Ketahui Manfaat Situs Bisnis dan Cara Pembuatannya!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
ketahui-manfaat-situs-bisnis-dan-cara-pembuatannya-dreambox

Situs bisnis dapat menjadi promosi hemat biaya bagi Anda.

Tujuan pembuatan situs bisnis sejatinya sebagai upaya untuk mendigitalisasi bisnis dan memenuhi kebutuhan zaman saat ini. Usaha yang bertahan dan mampu melewati berbagai zaman adalah yang mampu menyesuaikan diri dengan setiap perkembangan zaman. Terutama jika usaha bergerak di bidang jual beli online. Dengan adanya situs khusus memberikan kemudahan bagi pelanggan menemukan produk Anda. Berikut adalah manfaat situs bisnis untuk Anda.

Baca Juga: Tips Jitu Membuat Website Branding untuk Bisnis Anda

Alasan Perusahaan Memerlukan situs Bisnis

Jika ingin tahu alasannya secara umum kenapa pembuatan situs bisnis sangat penting, berikut beberapa alasan yang bisa Anda pelajari:

1. Anda Dapat Mengontrol Konten

Kemudahan teknologi menjadi kesempatan emas untuk Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dari banyak daerah. Berbagai wilayah yang di luar jangkauan toko offline sekalipun bisa mendapatkan materi promosi produk Anda secara menyeluruh.

Berbagai kegiatan promosi dan branding dapat dilakukan dengan cara posting konten sesuai kebutuhan perusahaan. Isi konten ini bisa diatur sendiri dan tentunya di bawah kontrol Anda selaku pekerja dari perusahaan tersebut. Isi postingannya bisa terkait internal yang boleh dipublikasikan atau eksternal menyangkut kepentingan klien.

2. Kompetitor Anda Memiliki situs

Bersaing dengan kompetitor dapat dilakukan dengan melengkapi apa yang Anda belum miliki sementara kompetitor sudah maju lebih depan. Tidak masalah jika harus menyusul langkah inovatif kompetitor selama tidak menghilangkan jati diri Anda dalam berbisnis.

Melihat gerak kompetitor dan bergerak cepat menyainginya adalah kunci untuk mampu bertahan dalam gempuran berbisnis. Sudah banyak contohnya usaha tumbang karena salah satu pihak enggan mengembangkan diri dan terlalu angkuh.

Padahal, pada zaman digital seperti sekarang ini kebutuhan situs bisnis sudah harus ditempatkan sebagai prioritas. Terutama untuk usaha baru, branding melalui media online lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

3. Anda dapat Menampilkan Produk atau Layanan

Kelebihan pengelolaan situs sendiri membuat Anda bisa mengisi konten dengan jenis apa saja. Diantaranya seperti bebas menampilkan produk baru, baik sebelum launching atau terus-menerus mengunggahnya sebagai sarana promosi tidak berbayar.

Anda bisa juga menggunakan situs untuk menginformasikan layanan apabila perusahaan Anda bergerak di bidang jasa. Baik produk maupun layanan yang diposting melalui media internet akan memberikan pangsa pasar lebih luas dibandingkan pergerakan offline.

Terlebih sekarang ini posting mengenai info produk akan lebih menarik ketika dikemas menjadi video singkat atau infografis menarik. Semua bisa dilakukan tanpa berbayar asalkan memiliki situs bisnis yang dikelola sendiri.

Baca Juga: 8 Manfaat Website Bagi Perusahaan yang Wajib Anda Ketahui

4. Promosi dengan Hemat Biaya

Secara tidak langsung, unggahan konten produk maupun layanan pada situs membantu Anda melakukan promosi dengan menekan biaya sehemat mungkin. Bahkan anggaran untuk iklan tidak diperlukan kembali, kecuali dalam situasi mendesak saja. Sebelum mempercayakan unggahan promosi melalui situs, terlebih dahulu Anda harus berhasil melakukan branding. Orang tidak akan datang ke situs Anda begitu saja tanpa alasan jelas.

Harus ada upaya yang mengarahkan setiap pengunjung untuk membuka tautan situs bisnis Anda dan mendapatkan konten promosi. Jika Anda berhasil menjalankan tahap ini dengan baik, proses promosi, periklanan, dan pemasaran Anda di masa depan akan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

5. Sediakan Customer Support 24 Jam

Layanan ini fleksibel, artinya jika memang tenaga kerja menyanggupi dan memadai maka layanan customer service bisa berlangsung selama 24 jam. Pelayanan nonstop 24 jam ini memberikan solusi terbaik untuk klien dalam mendapatkan support sekalipun di luar jam kantor normal.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan sistem penjawab otomatis yang telah dilengkapi dengan berbagai jawaban untuk membantu komunikasi dengan konsumen kapanpun dan di manapun. Beberapa perusahaan juga melampirkan laman Frequently Asked Questions (FAQ) yang mengandung banyak tipe pertanyaan perusahaan sering hadapi.

Dengan demikian, pengunjung tidak perlu berlama-lama menunggu respons tenaga kerja customer service saat mereka menghubungi perusahaan Anda di luar jam kerja. Jumlah komplain bisa jadi sedikit, namun hal tersebut bukan alasan untuk meniadakan support 24 jam apabila tenaga kerja memenuhi persyaratan. Kunci dari keberadaan situs bisnis adalah memberikan pelayanan yang tidak diberikan oleh sistem offline.

6. Cocok untuk Tipe Bisnis Apapun

Terakhir, alasan perusahaan memiliki situs adalah tidak ada batasan terkait jenis bisnis apa saja yang boleh dan cocok memiliki situs. Setiap jenis usaha cocok memiliki situs asalkan desain dan fiturnya disesuaikan dengan usaha yang didirikan.

Mulai dari kuliner, traveling, jasa, penginapan, dan banyak lagi lainnya dapat didigitalisasi secara menarik. Sekarang nyaris semua aspek kehidupan bisa dilakukan secara online seiring waktu berkembangnya teknologi internet dan pesatnya kecanggihan gadget.

Orang kini sudah tidak perlu lagi memilih tempat dan waktu khusus untuk bisa tersambung ke dunia maya. Hal ini kiranya yang menjadi alasan kenapa pembangunan situs bisnis menjadi sangat penting serta menentukan keberlangsungan usaha ke depannya.

Baca Juga: THal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Website Development Bisnis Anda

Cara Membuat situs dari Nol

Anda bisa saja mempercayakan urusan pembuatan situs kepada jasanya. Namun, bukan berarti Anda bisa lepas tangan begitu saja dan menunggu tanpa ada campur tangan sampai situs selesai.

Besar potensi revisi dan hal di luar kendali ketika memutuskan untuk tidak ikut campur sedari awal pembuatan. Penting turut tahu langkah pembuatan situs dengan memahami langkah demi langkah berikut:

  1. Tentukan ide situs sesuai dengan jati diri bisnis. Misalnya, usaha di bidang kuliner maka pikirkan konsep besar situs nantinya akan memuat seputar konten, baik teks, gambar, maupun video tentang dunia kuliner lokal maupun mancanegara.
  2. Registrasi situs bisnis sesuai dengan ranahnya. Ada beberapa domain disediakan, mulai dari .com, .org, .id, dan sebagainya. Untuk kepentingan bisnis ini sesuai dengan kebutuhannya, apakah digunakan oleh perusahaan atau digunakan untuk toko online.
  3. Pastikan memilih web hosting terpercaya dan andal pada bidangnya. Pemilihan web hosting secara tepat ini menentukan keberhasilan dan pertahanan situs dalam waktu lama di tengah gempuran persaingan berbisnis.
  4. Memilih platform yang sesuai dengan identitas berbisnis. Contoh, platform dengan CMS paling terkenal di dunia adalah WordPress. Banyak perusahaan menggunakan WordPress karena memberikan keunggulan layanan gratis dan fitur memadai.
  5. Terakhir, dalam pembuatan situs bisnis, paling penting juga untuk memikirkan pengambangan situs ke depannya. Hal ini penting karena setelah situs jadi, bukan hanya berlangsung sampai situ saja, namun pengelolaannya jauh lebih penting.

Jika Anda sanggup untuk bersusah payah mempertahankan upaya yang konsisten dan mendetail, Anda bisa membuat situs sendiri tanpa bantuan vendor. Akan tetapi, lebih banyak waktu tersita dan konsentrasi untuk melakukan hal lain akan terganggu.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Jasa Website Jakarta? Berikut 7 Alasannya!

Solusi terbaik adalah mempercayakan pekerjaan pada ahlinya sementara Anda fokus pada pekerjaan dan hal yang lebih penting lain. Dengan demikian, setiap pekerjaan akan memiliki manajemen yang lebih baik dan Anda sebagai pengontrol juga akan bekerja dengan jauh lebih efisien.

Anda bisa mengontrol pekerjaan jasa pembuatan situs dengan sudut pandang lebih luas. Hal ini meminimalisir terjadinya banyak kesalahan sebelum situs diterbitkan. Pastikan pekerjaan jasa pembuat situs bisnis telah sesuai dengan tema besar usaha Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms