04 October 2019

“Membuat brand itu mudah, tapi membangun brand agar mudah dikenali hingga menetap di hati masyarakat sangatlah sulit.”

Hal ini karena brand yang terkenal adalah aset tidak berwujud yang perusahaan miliki. Sesulit apapun membangun brand, sebagai pebisnis Anda harus tetap melakukan itu. Karena kelangsungan hidup usaha Anda tergantung dari brand yang dimiliki. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun sebuah brand yang mudah dikenali.

Baca Juga: Ketahui 4 Tingkatan Dalam Brand Awareness!

1. Menentukan Target Audience

Perlu diingat bahwa Anda tidak akan pernah bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Maka dari itu, Anda harus bisa menentukan audience atau konsumen mana yang akan menjadi pangsa pasar bagi produk Anda.

Setelah menentukan target pemasaran, cari tahu gaya hidup target audience Anda. Lalu ciptakan identitas brand yang sesuai dengan gaya hidup mereka, sehingga mereka akan merasa memiliki brand yang Anda ciptakan.

2. Tentukan Misi Brand

Dengan menentukan misi brand yang jelas, Anda akan bisa membawa ke mana brand tersebut bisa bersaing di pasaran. Mulailah meletakkan misi tersebut pada audience yang kecil hingga akhirnya mampu meluas membentuk sebuah pasar yang lebih banyak lagi. Jika mungkin Anda masih bingung untuk masalah ini, Anda bisa berkonsultasi pada brand consultant yang Anda miliki.

3. Teliti Brand Pesaing

Meneliti brand pesaing bukan berarti Anda meniru apa yang telah mereka lakukan. Anda hanya perlu melihat dimana sisi keberhasilan atau kegagalan mereka untuk menciptakan spesifikasi produk yang bisa meyakinkan konsumen untuk tetap memilih produk Anda. Hal ini cukup penting mengingat salah satu tujuan membangun brand adalah sebagai upaya untuk memenangkan persaingan.

4. Pahami Keunikan Brand Yang Anda Miliki

Tetap fokuskan pada kualitas yang membuat produk Anda terlihat unik. Keunikan dari produk Anda inilah yang nantinya akan digunakan untuk membangun sebuah brand yang dapat meyakinkan konsumen untuk tetap memilih brand Anda dibandingkan dengan brand lainya.

5. Buatlah Logo Dan Slogan Yang Menakjubkan

Jangan sepelekan logo atau slogan, karena logo adalah salah satu identitas perusahaan Anda yang nantinya akan sering muncul dan dikenali di banyak tempat. Hanya dengan melihat logo atau membaca slogan, khalayak akan tahu bahwa produk Anda ada di sekitar mereka. Anda juga bisa berkonsultasi dengan brand consultant untuk menciptakan sebuah logo dan brand yang menakjubkan di hati para pelanggan.

6. Bentuklah Persepsi Untuk Brand Bisnis

Anda bisa menciptakan sebuah persepsi dari misi perusahaan serta target audience yang ada. Persepsi ini juga bisa didapat dengan cara berkomunikasi dengan audience serta bagaimana tanggapan audience terhadap bisnis Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun sebuah brand. Untuk bisa melakukan semua hal di atas dengan baik, Anda perlu berkonsultasi dengan brand consultant profesional dan berpengalaman seperti Dreambox Branding Agency.

Baca Juga: Ini Dia Tahapan Proses Branding Yang Dilakukan Oleh Branding Consultant

Jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan kami, silahkan hubungi kami disini.