Membuat Situs Tidak Sesulit yang Dibayangkan! Ini 5 Tipsnya

Website

Anda perlu membuat situs dengan nama semenarik mungkin.

Ingin membuat situs untuk keperluan berbisnis maupun sekedar menyalurkan hobi? Jika dipelajari lebih seksama maka Anda bisa mendirikannya sendiri. Opsi mudahnya memang dengan memanfaatkan jasa khusus, namun keputusan tersebut harus menyediakan budget khusus juga. Sebagai pemula, Anda bisa mengikuti arahan yang kami berikan melalui kelima langkah pembuatan web di bawah ini. Untuk tahapannya bisa menyimak penjabaran ini!

Baca Juga: 9 Cara Membuat Website Muncul di Halaman Pertama Google

Menentukan Tujuan Utama situs

Menentukan tujuan adalah landasan dari semua langkah yang nantinya akan dilakukan. Tujuan adalah pedoman untuk semua pihak bekerja mewujudkan konsep besar dari situs yang dibuat. Contoh, pembuatan situs e-commerce, edukasi, blog pribadi, komunitas, dll.

Nantinya dari tujuan memuat situs ini Anda akan mendapatkan gambaran terkait icon, konten, fitur, bahkan hingga desain tampilan situs. Tujuan juga menjadi landasan jelas terkait pengembangan yang akan dilakukan kedepannya.

Penentuan tujuan ini berdasarkan isi pikiran para pendiri situs. Jika pendirinya terdiri atas beberapa orang maka ide besar dari masing-masing kepala akan dipertimbangkan betul dalam mencapai keputusan akhir.

Demikian juga apabila pendirinya adalah perorangan maka harus ada konsistensi jelas terkait tujuan awal membuat dan langkah-langkah pengembangan kedepannya. Mudahnya, tulis tujuan besar dari pembuatan situs pada sebuah kertas kemudian jadikan itu sebagai pengingat.

Jadikan itu sebagai landasan berpikir dan menyesuaikan situs dengan kondisi terkini. Tujuan awal membuat situs harus diseriuskan, bukan hanya ikut-ikutan tren semata. Memang butuh untuk menyesuaikan dengan zaman, namun wajib ada keseriusan di dalamnya.

Baca Juga: Mengapa Traffic Situs Dianggap Penting?

Mendaftarkan Domain

Domain adalah nama situs yang akan mengarahkan para pengunjung mendatangi dan membaca konten dalam situs Anda. Semakin menarik nama situsnya maka semakin besar potensi orang untuk klik link dan kembali lagi pada waktu berikutnya.

Bukan hal mustahil juga ketika orang merasa konten dalam web Anda berbobot dan layak direkomendasikan maka mereka akan membagikan situs pada teman-temannya. Nama domain ada banyak, bergantung apa jenis situs yang Anda dirikan.

Contoh, dalam membuat situs kebanyakan orang paling umum menggunakan .com. Nama domain ini menjadi paling populer tidak lain karena domain .com juga memberikan biaya paling murah dibandingkan domain-domain lain.

Ketika melakukan pencarian, umumnya browser juga akan secara otomatis menampilkan berbagai situs berakhiran .com terlebih dahulu. Selain nama domain yang paling populer diantara domain lainnya, kenali juga beberapa jenis domain lain yang ada di internet.

Untuk berbagai jenis nama domain lainnya, ada .edu, .biz, .net, .org, serta beberapa jenis domain lainnya. Masing-masing domain ada pada akhir alamat link. Semuanya memberikan penggambaran konten secara menyeluruh, apakah isinya terkait bisnis, pendidikan, organisasi, komunitas, dan sebagainya.

Pemilihan nama domain memang harus unik, namun pastikan keunikan tersebut mampu memudahkan pengunjung mengidentifikasikan Anda. Tujuan membuat situs bukan hanya mempublikasikan seberapa unik situs Anda, namun harus bisa melekat pada ingatan mereka.

Menentukan Hosting yang Tepat

Setiap pembuat web pasti memasukkan hosting ke dalam proses pekerjaan mereka. Adapun tiga jenis hosting yang bisa Anda pilih ketika membangun situs adalah:

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan hosting bersama yang bisa digunakan atau diakses oleh banyak orang. Biasanya jenis hosting ini hanya digunakan oleh situs berskala kecil hingga menengah. Shared hosting juga sangat direkomendasikan kepada para pendiri web pemula.

Jika skalanya memang kecil menengah maka tidak ada salahnya menggunakan shared hosting. Akan tetapi, ketika situs mulai membesar seiring berkembangnya bisnis, maka shared hosting sepertinya harus diupgrade lebih tinggi.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan shared hosting. Sifatnya lebih privat dan terintegrasi dengan teknologi virtual. Hal menguntungkan lainnya ketika memilih cloud hosting adalah mendapatkan sertifikat SSL.

Sertifikat ini memberikan keuntungan kepada orang-orang yang membuat situs dengan integrasinya pada CloudFlare dan diberikan keistimewaan hak kepemilikan seumur hidup. Jenis resources pribadi juga merupakan bentuk eksklusifitas dari cloud hosting.

3. VPS Hosting

Terakhir ada virtual private server atau biasa dikenal sebagai VPS. VPS memberikan beberapa kelebihan, seperti restorasi terhadap sistem, dedicated ip, dan juga kemampuan untuk mengendalikan serta mengelola.

Berbagai kelebihan dari VPS ini berhubungan dengan environment dan sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh para penjelajah dunia maya. Karena bagaimanapun tujuan utama dari membuat situs adalah memberikan rasa aman serta nyaman ketika pengunjung browsing.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Memilih Platform yang Tepat

Bicara soal platform, di Indonesia maupun dunia, penggunaan WordPress selaku favorit para pembuat web masih menjadi nomor satu. Meskipun selain itu Anda juga diberikan beberapa pilihan, seperti Joomla, Wix, Weebly, dan masih banyak lagi.

Namun, kelebihan gratis dan fitur cukup lengkap membuat banyak orang mempertimbangkan WordPress sebagai platform teratas. Pada dasarnya menciptakan situs memang tidak mudah karena butuh tenaga dan pemikiran para profesional pada bidangnya.

Langkah awal para pemula minim budget bisa mulai belajar dari WordPress terlebih dahulu. Anda akan diminta mendaftarkan alamat email untuk membuat situs dan menuliskan konten sesuai dengan konsep besar situs yang digarap.

Memasuki tahun 2018, platform pembuatan situs disebut juga sebagai CMS atau content management system. Kelebihan pergeseran platform pembuatan situs menjadi CMS ini sekaligus memudahkan para pendiri web untuk membuat situs tanpa ada kode rumit.

Sejatinya internal dari situs merupakan serangkaian kode yang cukup rumit dan hanya bisa dikombinasikan secara serasi oleh ahlinya. Namun, melirik betapa pentingnya kebutuhan manusia zaman sekarang terhadap teknologi dan internet, maka langkah ini bukan masalah.

Merupakan keputusan tepat ketika Anda memilih platform yang sudah ada kemudian mendesain halaman situs sesuai konsep besarnya. Kini, bukan hal rumit untuk membuat situs sendiri, akan tetapi tetap dibutuhkan keseriusan dalam menjalankan setiap proses.

Baca Juga: Ketahui 3 Langkah Menggunakan Plesk dalam Parking Domain

Membuat Konten yang Sesuai

Terakhir, ketika segala sesuatu terkait pembuatan situs secara sistem telah selesai maka selanjutnya perhatian terhadap konten. Konten adalah isi dari situs yang mampu menghidupkan situs asalkan Anda selalu up to date memperbaiki tulisan.

Menariknya ide besar dalam sebuah konten saja belum cukup/ Anda butuh strategi penulisan akurat untuk mendapatkan atensi publik secara lebih jauh. Contoh, menerapkan sistem penulisan SEO agar artikel bisa tampil pada halaman pertama Google.

Menyematkan berbagai visualisasi menarik juga turut membantu membuat tampilan web menjadi lebih menarik. Proses membuat situs tidak hanya selesai sampai situs jadi, namun harus dipertahankan dan dirawat dalam jangka waktu tidak terbatas.

Ada berbagai trik menghasilkan konten menarik, diantaranya permainan kata pada judul, isi yang relevan dengan judul, membahas hal trending secara fakta, dan sebagainya. Semua hal terintegrasi secara seragam untuk menghasilkan konten menarik.

Apabila konten sudah memberikan daya tarik secara visual, Anda juga perlu mengupayakan pembahasan konten memiliki relevansi yang menarik juga. Jika Anda dapat mempertahankan konsistensi ini, maka besar kemungkinan traffic web Anda melesat tinggi.

Ke depannya, tentu setelah situs jadi, akan ada maintenance seperti update sistem dan pengembangan lainnya. Hal ini wajar dan Anda bisa menghubungi jasa membuat situs jika memanfaatkan layanan khusus atau mempelajari cara mengatasinya otodidak. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.