06 July 2021

Creative agency merupakan sebuah jasa yang membantu memberikan dampak terhadap suatu bisnis.

Melalui jasa dari creative agency, sebuah merek bisnis dapat dikenal luas oleh masyarakat. Sehingga bisnis bisa berkembang ke arah lebih baik. Jasa tersebut melakukan desain atau branding merek dengan cara lebih profesional daripada orang awam. Apabila sebuah bisnis tidak mempunyai tim khusus yang menangani branding, bisa menyerahkannya pada agensi kreatif. Kegiatan agensi kreatif tidak hanya meliputi desain logo. Tetapi juga pemasaran dengan memakai desain kreatif. Sehingga banyak orang tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk bisa meningkatkan pengaruh merek bisnis di pasaran, perlu memilih agensi kreatif yang tepat. Selain itu, juga perlu memperhatikan hal-hal penting sebelum memilih agensi tersebut. Tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Baca Juga: 7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat

Mengenal Apa Itu Creative Agency

Saat ini, desain telah menjadi media iklan yang efektif untuk menarik minat konsumen. Mulai dari logo kuat hingga warna mencolok. Strategi iklan melalui desain saat ini tidak harus dilakukan oleh bisnis itu sendiri. Saat ini mulai bermunculan agensi kreatif untuk menangani iklan semacam itu. Agensi tersebut merupakan layanan yang berfokus pada desain dalam pelaksanaan marketing. Jasa ini menghadirkan desain produk yang menarik secara visual. Produk dari layanan tersebut meliputi logo, kartu nama, sampai konsep branding secara keseluruhan. Tidak hanya sekedar membuat desain saja. Tetapi juga untuk mendukung upaya branding dan marketing. Dalam pelaksanaannya, agensi ini lebih memfokuskan diri pada pembuatan desain dibanding strategi pemasaran. Namun, bukan berarti tidak ada perencanaan marketing sama sekali. Justru mereka membuat desain menarik sebagai bahan marketing.

Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Memilih Creative Agency

Desain iklan bisnis dapat direncanakan dengan baik oleh agensi kreatif. Iklan yang bersifat visual saat ini juga lebih mudah membuat orang tergiur untuk melakukan pembelian produk. Namun, tidak semua agensi bisa melakukannya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Strategi

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih agensi kreatif. Pertama adalah mengenai strategi. Setiap agensi pasti mempunyai strategi pemasaran berbeda-beda. Anda perlu mengenali strategi yang diterapkan oleh mereka. Strategi ini dibangun berdasarkan hasil analisa pasar. Tidak hanya berasal dari teori pemasaran semata. Melalui analisa, dapat dilakukan strategi branding kuat dan pemasaran tepat sasaran.

2. Komunikasi

Hal kedua yang wajib diperhatikan adalah komunikasi. Dalam sebuah kerja sama tentu dibutuhkan komunikasi yang baik. Klien harus mampu mengutarakan keinginan dengan jelas dan masuk akal. Pihak agensi harus mampu memahami klien dan memberikan penawaran tepat. Penawaran tersebut juga harus berorientasi pada klien, tidak semata-mata didasarkan pada teori desain.

3. Analisa

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah analisa. Jasa agensi kreatif harus mampu melakukan analisa. Banyak analisa yang perlu mereka lakukan sebelum membuat strategi pemasaran. Selain itu, juga harus dikuasai cara membuat laporan analisa. Klien bisa memahami hasil analisa yang dilakukan oleh agensi tersebut. Hal keempat yang wajib diperhatikan adalah portofolio. Dari portofolio, Anda bisa menilai seberapa kreatif jasa tersebut dalam melaksanakan tugasnya. Dari penilaian terhadap portofolio, Anda bisa memutuskan untuk memulai kerja sama dengan mereka atau tidak. Apabila portofolio bagus, tentu kerja sama bisa dilaksanakan dengan nyaman. Namun jika portofolio berantakan, lebih baik mencari yang lain.

4. Memilih Agensi yang Kreatif

Untuk bisa meningkatkan bisnis, bisa mencoba agensi kreatif. Agensi yang mampu memberikan berbagai layanan dalam bidang pemasaran kreatif, mulai dari packaging design, visual research & analysis hingga brand identity. Menyusun strategi pemasaran melalui desain bisa dilakukan oleh agensi.

Baca Juga: 7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat

Sebuah bisnis tidak melakukan semua hal secara mandiri. Melihat strategi, kemampuan komunikasi, analisa dan portofolio merupakan kriteria untuk menemukan creative agency terbaik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!