Pemilihan Domain Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Pelanggan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
domain-mempengaruhi-tingkat-kepercayaan-pelanggan-dreambox

Domain dapat menjadi branding bagi bisnis Anda.

Ketika menjelajahi situs, Anda akan menemukan domain yang membedakan identitas situs satu sama lainnya. Sekarang ini kepemilikan situs dan blog bukan hanya untuk menyalurkan hobi menulis, namun juga untuk memenuhi keperluan di bidang digitalisasi bisnis.

Jangkauan internet yang sangat luas sampai ke ujung dunia sekalipun bisa tersentuh ketika strategi promosinya tepat. Alamat situs sudah diklasifikasikan berdasarkan kategorinya masing-masing, mulai dari situs khusus komersil, organisasi, bisnis, pemerintahan, dan sebagainya. Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut adalah penjelasan bagaimana pemilihan domain akan mempengaruhi

Baca Juga: Ketahui 3 Langkah Menggunakan Plesk dalam Parking Domain

Pengertian Domain

Domain adalah penggunaan beberapa huruf pada akhir alamat situs merupakan tanda atau identitas yang membedakan satu situs dengan situs lainnya. Fungsi dari nama unik berupa kombinasi huruf ini jauh lebih memudahkan pengguna internet mengingat alamat dibandingkan IP Address.

Umumnya orang akan lebih mudah mengingat kombinasi huruf karena bisa dibaca dibandingkan kombinasi angka serupa rumus. Nama unik pada akhiran alamat situs merupakan interpretasi dari serangkaian rumus berupa angka yang membangun situs. Pada dasarnya semua situs pasti memiliki rangkaian angka, namun fakta ini akan sangat merepotkan jika harus diingat oleh para pengunjung.

Oleh sebab itu, ilmu pengetahuan akhirnya berkembang dan memudahkan sistem pengingat alamat situs melalui adanya domain. Rangkaian kata lebih mudah diingat oleh banyak orang daripada menghafal serangkaian angka yang pada setiap situs, sehingga inilah yang digunakan sebagai domain situs.

Fungsi Domain

Secara umum peranan penting nama unik di akhir alamat situs memberikan kemudahan bagi penjelajah dunia maya. Alih-alih mengingat kode nomor dengan formula berbeda-beda untuk setiap situs, solusi terbaiknya adalah dengan mengingat alamat dalam kata.

Orang akan lebih mudah mengingat situs dan sistem komputasi juga akan mengarahkan pencarian ketika Anda menuliskan situs secara relevan. Misal, hendak masuk ke Facebook kemudian Anda menulis www.fb.com maka secara otomatis situs merekomendasikan Facebook.

Rekomendasi alamat situs yang benar ini disebut sebagai proses redirect atau pengalihan. Contoh sederhana dari pengalihan domain biasanya terdapat pada halaman pertama, baris paling atas Google yang mengarahkan Anda pada kata kunci lebih akurat.

Pada zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, orang enggan menghabiskan waktu berlama-lama untuk sesuatu yang bisa dipercepat. Kemajuan teknologi mengabulkan keperluan manusia modern dengan menyembunyikan kombinasi angka IP Address.

Selain fungsi penting bagi para penjelajah di dunia maya, peran penting serangkaian kata untuk menyatakan situs juga baik bagi pemilik situsnya. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengedepankan identitas situs dari serangkaian kata yang lebih memberikan makna.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Jenis-jenis Domain

Bicara soal nama unik di belakang situs, Anda mungkin akan lebih mengingat penggunaan .com di belakang alamat. Hal tersebut wajar karena nama unik itu paling banyak digunakan. Namun, selain itu ada juga banyak nama  unik lainnya.

Kami akan membahas tiga jenis nama unik yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan situs, diantaranya:

1. TLD

TLD merupakan kelas nama unik paling atas diantara dua jenis lainnya. Tadi sudah disinggung sedikit mengenai .com yang ternyata merupakan salah satu bagian dari TLD. Beberapa nama unik lain yang termasuk TLD adalah edu, org, dan net.

Orang tidak bisa sembarangan mendaftarkan akhiran nama unik webnya sebagai TLD karena ada aturan tersendiri. Sebuah nama unik termasuk ke dalam kategori TLD apabila terdaftar sebagai salah satu bagian dari IANA atau Internet Assigned Number Authority.

Jenis domain ini menaungi ccTLD dan gTLD. Detail terkait kedua jenis tersebut akan Anda temukan pada penjelasan berikutnya.

2. ccTLD

ccTLD merupakan salah satu jenis yang menggunakan dua kombinasi huruf saja sebagai nama uniknya. Misal, Amerika Serikat dengan us, Jepang dengan jp, dan Indonesia dengan id. Semua kombinasi huruf ini menandakan country code atau kode wilayah negara.

Tujuannya agar penjelajah internet tahu ke negara mana mereka sedang mencari informasi. Biasanya web hanya diperuntukan bagi orang-orang di dalam wilayah tersebut saja. Jika ada orang luar hendak mengakses, maka wajib memahami bahasa yang digunakan.

Kode negara untuk menandakan domain di internet berbeda-beda. Dengan demikian, ketika melihat alamat linknya maka Anda bisa langsung menebak negara pengelola langsung dari web tersebut.

3. gTLD

gTLD memberikan informasi singkat terkait instansi mana yang memiliki web. Contoh, edu untuk konten edukasi, mil untuk konten militer, gov untuk konten pemerintahan, org untuk organisasi, dan ada juga net untuk web penyedia layanan internet.

gTLD ini tidak ketergantungan terhadap wilayah tertentu, melainkan tergantung pada instansi yang mengelolanya. Dari nama unik pada ujung tulisan web, sudah dapat diketahui apa isi konten secara keseluruhan.

Lebih jelasnya, contoh pengaplikasian nama domain pada tiap-tiap instansi akan Anda temukan ketika menjelajah ke webnya langsung. Namun, kebanyakan web pemerintah Indonesia juga masih menggunakan id, org, dan sebagainya.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Situs dari Jasa Pembuatan Situs Terpercaya

Mengapa Anda Perlu Berhati-hati Memilih Domain?

Memilih nama unik untuk sebuah web bukan keputusan sederhana karena ini berpengaruh sekali terhadap keberlangsungan web dalam jangka panjang. Apapun tujuan Anda dalam membangun sebuah web, pastikan pemilihan nama uniknya sudah sesuai.

Memilih com, id, atau sebagainya tidak bisa sembarangan, mengingat berbagai peranan penting yang bisa Anda terima, seperti:

1. Berperan sebagai Personal Branding

Bukan hanya konten yang bisa menjadi personal branding, nama unik di belakang penulisan alamat link juga turut menjadi media personal branding. Contohnya com memberikan peran penting untuk situs yang lebih mengarah ke tujuan komersil daripada edukatif.

Untuk membangun kepercayaan konsumen secara konsisten, terlebih dahulu Anda harus bisa mempromosikan branding personal secara seksama. Orang tidak akan begitu saja menjelajah web Anda tanpa alasan jelas, semisal kredibilitas webnya.

2. Memudahkan untuk Diingat

Memilih nama unik tergantung dengan tujuan pembuatan web. Misal, Anda hendak membuat web jual beli online maka pemilihan ujung nama unik paling tepat adalah solusi supaya orang lebih mudah mengingat brand Anda melalui alamat linknya.

Nama unik ini tidak harus susah diingat, namun bisa saja menggunakan pemilihan kata familiar namun lain dari yang lain. Tujuannya untuk memudahkan penanaman ingatan di setiap pengunjung supaya lebih mudah ketika mencari web Anda.

Semakin tepat memilih nama unik pada web semakin besar kepercayaan para pengunjung kepada Anda. Orang mudah menilai dari tampilan awalnya, contoh ketika memang ingin mencari informasi terkait internet maka orang akan cenderung menjelajah domain .net.

3. Keuntungan Berlimpah untuk Pemilihan Tepat

Semakin tepat memilih nama unik maka semakin lebar peluang keuntungan didapatkan. Sebaliknya, jika asal menentukan maka web sulit dikembangkan lebih jauh. Sebagian faktor kesuksesan pada awalnya bermula dari langkah awal pembuatan situs secara matang.

Ini alasannya banyak jasa pembuatan web bertebaran dengan penawaran kualitas hasil kerja dan profesionalitas selama bekerja sama. Membuat web membutuhkan waktu dan tenaga serius, sementara adanya jasa meminimalisir dua hal tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Website Developer Jakarta Untuk Mengelola Website Anda

Konsentrasi Anda cukup pada pekerjaan dan mengarahkan serta mengontrol konsep yang diinginkan. Bila bingung, biasanya layanan terpercaya juga akan memberikan rekomendasi domain yang tepat. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms