...

Ketahui Apa itu Landing Page dan Komponen di Dalamnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
landing-page

Anda tertarik untuk melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing?

Sudahkah Anda mengenal apa itu landing page? Di dalam dunia pemasaran, terutama yang berfokus pada website, keberadaan halaman arahan sudah dikenal secara luas dan dimanfaatkan oleh banyak pelaku bisnis.

Halaman ini memiliki peran yang penting untuk meningkatkan prospek pemasaran atau penjualan dari suatu produk atau jasa. Sebab, halaman arahan didesain khusus untuk meningkatkan angka konversi (conversion rate) dan potensi konsumen (leads).

Halaman arahan akan menjadi senjata ampuh pemasaran, terutama untuk bisnis yang bergerak penuh secara online. Sebab, pengguna internet mencari hampir semua informasi mengenai produk atau jasa baru melalui postingan situs web. Dengan memiliki halaman arahan, Anda dapat memberikan informasi yang sesuai dan mengarahkan mereka langsung ke aksi pembelian.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai halaman arahan? Di artikel ini, Anda akan menemukan berbagai penjelasan mengenai pengertian, fungsi, perbedaan halaman arahan dan halaman beranda (homepage), serta komponen yang harus ada dalam suatu halaman arahan. 

Apa itu Landing Page?

Landing-page adalah suatu halaman yang dibuat khusus untuk kampanye pemasaran atau iklan. Halaman mandiri ini biasanya diakses oleh audiens di saat mereka meng-klik iklan digital (digital ads) pada mesin pencari (Google), media sosial, email, atau situs web dari suatu brand.

Halaman arahan berbeda dengan halaman pada situs web yang lain. Pasalnya, halaman arahan didesain khusus agar audiens dapat melakukan suatu tujuan atau tindakan, dikenal sebagai call to action (CTA). Dengan CTA tertentu, pelaku bisnis dapat mendorong audiens atau pengunjung situs web untuk melakukan eksplorasi.

Selain dibuat untuk meningkatkan tingkat konversi, halaman arahan juga bisa dibuat untuk mengajak audiens bergabung pada suatu komunitas, melakukan pendaftaran, dan berlangganan email newsletter. Jadi, tergantung pada tujuan akhir dari CTA-nya, Anda bisa memanfaatkan halaman arahan untuk banyak hal.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa pembuatan situs web profesional yang sesuai dengan citra bisnis, Anda bisa menghubungi tim kami dan memberi tahu kebutuhan spesifik bisnis Anda. 

Fungsi atau Manfaat Landing Page untuk Website Bisnis

Selain berfungsi untuk meningkatkan angka penjualan dan potensial konsumen, masih ada kegunaan lain dari halaman arahan. Berikut penjelasannya.

1. Mempermudah Transaksi Pembelian

Halaman arahan merupakan satu halaman mandiri yang hanya memuat informasi produk atau jasa tertentu. Isi dari halaman ini fokus pada deskripsi dan kelebihan produk atau jasa saja tanpa ada distraksi lainnya.

Biasanya, pada akhir halaman akan ada satu tombol navigasi khusus (CTA) yang memudahkan audiens untuk langsung mengakses keranjang pembelian dan menyelesaikan transaksi. 

2. Sarana Promosi Efektif

Landing page dapat menjadi media promosi efektif untuk bisnis yang menargetkan audiens online. Tidak seperti iklan tradisional, di mana pelaku bisnis harus membuat format iklan tertentu dan memakan banyak biaya.

Pada halaman arahan, Anda cukup membuat satu halaman saja dan bisa memasukkan berbagai format pesan iklan mulai dari tulisan, audio, dan video. Informasi yang ditaruh bisa didesain sedemikian rupa agar audiens bisa menangkan pesan iklan dengan mudah.

Selain itu, promosi pada halaman arahan hanya berfokus pada produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan saja. Jadi, tidak ada kompetitor atau pesaing bisnis lainnya karena halaman ini memang milik situs web bisnis Anda.

3. Mengumpulkan dan Mempelajari Data Pelanggan

Halaman arahan bisa dibuat untuk mengumpulkan data pelanggan dengan mudah. Contohnya, Anda bisa menaruh penawaran menarik yang akan didapat oleh audiens ketika mereka mengisi formulir tertentu.

Formulir bisa bisa berisi informasi dasar mengenai audiens seperti nama, umur, jenis kelamin, dan alamat email. Dengan data ini, tim bisnis Anda bisa mempelajari dan menganalisa data untuk keperluan pemasaran selanjutnya. 

Dengan demikian, Anda dapat meluncurkan strategi pemasaran baru dengan fokus pada audiens yang memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Perlu diingat bahwa Anda hanya meminta informasi dasar yang dibutuhkan saja. Sebab, terlalu banyak meminta data yang tidak relevan dapat memberikan kesan negatif pada citra bisnis Anda.

4. Memperluas Jangkauan Prospek Bisnis

Jika Anda dapat memanfaatkan halaman arahan secara optimal, hal ini bisa meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek bisnis. Dipadukan dengan strategi Search Engine Optimization (SEO), halaman arahan dapat meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke situs web. 

Sebab, mesin pencari seperti Google akan menunjukkan halaman terpercaya yang relevan dengan intensi pencarian pengguna internet. Melalui halaman arahan, bisnis Anda bisa memperluas jangkauan prospek bisnis yang stabil untuk pemasaran produk atau jasa selanjutnya.

Namun, Anda perlu memahami bagaimana cara membuat halaman arahan yang efektif untuk meningkatkan peluang konversi dan memperluas jangkauan audiens. Untuk hal ini, Anda dapat menggunakan penyedia layanan penulisan konten atau desainer landing-page profesional seperti DreamBox.

Perbedaan antara Landing Page dan Homepage

Masih banyak pengguna internet yang belum tahu perbedaan antara kedua hal ini. Padahal, kedua halaman ini memiliki berbagai perbedaan mulai dari tujuan, jenis dan isi konten, serta target audiens. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaannya:

1. Tujuan Penggunaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, halaman arahan dibuat khusus untuk meningkatkan konversi dengan menawarkan suatu produk atau jasa tertentu. Konversi bisa berupa tindakan audiens untuk melakukan pembelian, mengisi formulir, atau berlangganan email newsletter

Sedangkan homepage sering dianggap sebagai tampilan awal rumah online bisnis Anda. Semua situs web pasti memiliki homepage yang menjelaskan secara singkat tentang perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, dan berbagai fitur atau menu yang tersedia pada suatu situs web. Dengan demikian, tujuan dari halaman ini bersifat lebih general.

2. Jenis dan Isi Konten

Konten pada suatu halaman arahan berfokus pada penawaran dan promosi, di mana konten yang dibuat memuat informasi relevan tentang produk. Informasi harus sesuai dengan judul atau headline yang ditampilkan oleh mesin pencari.

Pasalnya, audiens telah memiliki intensi tertentu saat melihat dan meng-klik landing page. Maka dari itu, konten halaman arahan memiliki CTA yang dapat membantu audiens menyelesaikan tujuan mereka.

Sedangkan jenis dan isi konten pada homepage bermacam-macam. Pada umumnya, konten bisa berupa tagline perusahaan, penjelasan soal mengapa memilih produk atau layanan perusahaan, klien atau mitra bisnis, testimonial pelanggan lama, jasa dan layanan yang ditawarkan, dan lain-lain.

3. Target Audiens

Perbedaan ketiga terletak pada target audiensnya. Biasanya, halaman arahan diakses oleh orang-orang setelah meng-klik iklan digital pada sosial media atau situs web lain. Di saat pembuatan halaman arahan, pelaku bisnis telah memiliki gambaran tentang siapa saja yang berpeluang untuk mengunjungi halaman ini dan melakukan tindakan diinginkan.

Sebaliknya, homepage merupakan halaman utama situs web bisnis Anda. Orang-orang yang mengunjungi homepage terkadang hanya ingin melihat detail perusahaan atau bahkan tidak memiliki tujuan khusus sama sekali selain ingin tahu. 

Komponen yang Harus Dimiliki Landing Page

Suatu halaman arahan setidaknya harus memiliki 6 komponen di bawah agar dapat memaksimalkan hasil yang ingin dicapai. Berikut penjelasannya.

1. Copywriting

Ini merupakan strategi penulisan khusus untuk menyampaikan pesan promosi biasanya singkat, menarik, dan unik. Copywriting dibuat berdasarkan pengetahuan lengkap tentang produk atau layanan, target audiens, pain points target audiens, dan solusi yang ditawarkan.

Maka dari itu, penulisan konten halaman arahan perlu memakai teknis copywriting agar bisa menarik perhatian audiens. Anda perlu memperhatikan kata atau diksi yang dipakai, perilaku dan psikografi audiens. 

2. Manfaat Produk

Sudah banyak perusahaan atau bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Oleh sebab itu, calon konsumen biasanya menaruh perhatian mereka pada manfaat yang ditawarkan oleh produk dibanding soal jenis warna atau fitur produk.

Nah, Anda bisa memasukkan informasi mengenai bagaimana pemakaian produk atau jasa bisnis Anda bisa memenuhi kebutuhan audiens. Dengan demikian, mereka menjadi lebih yakin dan merasa aman untuk melakukan pembelian.

3. Social Proof

Aspek satu ini merujuk pada ulasan atau review konsumen yang disertai dengan rating dan penjabaran mengenai kepuasan mereka setelah memakai produk. Konten ini sangat penting untuk membuat konsumen menjadi semakin tertarik melakukan pembelian.

Terutama jika konten pada halaman arahan Anda menyampaikan identitas dari yang membuat ulasan. Hal ini akan menambah keaslian dari ulasan dan membuat calon konsumen yakin terhadap manfaat produk yang Anda cantumkan.

4. Call to Action (CTA)

CTA adalah komponen yang tidak boleh tertinggal pada suatu landing page. Sebab, tombol navigasi inilah yang akan menjadi jalan pintas bagi calon konsumen untuk melakukan dan menyelesaikan pembelian.

Biasanya, tombol CTA dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan warna yang mencolok agar bisa langsung dilihat dan diklik oleh calon konsumen. Contoh CTA bisa berupa “Beli Sekarang!”, “Lihat Penawaran”, “Tambahkan ke Keranjang”, “Download App Sekarang” dan lainnya.

5. Penawaran Khusus

Jika memungkinkan, Anda dapat menambahkan satu penawaran khusus untuk calon konsumen yang menyelesaikan pembelian dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, penawaran ini bisa berupa diskon  atau potongan harga produk, gratis ongkir, dan garansi ketika produk yang diterima cacat.

Dengan adanya penawaran ini, calon konsumen menjadi semakin ingin melakukan transaksi sebab mereka tidak akan mendapatkan keuntungan ini jika tidak membeli produk atau layanan saat itu juga.

6. Alasan Memilih Bisnis Anda

Setelah mengetahui banyak informasi mengenai produk, banyak calon konsumen yang ingin mengetahui kelebihan dari bisnis Anda. Hal ini biasanya dilengkapi dengan informasi unik yang bisnis Anda miliki.

Contohnya, Anda bisa mencantumkan beragam kelebihan seperti kemudahan transaksi, garansi barang, proses kirim yang cepat dan aman, serta kepuasan konsumen yang jadi prioritas bisnis Anda. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai halaman arahan. Sekarang saatnya untuk membuat halaman khusus ini agar pemasaran produk atau jasa bisnis Anda bisa meraih banyak konversi dan konsumen potensial. Tentu saja, Anda perlu menaruh jenis konten yang relevan dengan teknik copywriting untuk memikat perhatian konsumen dan mendapat hasil optimal. 

Jika Anda belum memiliki situs web untuk menaruh landing page, Anda bisa menggunakan layanan website development DreamBox. Kami menyediakan jasa website development, design, dan maintenance situs web secara berkala agar bisa memberikan pengalaman yang komunikatif dan responsif terhadap kebutuhan pengunjung! Klik tautan ini untuk info lebih lanjut! Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms