07 October 2020

Branding tidak terbatas pada produk atau jasa saja, ternyata kota pun juga membutuhkan branding yang baik. Berikut adalah inspirasi dari 7 city branding terbaik di seluruh dunia.

Kota mana yang ingin Anda kunjungi di dunia ini? Kalau Anda menjawab salah satu kota dengan yakin, maka itulah salah satu efek dari kegiatan promosi kota, atau yang biasa disebut sebagai City Branding. Beberapa kota di belahan berbagai negara bahkan sudah terkenal hingga kelas dunia, lho!

Baca Juga: Pengertian Brand Association dan Dampaknya Terhadap Bisnis Anda

7 Kota dengan City Branding Terbaik di Dunia

Berikut ini adalah beberapa kota dengan City Branding terbaik kelas dunia. Salah satunya berasal dari Indonesia.

1. NYC – New York City (US)

Sektor pariwisata merupakan fokus utama dari kota yang terkenal dengan singkatan ‘NYC’ ini. Selain bertujuan untuk membuat wisatawan mancanegara merasa kenyamanan sebagaimana penduduk lokal, kampanye dari Ibu Kota Negara Amerika Serikat ini juga bertujuan sebagai upaya promosi di lima wilayah, yaitu Manhattan, Queens, Staten Island, The Bronx, dan Brooklyn.

2. I Amsterdam (Belanda)

Ibukota Negara Belanda memanfaatkan nama kotanya sebagai cocoklogi untuk mencetuskan motto yang menimbulkan kesan bahwa ‘Aku adalah Amsterdam’. Kesan ini akan menimbulkan rasa aman untuk tinggal di kota ini.

Penguatan identitas ini sebenarnya dilatarbelakangi keinginan pemerintah setempat untuk memenangkan persaingan dari dalam dan luar negeri, dan menegaskan status Amsterdam sebagai pusat kebudayaan Internasional.

3. C(open)hagen (Denmark)

Masih dengan strategi potongan nama yang digunakan untuk membangun branding, Ibukota Negara Denmark ini identik dengan kata ‘OPEN’ yang di-highlight dari nama kota Copenhagen. Branding ini memberikan kesan bahwa Copenhagen adalah sebuah kota yang terbuka untuk siapa saja.

Selain itu, branding ini juga merupakan upaya pemerintah setempat untuk mempromosikan sektor investasi dan pariwisata di kota ini. Bahkan, kota ini juga dianggap sebagai kota yang memiliki desain yang ramah dan paling layak huni.

4. Dubai (Uni Emirat Arab)

Siapa yang tidak kenal dengan kota yang identik dengan kemegahan dunia ini? Kota ini memiliki label atau logo tulisan ‘Dubai’ yang dikombinasikan dengan huruf Arab, dan kita dapat dengan mudah menemukan logo ini di setiap sudut kota ataupun pada barang-barang souvenir khas dari kota ini.

Untuk menegaskan identitasnya sebagai kota cosmopolitan kelas dunia, dibentuklah sebuah lembaga yang disebut dengan World Trade Center Dubai. Tugasnya adalah untuk memastikan setiap pelaku di sektor seni dan budaya dari kota ini layak untuk dianggap sebagai standard kelas dunia.

5. Our Hongkong

Kota administratif yang diawasi oleh Tiongkok ini mulai meluncurkan branding-nya sejak tahun 2001. Berfokus di bidang bisnis, motto “Our Hongkong” yang mulai di-launching di tahun 2015 ini sukses memposisikan Hongkong sebagai salah satu pusat bisnis dunia.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan kelas Internasional yang membuka cabangnya di sana. Sehingga tak heran jika kota ini dijuluki sebagai ‘Asia’s World City’.

6. Be Berlin (Jeman)

Ibukota Negara Jerman ini memiliki motto ‘Be-Berlin, Be Divers’ yang didirikan sejak 2009. Branding ini berfokus pada sektor pengembangan ekonomi dan sebagai wadah apresiasi untuk para pegiat seni di Kota Berlin.

7. Jogja Istimewa (Indonesia)

Sudah pernah ke kota ini, belum? Banyak orang sepakat bahwa kota ini layak disebut sebagai ‘Kota Sejuta Kenangan’. Sejak diluncurkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono pada tahun 2015, kita patut berbangga bahwa program city branding dari kota Jogjakarta ini diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan di dunia! Motto “Jogja Istimewa’ yang diusung oleh Kota Gudeg ini dapat kita temui di kaos khas Jogja atau di merchandise khas dari kota ini.

Inspiratif sekali, bukan? Apakah kota Anda berpotensi untuk mengembangkan City Branding semacam ini? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Pentingnya Langkah Brand Management yang Baik dan Benar untuk Kesuksesan Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.