...

Ketahui Fungsi Hingga Cara Kerja Search Engine

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
fungsi-search-engine-dreambox

Apa fungsi search engine bagi kehidupan Anda?

Di era digital saat ini, search engine atau mesin pencari memang memiliki banyak fungsinya dan paling utama sebagai sumber informasi.

Di masyarakat sudah terkenal istilah searching atau Googling ketika ingin mencari informasi tentang suatu hal. Sebagai contoh Anda ingin mencari informasi tentang SEO, maka tinggal buka browser dan ketikan apa yang ingin dicari.

Pencarian bisa menggunakan berbagai macam mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahooo! Ask, dan berbagai mesin pencari lainnya. Namun, yang paling dikenal dan banyak digunakan masyarakat dunia adalah Google, terutama di Indonesia.

Lalu, sebenarnya apa search engine itu dan apa fungsi serta cara kerjanya? Untuk mengetahuinya bisa simak paparan berikut.

Baca Juga: Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

Fungsi Search Engine

Sebelum membahas lebih jauh mengenai fungsinya, terlebih dahulu kami akan membawa Anda untuk mengenal apa itu search engine. Search engine merupakan program yang mencari dan mengidentifikasi informasi dalam database sesuai kata kunci.

Database berisi berbagai alamat situs, konten internet yang ada di World Wide Web (WWW). Setelah mendapatkan informasi, maka mesin pencari akan menampilkan hasilnya.

Inilah fungsi search engine yang sebenarnya dan memberikan informasi bagi pengguna internet. Selain fungsi tersebut juga terdapat beberapa fungsi lainnya, yaitu:

1. Memudahkan Pencarian Alamat Website

Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan saat melakukan pencarian alamat website. Search engine memiliki kapasitas sangat besar dan disesuaikan pertambahan penggunaan internet.

Jadi, Anda tinggal memasukkan kata kunci pencarian kemudian bot atau crawler akan menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamat hyperlink-nya. Kemudian data akan diperoleh dan disimpan hingga menghasilkan data indeks yang besar.

2. Efektif untuk Browsing

Fungsi search engine berikutnya adalah menyediakan informasi melalui kata kunci. Karena mesin pencari digunakan di seluruh dunia, maka terdapat berbagai macam bahasa sehingga mempermudah pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Hampir seluruh informasi ada sehingga Anda akan menemukan informasi apa saja, bahkan berpeluang mendapatkan penghasilan dari internet.

3. Memiliki Informasi Kata Kunci

Fungsi berikutnya adalah memberikan kemudahan serta keleluasaan pengunjung untuk mencari berbagai informasi dari berbagai sumber. Hanya perlu mengetikkan kata kunci dan mesin pencari akan memberikan informasinya.

Selain itu, juga dapat menggunakannya sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Tinggal memasang iklan, kemudian para pengguna akan mudah menemukan bisnis atau produk Anda jika mereka memerlukannya.

4. Sebagai Media Pemasaran

Fungsi search engine berikutnya adalah sebagai media pemasaran. Bukan hanya produk yang berbentuk, tapi juga jasa. Bahkan sekarang banyak produk digital bisa diperdagangkan, seperti e-book, karya seni, dan lain sebagainya.

Pemasaran akan semakin mudah menggunakan mesin pencari, apalagi jika Anda menggunakan Ads memasarkan produk maupun jasa.

Baca Juga: Menulis Meta Title, Keyword dan Description yang Disukai Google

Cara Kerja Search Engine

Tanpa mesin pencari, maka akan sulit menemukan informasi karena hanya mengandalkan alamat situs yang spesifik agar bisa mendapatkan informasi. Karena cara kerja dari search engine adalah:

1. Merangkak atau Crawling

Fungsi search engine adalah menemukan situs yang sesuai dengan pencarian Anda. Salah satu cara kerjanya adalah crawling, yaitu proses saat mesin pencari menemukan konten yang diperbaharui di sebuah situs. Proses merangkak ini akan mendeteksi perubahan alamat situs atau temuan link/tautan yang sudah tidak aktif.

2. Membangun Indeks atau Indexing

Pengguna internet biasanya memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang relevan terhadap kata kunci. Cara kerjanya adalah dengan proses saat mesin pencari mengatur dan menata informasi, sebelum melakukan pencarian.

Oleh sebab itu, ketika pengguna internet bisa langsung memanfaatkan fungsi search engine ketika membutuhkan informasi. Karena sudah terindeks situs-situsnya, maka ketika kata atau kalimat pencarian dimasukkan kemudian situs relevan dapat muncul.

3. Menghitung Relevansi dan Peringkat atau Ranking

Pada dasarnya mesin pencari tidak memahami kebutuhan manusia, bahkan tidak memahami bahasa manusia. Search engine menggunakan bahasanya sendiri dan saat berkomunikasi dengan manusia akan mengubah bahasa manusia ke bahasa mesin.

Jadi, fungsi search engine di sini mengandalkan relevansi dari kata kunci yang dimasukkan. Kemudian akan menampilkan informasi sesuai dengan kata kunci dalam mesin pencari dengan ketentuan informasi tersebut paling relevan.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

Macam-macam Search Engine

Sebagian besar pengguna internet hanya tahu menggunakan Google saja, karena memang paling banyak digunakan. Bahkan ponsel pintar saat ini telah dilengkapi dengan Chrome yaitu browser untuk pencarian di internet dari Google.

Pada dasarnya fungsi search engine Google ini sama saja dengan mesin pencari lainnya. Hanya saja, mesin pencari lainnya kurang dikenal. Agar Anda mengenal search engine selain Google, kami akan perkenalkan beberapa pilihan lainnya, yaitu:

1. Google

Pertama kami akan membahas mengenai Google yang dapat diakses melalui berbagai browser hanya dengan memasukkan alamat www.google.com. Saat ini, setidaknya 71,24% pengguna internet menggunakan Google di desktop mereka.

Untuk pengguna mobile setidaknya ada 92,33% sehingga tidak aneh jika dikatakan bahwa Google tengah merajai dunia internet dunia. Hal ini karena pengguna merasa Google dapat diandalkan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

2. Bing

Fungsi search engine berikutnya juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Bing yang diluncurkan atau dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya gadget dengan software dari Microsoft akan menggunakan pencarian default dengan Bing.

Untuk banyaknya pengguna saat ini adalah sebesar 12,69%, masih belum bisa menyaingi keberadaan Google padahal Bing sengaja diciptakan untuk menyaingi Google.

Sebelum Bing, Microsoft meluncurkan sistem pencari lainnya yaitu MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Bing merupakan gabungan dari sistem pencari yang telah dibuat sebelumnya.

3. Baidu

Fungsi search engine juga dapat dinikmati menggunakan Baidu. Situs pencari ini populer di Tiongkok dan melayani milyaran pencarian setiap bulannya sejak didirikan pada tahun 2000 lalu.

Saat ini, Baidu hanya fokus pada segmen lokal saja sehingga jumlah pencariannya tidak merangkak naik seperti pesaingnya. Hanya saja, untuk pasar Tiongkok memang dikuasai Baidu hingga mencapai 80%.

4. Yahoo!

Pada masanya Yahoo! pernah menjadi mesin pencari yang sangat diandalkan oleh pengguna internet. Pada tahun 2000-an adalah masa kejayaan Yahoo! Mulai dari layanan email, chat, dan program pencarian informasi menggunakan Yahoo!

Yahoo! bahkan bisa dikatakan sebagai pembuka gerbang teknologi informasi yang membuat masyarakat luas mengenai chatting, video call, email, dan lain sebagainya. Hanya saja, saat ini penggunanya menurun drastis dan bertahan di angka 2,15% saja.

5. Yandex

Nama perusahaan ini mungkin sangat asing di telinga Anda karena memang jarang sekali digunakan di Indonesia. Perusahaan asal Rusia ini mengembangkan Yandex Search dengan proses pencarian sebanyak 4,5 milyar setiap bulannya.

Yandex populer di kalangan orang Rusia dan menjadi kebanggaan warga lokal. Meskipun total penggunanya di seluruh dunia hanya mencapai 1,5% saja. Namun, loyalitas warga Rusia membuat Yandex tetap beroperasi setiap harinya.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan SEO Versi Jasa SEO Profesional

Mesin pencari merupakan hasil perkembangan teknologi yang sangat berguna bagi manusia, terutama dalam satu dekade terakhir dan akan terus digunakan dalam jangka panjang.

Karena fungsinya memang sangat membantu kehidupan manusia. Cara kerjanya dibuat secara khusus untuk memberikan manfaat, terutama dalam memberikan informasi.

Setiap orang menggunakan mesin pencari setiap hari untuk berbagai kebutuhan. Bahkan saat ini fungsi search engine bukan hanya sebagai penyedia informasi, tapi juga digunakan dalam dunia bisnis untuk pemasaran.2

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms