...

Mengapa Traffic Situs Dianggap Penting?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
mengapa-traffic-situs-dianggap-penting-dreambox

Penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan traffic web.

Pengaruh traffic web untuk berbisnis maupun meningkatkan personal branding merupakan hal penting pada masa sekarang. Saat teknologi menjadi sebuah kebutuhan dan digitalisasi merupakan hal wajar, banyak orang mulai memanfaatkan web untuk berbagai alasan penting.

Ketika situs sudah berjalan dengan lancar maka segala bentuk promosi melalui situs dapat memanfaatkan cost lebih murah. Namun, demi menggapainya dibutuhkan waktu tidak singkat serta upaya yang tidak mudah. Berikut akan kami jelaskan hal-hal mengenai traffic yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 7 Manfaat SEO yang Wajib Anda Ketahui

Apa Itu Traffic Web?

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, traffic artinya kunjungan. Pengertian secara menyeluruh adalah jumlah kunjungan dan berbagai aktivitas lengkap seseorang ketika mengunjungi situs Anda.

Sebuah traffic web merupakan kegiatan seseorang berupa kunjungan, dari sekedar membuka lalu membaca konten, perpindahan pengunjung dari satu laman ke laman lainnya, dan berapa lama durasi membuka halaman situs tersebut. Ketika membuka sebuah situs, semua kegiatan Anda akan terekam secara otomatis.

Ada sistem khusus yang merekam aktivitas pembukaan, pembacaan konten, sampai kunjungan ke beberapa link yang terdapat di dalamnya. Adapun kegiatan para pengunjung tersebut berguna sebagai penilaian terhadap konten atau link paling sering diklik seseorang.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Jasa SEO

Mengapa Traffic Dianggap Penting?

Sebuah situs membutuhkan kunjungan dengan berbagai aktivitas penting di dalamnya karena salah satu tujuan membangun situs untuk mendapatkan kunjungan. Semakin bagus konten dan sistem di dalamnya. maka semakin besar potensi orang melakukan kunjungan.

Ada beberapa alasan detail kenapa traffic web menjadi hal penting ketika memiliki situs, di antaranya:

  1. Ketika situs memberikan hal menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung, maka akan lebih potensial membuat para pengunjung berlama-lama ada pada situs tersebut. Potensi lainnya membuat situs direkomendasikan kepada orang lain.
  2. Jika tahapannya sudah menjadi langganan konten dari situs Anda. maka besar kemungkinan mereka juga ingin berlangganan newsletter. Pengiriman newsletter rutin melalui email dapat memberikan informasi akurat kepada mereka terkait update berita terbaru.
  3. Seberapa sering situs dikunjungi maka sebanyak itu potensi bisnis berkembang. Jumlah kunjungan ini merupakan tolak ukur dalam menilai sebuah bisnis, apakah berjalan sesuai tujuan awal atau tidak.

Semakin banyak orang tertarik pada situs Anda, maka semakin baik juga traffic web maka yang akan Anda peroleh. Untuk meningkatkan traffic web dapat Anda lakukan dari mengumpulkan banyak pengunjung. Berikut adalah sejumlah cara meningkatkan traffic web Anda.

Baca Juga: SEO Merupakan Long Term Investment, Ini Buktinya!

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Web?

Membangun sebuah situs, baik untuk keperluan komersial maupun nonkomersial, pastinya mengharapkan banyak kunjungan dalam waktu kapanpun. Karena dengan derasnya jumlah pengunjung maka menjadi tolak ukur keberhasilan pembuatan dan pengelolaan situs.

Ketika sudah mendapatkan pelanggan tetap, lebih mudah bagi Anda menarik perhatian mereka melalui konten. Namun, jika masih proses branding, maka butuh upaya lebih supaya pengunjung mau berdatangan untuk melakukan berbagai aktivitas secara berkelanjutan.

Dalam hal upaya meningkatkan traffic web, kami berikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Berikut ulasannya:

1. Riset Kata Kunci

Ketika  Anda memutuskan konten atau tulisan sebagai konsumsi publik, maka menulis bukan lagi menilai perkara bagus hanya dari opini diri sendiri. Anda telah sepakat memberikan tulisan sebagai kebutuhan banyak orang, maka harus paham juga kata kunci apa yang sedang populer.

Pemilihan kata kunci ini berpengaruh terhadap rank atau peringkat pada halaman pertama Google. Semakin tepat pemilihan kata kuncinya, maka semakin potensial untuk menempatkan artikel atau konten dalam situs Anda pada halaman pertama Google.

2. Memanfaatkan Long dan Short Tail Keyword

Terdapat dua jenis kata kunci atau keyword pada umumnya, yakni short tail keyword dan long tail keyword. Short tail merupakan penyematan kata kunci singkat dan banyak dilakukan para pengunjung ketika menjelajahi sebuah situs.

Sementara itu, long tail merupakan penulisan kata kunci panjang yang banyak dilakukan orang dan persaingan traffic web-nya cukup ketat. Short tail terdiri atas dua kata kunci saja, sementara long tail terdiri atas 3 hingga 4 kata kunci secara berulang.

Persaingan ketat untuk short tail lebih tinggi dibandingkan long tail, namun potensi long tail jauh lebih banyak untuk meningkatkan situs Anda. Tidak masalah perlahan bersaing di long tail jika kemudian bisa perlahan berkembang bersaing dalam short tail.

3. Menyematkan LSI

LSI atau latent semantic indexing adalah variasi kata kunci yang berhubungan dengan kegiatan pencarian seseorang terkait topik serupa di internet. Meskipun melakukan pencarian untuk topik serupa, akan tetapi ada banyak variasi keyword di dalamnya.

Supaya tidak terkesan monoton, Anda bisa mengupayakan jumlah traffic web melalui variasi kata kunci yang lebih menarik. Banyak orang merujuk ke satu pembahasan dengan variasi kata kunci supaya konten atau artikel dalam situs terkesan lebih menarik dan enak dibaca.

4. Membuat Konten Panjang

Mampu mengolah konten panjang tanpa monoton dan bertele-tele adalah sebuah kompetensi menjanjikan untuk meningkatkan kunjungan situs. Google memiliki kebijakan untuk memberikan perhatian khusus pada konten berjumlah 1890 kata.

Dalam mengelola isi, tentu Anda tidak hanya bisa sekedar cuap-cuap tidak penting karena hal ini dapat mengurangi minat pengunjung pada web. Lebih dari itu, bobot artikel wajib dipertimbangkan secara seksama melalui isi konten maupun tampilan situsnya.

5. Menggunakan Judul yang Menarik

Gunakan pemilihan kata menarik untuk membuat orang mau menjelajahi situs Anda secara lebih jauh. Daya tarik paling utama datangnya dari judul. Semakin unik judul disematkan maka semakin besar keinginan orang untuk berkunjung ke situs Anda.

Namun, harus ada relevansi jelas antara judul dengan isi konten. Sebab, jika judul hanya mementingkan daya pikat tanpa konten yang bermakna, maka orang tidak akan berkunjung lagi.

Jika relevansi judul dengan isi saling berkesinambungan, orang akan menandai Anda sebagai situs yang dapat dipercaya dan berpotensi untuk merekomendasikan Anda ke pengguna internet lainnya.Bisa juga dampaknya berlangganan newsletter terupdate sehingga jumlah traffic web ke situs Anda otomatis bertambah.

6. Menyematkan Visual Menarik

Membaca membutuhkan upaya lebih dan serius dibandingkan melihat gambar atau menonton video. Anda bisa mengupayakan banyak cara dalam menarik sebanyak mungkin pengunjung ke situs, diantaranya dengan upaya visualisasi terbaik.

Contohnya, menyematkan gambar maupun penayangan video menarik dalam setiap konten. Kedua jenis upaya ini dapat membantu penulisan judul yang menarik supaya orang tertarik untuk memahami isi artikel secara keseluruhan dan terus-menerus berkunjung.

Meskipun demikian, jangan lupa untuk melakukan compress pada video dan gambar Anda agar laman situs juga tetap dapat merespon dengan cepat. Video dan gambar yang terlalu berat akan menghasilkan waktu respon yang lebih lambat, dan hal ini dapat membuat audiens menghindari situs Anda.

7. Memperhatikan Kecepatan Situs

Seperti yang sempat dibahas di atas, Anda juga perlu  memperhatikan maintenance situs. Perlu diingat bahwa dalam mendirikan situs dengan tema tertentu, Anda akan bersaing dengan banyak kompetitor. Untuk bisa bertahan, salah satunya adalah dengan menghindari bounce rate tinggi untuk pengunjung.

Riset mengungkapkan bahwa kebanyakan orang meninggalkan situs apabila membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk membuka isi di dalamnya. Semakin cekatan situs membuka konten maka semakin besar potensi orang mau berkunjung atau bertahan membacanya.

8. Merespons dengan Baik

Buatlah sebuah situs yang responsif dan adaptif terhadap semua jenis perangkat. Sekarang ini banyak orang menjelajahi dunia maya menggunakan smartphone. Jadi, ketika membangun sebuah situs, pastikan Anda mempertimbangkan gawai yang audiens Anda gunakan juga.

Baca Juga: Gunakan Teknik SEO Ini untuk Digital Marketing Bisnis Anda

Ada beberapa contoh kasus situs begitu lancar dibuka melalui komputer, akan tetapi sulit dioperasikan ketika menggunakan smartphone. Konten yang terlihat proporsional di ponsel mungkin justru akan terlihat kurang baik di layar tablet Hal ini dapat menghambat traffic web secara berkelanjutan karena ketidakcocokan format konten dengan gawai yang digunakan akan menurunkan pengalaman penggunaan pengunjung Anda.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms