Cara Membuat Desain Logo Online yang Menarik

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Buat Logo Online

Membuat logo kini semakin mudah dan efisien dengan kehadiran teknologi buat logo online. Meskipun banyaknya pembuat logo AI yang tersedia, penting untuk memahami langkah-langkah, struktur, jenis logo, dan alat AI terbaik. Supaya tools ini dapat membantu Anda menciptakan desain yang optimal sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebab, logo menjadi identitas penting bagi sebuah bisnis, brand, atau produk. Logo yang menarik dan mudah diingat dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun citra positif di mata konsumen.

Cara Buat Logo Online yang Baik, Efektif, dan Cepat

Kini membuat logo tidak lagi harus melalui proses yang rumit dan mahal. Dengan bantuan logo maker online, Anda dapat membuat logo yang menarik dan profesional dengan mudah, cepat, dan hemat biaya.

Berikut adalah cara membuat desain logo online yang baik, efektif, dan cepat:

Anda dapat memulai dengan menggunakan generator logo atau AI buat logo online. Platform seperti Canva, Looka, atau Designhill menawarkan berbagai template dan alat untuk membuat logo dengan cepat dan mudah.

2. Penyesuaian Logo Melalui Web/App Desain Non-AI

Setelah Anda memiliki dasar logo dari pembuat logo online, Anda dapat melakukan penyesuaian lebih lanjut menggunakan aplikasi atau situs web desain non-AI seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan logo sesuai dengan citra bisnis, merek, atau produk Anda dengan lebih detail.

3. Pertimbangkan Orisinalitas

Pastikan desain logo Anda orisinal dan membedakan dari yang lain. Hindari menggunakan template atau elemen yang terlalu umum atau mudah dikenali oleh banyak merek lain. Sebab jika logo Anda sama dengan merek lain, maka nantinya akan berurusan dengan plagiarisme yang mencatut juga hak merek.

Ketentuan Logo yang Baik

Sebuah logo dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa kriteria berikut. Jadi sebelum buat logo online, pelajari ketentuan logo yang baik ya!

1. Simpel dan Memorable

Logo harus mudah diingat dan mudah dikenali oleh audiens. Hindari terlalu banyak menambahkan detail atau teks yang rumit. Sehingga masyarakat atau pelanggan bisa membaca dan mengenali logo dengan mudah.

2. Relevan dengan Bisnis

Penting untuk membuat logo yang relevan dalam bisnis Anda. Logo harus mencerminkan identitas dan nilai dari bisnis atau merek Anda. Pastikan logo Anda sesuai dengan industri dan target pasar Anda.

3. Fleksibel dan Scalable

Logo harus dapat digunakan di berbagai media dan ukuran tanpa kehilangan kualitas atau identitasnya. Untuk itu, logo harus fleksibel dan juga mampu menyesuaikan dengan skala gambar yang ada.

4. Memiliki Makna

Tidak hanya sekadar indah, tapi logo juga harus memiliki makna. Baik itu dengan brand maupun dengan produk Anda. Bahkan satu persatu komponen logo memiliki arti yang filosofis bagi sebuah bisnis.

5. Menarik

Terakhir, tentu saja harus menarik. Logo yang baik harus menarik perhatian dan membuat orang ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

Contoh Logo untuk Referensi Anda

Ada banyak sekali logo di dunia ini. Sebab saat ini hampir setiap usaha sudah memiliki logo. Salah satu logo yang pasti Anda tahu adalah milik Apple. Logo Apple, dengan ikon apel yang digigit berwarna-warni, merupakan salah satu logo paling ikonik dan mudah dikenali di dunia. Logo ini telah mengalami evolusi yang menarik selama bertahun-tahun, mencerminkan perjalanan perusahaan dan nilai-nilainya.

Logo apel tergigit ini sebenarnya memiliki banyak interpretasi dari masyarakat. Satu contohnya karena penemuan Isaac Newton soal teori gravitasi. Namun ternyata interpretasi itu tidak benar.

Apple tergigit mencerminkan ada skala di sana. Hal ini untuk menjelaskan pada orang-orang jika logo tersebut memang melambangkan apel, bukan buah ceri. Selain itu apel adalah buah yang dianggap universal. 

Sedikitnya ada empat kali perubahan logo pada Apple. Sampai pada 2020 lalu Apple memperkenalkan logo baru yang saat ini Anda kenal. Hal ini untuk membuatnya jadi lebih minimalis.

Rekomendasi AI untuk Desain Logo Online

Memilih AI pembuat logo yang tepat dapat membantu Anda buat logo online yang menarik dan profesional dengan mudah, cepat, dan hemat biaya. Berikut adalah beberapa rekomendasi AI untuk desain logo online, diurutkan dari yang gratis dan mudah digunakan hingga premium tools:

1. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang populer dengan berbagai fitur, termasuk AI pembuat logo. Aplikasi ini mudah digunakan dan menawarkan berbagai pilihan template dan ikon.

Anda bisa buat logo online gratis hingga berlangganan. Fitur yang lebih canggih memerlukan langganan berbayar. Meski begitu, Canva ini cocok untuk pemula.

2. Tailor Brands

Tailor Brands adalah AI pembuat logo yang terkenal dengan kecepatan dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini dapat menghasilkan logo dalam hitungan menit.

Sayangnya, Tailor Brands masih kurang fleksibel saat menyesuaikan logo. Pilihan templatenya juga lebih sedikit dibandingkan Canva.

3. Looka

Looka adalah AI pembuat logo yang menawarkan berbagai fitur canggih, termasuk kemampuan untuk membuat logo kustom dari awal. Looka juga menyediakan layanan desain logo profesional.

Meski demikian, versi gratis memiliki fitur yang terbatas. Sementara untuk Harga layanan desain logo profesional masih tergolong mahal.

4. Wix Logo Maker

Berikutnya adalah AI pembuat logo yang terintegrasi dengan platform website Wix. Wix Logo Maker mudah digunakan dan menawarkan berbagai pilihan template dan ikon.

Hanya saja, aplikasi ini masih kurang fleksibel dalam penyesuaian logo/ Selain itu, AI ini hanya tersedia untuk pengguna Wix.

5. Designhill

Terakhir adalah platform crowdsourcing desain logo di mana Anda dapat bekerja sama dengan desainer grafis profesional untuk membuat logo Anda. Designhill menawarkan berbagai paket harga dengan berbagai tingkat layanan.

Meski demikian, AI ini membutuhkan proses lebih lama dari aplikasi lain. Harganya juga bisa lebih mahal dibandingkan AI pembuat logo. Lebih jelasnya, Anda bisa baca cara membuat desain logo yang menarik di sini.

Membuat Logo Sendiri vs. Menyewa Desainer

Meskipun buat logo online sendiri menjadi lebih mudah dan hemat, namun langkah-langkah membuat logo juga masih cukup rumit. Sehingga, menyewa desainer grafis profesional masih jadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan desain yang lebih berkualitas dan unik. 

Menyewa desainer dapat memberikan Anda hasil yang lebih sesuai dengan visi merek Anda. Selain itu, desainer juga akan membantu memastikan bahwa logo Anda berbeda dari merek lain.

Menurut data, jasa pembuatan logo semakin murah dengan kehadiran AI. Namun demikian, tingkat kesamaan antar bisnis juga semakin banyak. 

Anda bisa menyiapkan budget buat logo online  mulai dari RP120.000 hingga jutaan rupiah. Hal ini tergantung pada kompleksitas desain, pengalaman desainer, dan reputasi agensi.

Ciptakan Logo yang Tepat bersama Dreambox

Cara membuat logo tidaklah mudah, namun Anda dapat memperoleh logo terbaik dengan bantuan desainer Dreambox. Kami siap membantu Anda menciptakan desain yang sesuai dengan visi dan identitas merek Anda. 

Buat logo online sendiri sudah bisa Anda tinggalkan sekarang. Anda cukup mengunjungi halaman layanan Dreambox. Anda bebas untuk melakukan konsultasi sebelum membuat logo. Informasi lebih lanjut, hubungi kami dan akses laman layanan branding!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms