jika menarik baik dari segi desain maupun konten di dalamnya, maka pengunjung akan merasa nyaman untuk berlama-lama di dalamnya.

Alasan kedua adalah memudahkan pengunjung menemukan apa yang dicari. Setiap pengguna internet mampir ke website Anda pasti memiliki tujuan. Mencari info, butuh produk atau jasa dan sebagainya.

Jika tampilannya menarik dan user friendly maka akan jadi prioritas dibanding situs lain. Apalagi jika produk yang ditawarkan sesuai dengan pencarian. Ini akan mengkonversi pengunjung langsung jadi konsumen.

Jasa desain website akan membantu meningkatkan konversi penjualan, inilah alasan selanjutnya mengapa perlu tampilan web menarik. Anda akan mendapatkan leads dengan mudah karena tampilan halaman menarik tersebut.

Alasan lain adalah membantu pengunjung terbiasa dengan Website Anda. Jika homepage tampilan rapi, menu di dalamnya mudah dipahami, ini akan menarik banyak pelanggan. Orang tidak akan mudah berpindah ke situs lain yang butuh adaptasi.

Alasan penting lainnya adalah mendukung SEO. Jika tampilannya menarik, alamat situs Anda bisa dengan mudah bertengger di daftar pencarian paling atas Google. Visibilitasnya tinggi jadi mudah ditemukan apabila pengguna internet memasukkan kata kunci terkait.

Menggunakan jasa desain website untuk menampilkan halaman menarik juga membantu kemampuan bersaing dengan kompetitor. Perkembangan dunia digital sangat cepat, jika tidak sanggup menampilkan yang terbaik bisa cepat tenggelam di tengah persaingan.

Baca Juga: Contoh Coding HTML Sederhana untuk Website Anda

Kriteria Desain Website

Sebuah website akan memiliki peluang baik jika memenuhi kriteria. Dari kesan pertama pengunjung akan mulai tertarik, selanjutnya akan menghasilkan respon positif. Apa saja kriterianya? Berikut penjelasannya.

1. Design Website

Mau simple atau profesional harus baik, supaya pengunjung merasa nyaman saat menjelajahnya. Maka jasa desain website akan berupaya membuat desain visual yang menarik dan unik.

Design visual terbaik selalu menggunakan konsisten dan nyaman dipandang. Layout grafik konsisten memudahkan pengunjung membaca dan memahami teks atau informasi di dalamnya.

2. Loading Speed

Kriteria kedua adalah loading speed, paling ideal adalah 3-5 detik/halaman berdasarkan batas standar kecepatan terendah koneksi internet 3G/4G di Indonesia yaitu 100kbps. Semakin singkat loading time maka semakin banyak menarik pengunjung.

3. Website Responsive

Jasa desain website akan memenuhi kriteria website yang responsive. Artinya mudah diakses di berbagai device pengguna. Baik mobile, laptop maupun PC, tampilannya tidak akan berkurang dari segi kualitas.

4. Meta Tags

Meta tags memudahkan mesin pencari dan users untuk menemukan situs web. Anda dapat mengoptimalkan penulisannya dengan bantuan jasa desain website sehingga website memiliki peringkat lebih baik dalam hasil mesin pencarian.

Terdapat beberapa jenis meta tags yang dapat digunakan yaitu Title tag. Yaitu elemen HTML yang digunakan untuk menunjukkan judul halaman website. Title tag ditampilkan pada hasil mesin pencarian atau SERP sebagai judul utama dan dapat diklik.

Meta description. Merupakan meta tags HTML yang memberikan deskripsi singkat. Mesin pencari menggunakannya sebagai potongan teks singkat di bawah title tag. Penulisannya yang baik, dapat menarik lebih banyak pengunjung web untuk mengklik alamat web.

Alt text, yaitu atribut yang ditambahkan ke image tag HTML. Gunanya membantu mesin pencari memahami gambar apa yang digunakan melalui alt text. Untuk mengoptimalkannya alt text harus ditulis dengan jelas dan mendeskripsikan gambar.

Header tag, yaitu bagian dari konten. Selain memudahkan pengguna membaca konten, header tag juga membantu mesin pencari memahami konten Anda. Search engine bots menggunakan header tag untuk memahami struktur dan relevansi konten pada sub heading.

5. Konten Menarik dan Relevan

Tidak kalah penting dikonsultasikan kepada jasa desain website adalah konten. Ini akan berpengaruh terhadap SEO dan rating pada mesin pencarian. Intinya harus menarik dan relevan.

Baca Juga: Gunakan Pagespeed Insight untuk Mengoptimasi Website Anda

Desain Website yang SEO Friendly 

Desain web yang SEO friendly harus memenuhi beberapa aspek yang pertama adalah hierarki visual. Yaitu penataan elemen untuk menonjolkan hal-hal penting agar mudah ditemukan pengunjung.

Bagi pebisnis online penerapan ini penting untuk menarik perhatian. Anda dapat menerapkan beberapa aspek seperti warna, kontras, bentuk, letak, ukuran dan ruang. Sehingga promo-promo bisa ditonjolkan dengan baik.

Kedua adalah Layout yang efektif. Membuat layout original memang mengesankan karena unik, tetapi pengunjung lebih menyukai layout umum. Ini lebih disarankan jasa desain website. Sebab mudah digunakan, mempercepat pencarian menu-menu di dalam halaman web.

Penggunaan menu yang jelas dan representative. Gunakan bahasa teknis singkat yang mudah dipahami misalnya “home”, “produk”, “layanan”, “pemesanan” dan sebagainya. Google akan lebih cepat memahami konteks website Anda dari relevansi menu di dalamnya.

Tampilkan value proposition di atas homepage. Apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen sebaiknya ditempatkan di bagian atas halaman utama. Ini akan muncul pertama kali saat halaman terbuka.

Jelaskan detail produk atau layanan lengkap dengan call to action. Paling penting adalah deskripsi serta manfaatnya bagi konsumen. Sehingga tidak perlu ragu membuat homepage panjang. Homepage panjang ini nantinya yang berperan dan konversi pengunjung jadi konsumen.

Gunakan desain minimalis, untuk hal ini perlu dikonsultasikan dengan jasa desain website. Ada 2 alasan mengapa perlu dibuat minimalis pertama, memperkecil ukuran file. Kedua membantu pengunjung mendapat informasi akurat tanpa berbelit-belit.

Gunakan gambar paling tepat. Mendesain web harus didukung gambar karena lebih atraktif. Pilih dari image original yang paling relevan mewakili konten secara keseluruhan, termasuk setiap subheadingnya bukan dari stock image.

Penting juga dalam mendesain, hindari mengarahkan pengunjung ke situs lain. Gunakan juga subheading yang jelas. Sehingga pengunjung tidak buru-buru menutup laman Anda untuk berganti ke situs lain.

Buat copy yang mudah dipahami, paragraf tidak terlalu panjang, kalimat efektif, maksimal 4 kalimat dalam 1 paragraf. Selanjutnya berikan FAQ, jasa desain website akan menyarankan ini supaya kualitas web lebih optimal.

Baca Juga: Ketahui Syarat dan Kriteria dalam Membuat Website

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms