...

Simak Apa Itu Landing Pages Fungsi dan Jenisnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
landing-page-dreambox

Gunakan landing page sebagai media promosi Anda.

Strategi campaign marketing termasuk strategi pemasaran yang perlu Anda coba karena dengan strategi ini bisa membantu meningkatkan leads dan penjualan. Salah satu strategi campaign  marketing adalah membuat landing page

Lalu, apa itu landing page dan apa saja fungsinya? Berikut ulasannya.

Mengenal Landing Page

Landing page atau juga dikenal dengan destination page adalah salah satu halaman khusus berisi iklan suatu website yang memiliki tujuan khusus dan biasanya akan muncul ketika Anda menekan link seperti link media sosial, email, atau iklan pada laman hasil penelusuran. 

Tujuan pembuatan halaman ini biasanya hanya satu jenis misalnya agar pengunjung melakukan tindakan atau berisi CTA atau call to action seperti membeli atau mengisi form.

Halaman ini biasanya berisi informasi mengenai harga produk atau layanan, tawaran agar pengunjung website mengisi formulir melalui gratis langganan beberapa bulan atau unduh ebook gratis. Pengisian formulir berupa data pengunjung akan sangat bermanfaat untuk analisis pelanggan.

Pembuatan halaman ini diketahui bisa membantu meningkatkan kenaikan leads sampai 100 persen. Tak hanya itu, halaman ini juga bisa meningkatkan conversion rate atau persentase ketertarikan pengunjung pada situs yang Anda miliki.

Halaman ini sangat penting karena selain ingin memberikan informasi dan mengenalkan produk atau jasa, tentu Anda juga menginginkan pengunjung website beralih menjadi pelanggan Anda. Oleh karena itu, pembuatan halaman ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengiklankan bisnis Anda.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Secara sekilas mungkin landing page hampir mirip dengan homepage meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Karena sedikit mirip membuat banyak orang kesulitan membedakan halaman ini dengan homepage.

Homepage sendiri merupakan beranda atau halaman yang pertama kali muncul ketika seseorang menekan link website bisnis resmi milik Anda. Homepage biasanya berisi beragam informasi mengenai bisnis Anda mulai dari kegunaan, keunggulan, dan memiliki banyak tombol navigasi.

Untuk memudahkan Anda membedakan homepage dengan landing page, berikut ciri ciri dari homepage.

  • Ciri-ciri Homepage

Homepage adalah beranda atau halaman utama yang akan tampil ketika Anda membuka suatu website

Berisi banyak tombol navigasi dan informasi seperti home, kontak, alamat, blog, dan link sehingga pengunjung bisa beralih menuju halaman penting lain di suatu situs

Sarana penting agar pengunjung mengenal dan mempelajari produk atau layanan miliki Anda

  • Ciri-ciri Landing Page

Destination page tidak memiliki banyak informasi atau deskripsi produk namun berisi marketing

Hanya memiliki satu atau dua tombol link seperti “beli sekarang”, “berlangganan sekarang”  sehingga pengunjung tidak punya pilihan lain selain mengklik tombol tersebut

Berisi ajakan atau dorongan supaya pengunjung melakukan kegiatan tertentu seperti membeli, berlangganan atau mengisi data diri

Jenis Jenis Landing Page

Destination page terdiri dari dua jenis yaitu lead generation dan click through. Adapun fungsi dari halaman lead generation adalah mengumpulkan informasi atau data pengunjung.

Halaman lead generation biasanya diisi dengan informasi penawaran, diskon, artikel, konten seperti ebook atau konten lain yang bisa diunduh oleh pengunjung setelah mengisi formulir berisi data diri seperti email dan nama pengunjung.

Ketika pengunjung mengisi formulir tersebut, Anda bisa mengirimkan penawaran atau promosi pada email pengunjung sehingga mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

Sedangkan halaman click through memiliki fungsi sebagai CTA. Halaman ini biasanya berisi informasi produk yang disertai dengan tombol CTA seperti “beli sekarang”, “subscribe sekarang”, “unduh disini” dan lainnya sesuai dengan keinginan memiliki website.

