...

Bikin Betah Pengunjung! 4 Keuntungan Web Design Responsive

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
web-design-responsive-dreambox

Web design yang responsif dapat membuat pengunjung senang saat mengunjungi website Anda. Hal ini karena semakin responsif website Anda maka akan semakin mudah pula pengunjung mengakses halaman website Anda.

Terdapat berbagai keuntungan dari web design responsive. Pengunjung pun semakin betah untuk mampir ke website Anda.

Apa itu Web Design Responsive?

Pada era ini, website menjadi kebutuhan penting untuk berbagai hal. Baik untuk keperluan pribadi, perusahaan atau organisasi, hingga berbagai keperluan lainnya.

Namun, dengan berkembangnya berbagai jenis perangkat dan ukuran layar, tidak semua website dapat terlihat dengan baik. Seringkali, ditemukan website yang tidak bisa memuat informasi atau media secara utuh.

Hal tersebut dikarenakan website belum sepenuhnya mendukung untuk ditampilkan di berbagai ukuran layar. Namun, hal ini dapat ditangani dengan adanya web design responsive.

Itu merupakan metode atau teknik yang memungkinkan untuk desain website menyesuaikan dengan ukuran layar pengunjungnya. Berbagai komponen dalam website akan menyesuaikan.

Metode ini akan membuat berbagai tata letak dan desain menjadi fleksibel untuk dilihat dalam berbagai ukuran. Namun, fungsi dari setiap komponennya tetap terjaga. Misalnya, jika awalnya Anda membuka website di ponsel kemudian beralih ke laptop, maka tampilannya pun akan menyesuaikan.

Gambar, video, ukuran huruf, dan berbagai komponen lainnya akan mengikuti perangkat pengguna. Hasilnya, semua konten dapat dilihat dengan utuh tanpa terpotong. Resolusinya pun juga akan menyesuaikan.

Komposisi dan tata letak akan menyesuaikan secara otomatis. Pengunjung tidak perlu repot membolak-balik orientasi layar atau melakukan berbagai penyesuaian lainnya. Tidak perlu lagi membesarkan atau mengecilkan ukuran untuk membaca atau melihatnya.

Tampilannya juga presisi dan nyaman untuk dilihat. Hal ini membuat pengunjung tidak jenuh atau sakit mata ketika melihatnya dalam waktu lama

Dengan menggunakan metode ini, Anda juga dapat menampilkan konten secara utuh dan tidak terpotong. Berbagai informasi pun dapat tersampaikan dengan maksimal.

Prinsip-prinsip Web Design Responsive

Supaya bisa memiliki web design yang responsif, maka terdapat berbagai prinsip yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 3 prinsip yang yang harus dipastikan oleh website Anda.

1.     Adanya Media Queries

Prinsip pertama yang dimiliki adalah memiliki media query. Hal ini memungkinkan desain dari website dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis layar dengan ukuran yang berbeda-beda.

Website Anda perlu menggunakan prinsip ini sehingga mampu mengambil data tentang ukuran layar. Selanjutnya, konten yang disajikan akan menyesuaikan dengan ukuran tersebut.

2.     Fluid Grid

Prinsip selanjutnya yaitu fluid grid. Maksudnya, terdapat garis-garis yang membatasi dan menentukan tata letak dari desain. Garis ini membantu berbagai penyesuaian yang perlu dilakukan berdasarkan ukuran layar perangkat.

Berbagai komponen yang ada dalam website Anda dapat berubah dan disesuaikan dengan layar yang akan menampilkannya. Hal ini membuat desain tetap nyaman untuk dipandang, meski dibuka dengan berbagai ukuran layar.

3.     Media yang Responsif

Prinsip ketiga yaitu media yang responsif. Penting untuk Anda memastikan bahwa berbagai media bisa tampil dengan baik dan presisi, meski dibuka di berbagai ukuran layar.

Pastikan bahwa semua foto dan video dalam website Anda dapat dilihat dengan baik tanpa mengurangi nilai fungsi atau estetikanya.

Dengan prinsip ini, maka Anda dapat menyampaikan berbagai media dengan maksimal. Informasi yang akan Anda sampaikan juga dapat dilihat secara utuh. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan informasi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka sebaiknya ukuran media yang Anda pakai adalah dalam bentuk persentase, bukan dalam bentuk pixel.

Supaya media dapat tampil dengan maksimal, maka Anda bisa memberi pengukuran sebesar 100 persen dari media Anda.

Berbagai Keuntungan Web Design Responsive

Dengan berbagai prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya, maka terdapat berbagai keuntungan yang dapat diperoleh. Berikut adalah 4 keuntungan dari website design yang responsif.

1.     Membuka Halaman dengan Lebih Cepat

Keuntungan pertama adalah Anda dapat membuka halaman dengan lebih cepat. Hal ini sesuai dengan yang sudah disinggung dari awal.

Pada era yang serba cepat ini, banyak orang yang membutuhkan berbagai website yang mudah dan cepat dibuka. Dengan kecepatan tersebut, mereka bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal.

Meski website Anda memiliki menyajikan berbagai hal menarik, namun hal tersebut tidak dapat tersampaikan dengan baik jika tidak mudah terbuka. Website yang kurang cepat, cenderung akan membuat pengunjung kurang nyaman. Pengunjung yang sudah tidak sabar pun akhirnya pergi.

Web design yang responsif dapat menjadi solusi dalam hal ini. Dengan kecepatan respon yang ditawarkan, pengunjung akan merasa nyaman dan betah dengan website Anda.

Selanjutnya, kenyamanan ini dapat membuat Anda dapat menjalankan website dengan lebih maksimal. Berbagai konten pun dapat dibagikan dengan mudah.

2.     Mudah Diakses dengan Berbagai Jenis Perangkat

Keuntungan selanjutnya adalah dapat dengan mudah diakses dengan berbagai jenis perangkat, mulai dari ponsel hingga berbagai layar monitor yang besar. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah dibahas sebelumnya.

Dengan keunggulan ini, pengunjung akan merasa lebih nyaman dan mudah mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Hal ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan website.

Baik menggunakan ponsel maupun berbagai layar monitor yang lebih besar, Anda dapat melihat konten website dengan presisi. Pengunjung dapat membukanya kapanpun dengan mudah.

Jika website memuat banyak media, maka hal ini sangat diperlukan, sehingga semua dapat dilihat secara maksimal. Dengan demikian, tidak ada informasi yang tertinggal atau terpotong.

3.     Pemeliharaan Lebih Mudah

Karena dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis dan ukuran layar, maka Anda tidak perlu memiliki dua jenis website (untuk perangkat mobile dan desktop).

Dengan hanya memiliki satu website, maka pemeliharaan atau maintenance pun akan lebih mudah Anda lakukan. Anda bisa dengan mudah memeriksa website secara rutin. Jika terjadi kesalahan atau kerusakan, Anda dapat langsung menanganinya.

4.     Hemat Biaya

Jika bicara soal biaya, penggunaan web design yang responsif juga dapat membuat Anda dapat menghemat biaya. Hal ini karena pembuatannya lebih cepat dibanding jika Anda mengembangkan website khusus untuk perangkat mobile. Tenaga yang digunakan pun akan lebih sedikit.

Anda hanya perlu membuat website sekali. Selanjutnya, dapat digunakan untuk berbagai ukuran layar.

Waktu pengerjaan dan tenaga yang lebih sedikit ini membuat biaya yang Anda keluarkan pun semakin sedikit. Proses pemeliharaan yang lebih mudah juga dapat semakin menghemat biaya.

Itulah berbagai keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan web design responsive. Hal-hal tersebut dapat dirasakan oleh pengelola serta pengunjung.

Dengan keuntungan dari metode ini, Anda dapat lebih mudah untuk mencapai berbagai tujuan dari website Anda. Kenyamanan yang diberikan juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan waktu kunjungan.

Jika Anda membutuhkan website yang responsif untuk berbagai keperluan, saat ini pun mudah ditemui berbagai jasa pembuatan hingga pemeliharaan website. Salah satunya yaitu Dreambox sebagai jasa pembuatan website yang berkualitas profesional.

Tidak hanya membuatkan web design responsive untuk Anda, namun Dreambox juga dapat membantu proses pemeliharaan agar website Anda termonitor dengan baik. Silakan kunjungi layanan website Dreambox atau menghubungi kontak.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms