...

Pssst… Inilah Manfaat Beli dan Gunakan Expired Domain!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
expired-domain-dreambox

Apa itu Expired Domain?

Expired domain atau ‘domain kedaluwarsa’ dapat menjadi pilihan menarik bagi pemilik bisnis online. Sebab, domain ini biasanya memiliki backlink yang kuat dan reputasi yang sudah terbangun sebelumnya.

Istilah ini merujuk pada domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya dan kemudian kembali ke pasar. Namun, untuk menemukan domain kedaluwarsa yang tepat untuk bisnis online Anda, membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar. 

Domain-domain tersebut bisa menjadi aset yang sangat berharga untuk mengembangkan bisnis Anda. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan bahasan mengenai manfaat membeli dan menggunakan domain kedaluwarsa, serta cara untuk menemukan domain yang tepat untuk bisnis online Anda.

Manfaat Membeli Expired Domain

Tentunya Anda ingin memiliki situs website yang sukses dan mudah diingat oleh orang-orang, namun tidak selalu mudah untuk menemukan nama domain yang sempurna. Oleh karena itu, membeli domain yang kedaluwarsa dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya:

1. Meningkatkan Branding

Branding ideal begitu krusial untuk menarik perhatian pengunjung situs website. Dengan memanfaatkan nama domain yang sudah ada, Anda bisa meminjam kredibilitas dan pencitraan merek dari situs lama untuk meningkatkan situs baru Anda.

Sebagai contoh, jika ada kedai kopi lokal yang sudah tutup namun memiliki sejarah merek positif, maka membeli domain mereka yang telah kedaluwarsa bisa memberikan manfaat besar bagi situs website Anda.

2. Usia Domain yang Meningkatkan Peringkat SEO

Semakin lama usia domain, semakin baik bagi peringkat SEO situs website Anda. Google dan mesin pencari lainnya melihat usia domain yang panjang sebagai pertanda positif. 

Ini karena situs website dengan riwayat mesin pencari yang panjang lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Usia domain yang lama juga menunjukkan bahwa situs tersebut mempunyai riwayat panjang yang bisa dilihat oleh pengunjung melalui Wayback Machine.

3. Backlink yang Tersedia

Backlink adalah tautan yang mengarah ke website Anda. Saat situs web tidak mendapatkan pembaruan, domain kedaluwarsa bisa mengambil kekuatan backlink yang sudah ada. Maka dari itu, membeli domain dengan backlink yang kuat bisa menjadi keuntungan besar bagi situs web Anda.

Misalnya, Anda bisa mencari domain kedaluwarsa dari koran online atau website kedai kopi yang telah nonaktif, karena situs tersebut cenderung memperoleh banyak backlink yang kuat.

4. Lalu Lintas atau Traffic yang Ada

Domain kadaluarsa juga bisa memberikan lalu lintas yang sudah ada. Ini bisa menjadi keuntungan besar bagi situs web baru Anda. Orang mungkin masih mencari situs lama atau ingin mengetahui apa yang ada di dalamnya.

Dengan membeli domain yang sudah memiliki traffic tinggi, Anda bisa menunjukkan nilai situs web Anda secara langsung kepada Google. Traffic dari sumber yang berbeda juga bisa menjadi indikator SEO yang baik.

Keuntungan Menggunakan Expired Domain

Membeli domain yang kedaluwarsa bisa memberikan banyak keuntungan yang berharga bagi situs web Anda. Berikut beberapa kegunaannya:

1. Membangun Situs Otoritas

Domain yang mati dengan backlink dari source terkemuka contohnya The New York Times, The Guardian, BBC News, atau Business Insider bisa memberikan start ideal untuk membangun website baru yang otoritatif.

Memiliki profil tautan balik yang baik juga bisa memberitahu Anda bahwa membangun situs web terbaik dalam niche tersebut memungkinkan dengan nama domain tersedia. Situs otoritas dapat sangat menguntungkan serta membangun situs dari expired domain jauh lebih mudah daripada memulainya dari 0.

2. Membangun PBN

Penggunaan PBN (Private Blog Network) memang menjadi topik kontroversial, karena dasar pemakaiannya melanggar pedoman mesin pencari. Namun, bisa memberikan manfaat yang besar jika dilakukan dengan benar. Dengan membangun backlink asal tautan balik yang kuat, Anda bisa membuat PBN yang kuat serta menguntungkan.

3. 301 Redirect Menuju Situs Utama

Ini merupakan cara ideal untuk memperoleh backlink dari domain kedaluwarsa dan memindahkannya ke situs web yang telah tersedia. Dengan teknisi yang cakap, 301 redirect bisa menghubungkan nama domain kedaluwarsa menuju situs web Anda yang sudah tersedia, mampu memberikan potensi peningkatan yang tinggi.

4. Pulihkan Situs Lama

Jika Anda memiliki website yang terlampau ambisius atau tidak memiliki waktu untuk dikelola, Anda bisa memulihkan domain lama, lalu membangun kembali situs nanti. Ini bisa sangat bermanfaat jika Anda tahu domain tersebut mempunyai sejumlah riwayat.

Dengan fokus pada konten berkualitas dan menghindari kesalahan lama, Anda bisa membangun situs web yang sukses dari domain yang kedaluwarsa.

Cara Menemukan Expired Domain

Ada beberapa cara untuk menemukan domain kedaluwarsa yang tepat untuk bisnis online Anda, salah satunya menggunakan alat pencari domain seperti ExpiredDomains.net. Berikut penjelasan mengenai langkah-langkahnya.

  1. Buka situs expireddomains.net dan buat akun gratis.
  2. Setelah masuk, pilih “Domain List” dari menu di bagian atas halaman.
  3. Pilih kategori yang sesuai dengan niche atau topik situs web yang ingin Anda bangun.
  4. Atur parameter pencarian dengan menggunakan filter seperti DA (Domain Authority), PA (Page Authority), TLD (Top-Level Domain), dan lainnya. Filter ini bisa membantu Anda mempersempit pencarian domain kedaluwarsa yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Tinjau daftar domain dan periksa metrik yang relevan seperti DA, PA, backlink, usia domain, dan sebagainya.
  6. Jika menemukan domain yang cocok, klik tombol “View Details” untuk melihat detail domain. Periksa riwayat, tautan balik, dan informasi lainnya untuk memastikan kualitas domain sebelum memutuskan untuk membelinya.
  7. Jika Anda ingin membeli domain kedaluwarsa tersebut, klik tombol “Buy Now” dan ikuti instruksi yang diberikan oleh penjual.

Tips Menemukan Domain Kedaluwarsa

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan domain kedaluwarsa yang tepat untuk bisnis online Anda:

1. Periksa Backlink Tersedia

Situs web dengan backlink yang berkualitas bisa sangat membantu meningkatkan peringkat SEO situs web Anda. Pastikan untuk memeriksa backlink yang tersedia pada domain yang ingin Anda beli, karena semakin banyak backlink berkualitas, semakin besar potensi untuk meningkatkan otoritas domain dan peringkat situs web Anda.

2. Tinjau Histori Domain

Melihat histori bisa memberikan gambaran tentang reputasi expired domain yang ingin Anda beli. Pastikan untuk memeriksa histori domain melalui arsip internet seperti Wayback Machine atau situs web sejenisnya.

3. Periksa Usia Domain

Semakin lama usia, semakin besar kemungkinan domain tersebut memiliki otoritas yang lebih tinggi. Pastikan untuk memeriksa usia di daftar domain dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Tinjau Metrik SEO

Tinjau metrik SEO seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) untuk memastikan kualitas domain. Semakin tinggi DA dan PA, semakin besar kemungkinan domain tersebut memiliki otoritas yang tinggi dan potensi untuk membantu meningkatkan peringkat situs web Anda.

Dengan membeli dan menggunakan domain kedaluwarsa yang tepat, Anda bisa mempercepat pertumbuhan bisnis online Anda. Gunakanlah domain kedaluwarsa sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mencapai kesuksesan bisnis online yang lebih besar lagi.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!  

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms