17 February 2021

Di era digital ini iklan online semakin marak digunakan oleh banyak usaha. Targetnya yang bisa lebih spesifik dan biayanya yang lebih murah dari iklan konvesional lah yang membuat trend ini naik.

Pernah menikmati video di Youtube kemudian ada video iklan seperti iklan di televisi? Iklan video yang tampil di Youtube ini disebut dengan iklan online. Iklan online kini banyak dilirik oleh pelaku bisnis, apapun bidang bisnis yang ditekuni. Jika Anda saat ini merintis bisnis atau mungkin sudah berjalan sekian bulan atau tahun. Maka tidak ada salahnya memahami pengertian iklan online dan kemudian mencobanya.

Baca juga: Media Pemasaran Online yang Harus Diketahui

Memahami Pengertian Iklan Online

Iklan online sesuai dengan bentuk kata memang merupakan salah satu cara memasarkan produk maupun jasa lewat internet melalui sejumlah media. Secara umum jenis media atau platform yang digunakan untuk memasang iklan online ini antara lain:

1. Sosial Media

Media yang pertama untuk memasang iklan online adalah sosial media, dan menjadi yang paling populer dan dikenal paling efektif. Mengingat jumlah pengguna sosial media ini sangat besar. Contohnya seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain.

2. Mesin Pencari

Media kedua untuk memasang iklan secara online adalah mesin pencari. Sehingga tidak perlu heran saat mengetikan kata kunci di kolom pencarian mesin pencari. Beberapa hasil rekomendasinya terdapat tanda “iklan”. Inilah yang dilakukan Google melalui fitur Google Ads.

3. Website

Website yang sudah terkenal atau yang jumlah pengunjungnya banyak dan stabil, biasanya dipilih untuk memasang iklan online. Bisa dalam bentuk banner yang diletakan di beberapa titik halaman website tersebut, bisa juga dalam bentuk video.

Alasan Iklan Online Terbilang Penting

Setelah memahami pengertian iklan online tentu perlu tahu juga kenapa metode pemasaran ini layak untuk dipilih. Jadi, beriklan secara online masuk ke dalam kategori digital marketing yang memiliki banyak keunggulan. Mulai dari efektivitas untuk mencapai target pasar, karena masyarakat dunia kini lebih aktif di internet. Selain itu dari segi biaya yang lebih murah, dan bisa diatur sesuai budget yang tersedia.

1. Berbagai Jenis Iklan Online

Melalui pemaparan mengenai pengertian iklan online di atas, juga akan diketahui berbagai jenis iklan online. Jenisnya sendiri memang cukup beragam, dan pebisnis tidak harus menggunakan semuanya melainkan beberapa saja untuk disesuaikan dengan karakter bisnis yang dimiliki. Saat ini jenis iklan secara online meliputi:

2. Kampanye Mesin Pencari

Jenis iklan online yang pertama adalah kampanye mesin pencari, seperti yang disebutkan di awal seperti Google Ads. Jadi skemanya adalah memasang iklan lewat kata kunci. Setiap kata kunci yang dicari orang akan mempromosikan website yang diiklankan. Biaya iklannya bisa dari jumlah klik, jumlah view, dan lain-lain.

3. Kampanye Sosial Media

Memahami pengertian iklan online dijamin paham juga mengenai kelebihannya, dan disini ada banyak jenis iklan online potensial. Selain kampanye mesin pencari juga ada kampanye sosial media. Iklan ini berbayar, yakni dengan menaikan postingan di akun bisnis sosial media agar diperlihatkan ke akun lain di sosial media tersebut.

4. Email Marketing

Jenis ketiga adalah email marketing, pernahkah mendengar istilah email blast? Teknik ini adalah teknik email marketing, yakni mengirimkan email berisi konten penawaran, promo, pengenalan produk dan jasa baru, dan lain-lain ke alamat email dari target pasar.

5. Video Marketing

Jenis berikutnya adalah vidio marketing, sesuai namanya merupakan jenis iklan online yang mengandalkan video kreatif. Jenis satu ini merupakan jenis yang diklaim paling efektif karena menampilkan konten produk maupun jasa secara audiovisual.

Setelah mengetahui detail mengenai pengertian iklan online dan juga jenis-jenisnya, apakah Anda mulai tertarik untuk mencobanya? Silahkan dimulai dari media iklan online yang paling mudah dan paling murah. Bisa juga disesuaikan target pasar, misalnya jika target pasar cenderung ke anak muda maka beriklan di sosial media jelas lebih efektif dibanding email marketing.

Baca juga: Pengaturan Penulisan Iklan untuk Google Ads

Mau mulai melakukan iklan online? Profesional di Dreambox siap membantu Anda membuat iklan yang tepat untuk usaha Anda. Hubungi kami disini