Manfaat Landing Page

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat halaman ini diantaranya yaitu

1. Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Dalam memasarkan produk atau layanan tentu Anda membutuhkan data pelanggan baik untuk analisis maupun untuk mengirimkan penawaran pemberitahuan produk baru. 

Dengan membuat halaman lead generation bisa memudahkan Anda dalam mengumpulkan informasi mengenai pelanggan atau target pasar. Informasi yang diminta pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari nama, email, sampai usia atau jenis kelamin.

2. Sarana Iklan

Anda juga bisa memanfaatkan halaman ini sebagai sarana iklan atau promosi produk atau layanan Anda. Anda bisa menampilkan informasi mengenai promo atau diskon yang sedang Anda tawarkan pada pelanggan.

3. Meningkatkan Pengunjung Website

Manfaat berikutnya yaitu meningkatkan pengunjung atau conversion rate. Dengan membuat landing page yang menarik, Anda bisa menarik semakin banyak leads dari pengunjung menjadi pelanggan.

Sehingga audiens tak hanya mengenal produk Anda namun juga terdorong untuk melakukan aksi yang Anda harapkan misalnya mengunduh ebook, berlangganan newsletter, berlangganan, membuat akun dan lainnya. 

4. Mempermudah Transaksi

Terakhir, karena hanya berisi satu atau dua tombol link maka halaman ini bisa mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi terutama bagi pelanggan yang mengunjungi halaman ini untuk membeli. 

Contoh Landing Page

Berikut contoh landing page beberapa perusahaan yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Netflix

Yang pertama ada destination page dari aplikasi streaming film populer yaitu Netflix. Jenis destination page yang digunakan oleh Netflix yaitu jenis click throughget started” dimana Netflix menawarkan langganan gratis bagi pengunjung yang belum memiliki akun .

Setelah pengunjung mendaftar dan mengisi form maka pengunjung bisa menikmati langganan gratis selama dua bulan. Tentu tawaran tersebut bisa menarik pelanggan dengan cepat.

2. Spotify

Sebagai aplikasi pemutar musik terkenal Spotify juga menggunakan destination page berupa click through “mulai” dan “lihat paket”. Pada halaman ini, Spotify menawarkan promo paket Spotify premium dengan pembayaran melalui pulsa atau e-wallet.

Pada halaman tersebut, Spotify menampilkan berbagai paket dan harga disertai dengan tombol link. Tentu tampilan tersebut sangat mempermudah bagi calon pelanggan yang ingin berlangganan Spotify.

3. Uniqlo

Selanjutnya ada destination dari brand pakaian terkenal yaitu Uniqlo. Tampilan halaman Uniqlo sendiri sangat simpel yaitu berisi logo, kolom email dan tulisan penawaran berita promo terbaru bagi pengunjung yang mengisi email.

Selain itu, Uniqlo juga memberikan opsi pemberitahuan promo untuk laki laki atau perempuan. 

4. Airbnb

Berikutnya ada perusahaan yang menyediakan layanan sewa properti Airbnb. Destination page Airbnb juga sangatlah simpel yaitu formulir berisi jumlah tamu dan alamat serta tombol “mulai”. Tampilan ini juga mempercepat proses transaksi bagi pengunjung yang tertarik atau memang ingin menggunakan jasa Airbnb.

Buat Landing Page Mudah dengan Dreambox

Tertarik membuat  tampilan destination page menarik untuk bisnis Anda? Anda bisa menggunakan jasa Dreambox. Dreambox adalah agensi marketing yang menawarkan jasa desain dan mengembangkan website dan akan membantu Anda dalam memasarkan produk Anda dengan tepat.

Dreambox bisa membantu mengubah pengunjung situs Anda menjadi pelanggan Anda dengan cepat.

Jadi, landing page termasuk salah satu campaign marketing yang memiliki manfaat baik untuk pemasaran dan branding produk atau jasa Anda. Bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa Dreambox bisa mengunjungi jasa SEO dan Website Dreambox.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms