Sebutkan Keunggulan Iklan di Internet : Ini 5 Manfaatnya!

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
kelebihan-iklan-online-dreambox

Kegiatan pemasaran memang sangat penting untuk dilakukan oleh semua perusahaan tanpa terkecuali. Sebab melalui kegiatan inilah, perputaran roda bisnis bisa dipastikan berjalan karena akan selalu menemukan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen lama. Ada banyak cara melakukan kegiatan pemasaran, salah satunya lewat media online. Namun, sudahkan Anda tahu apa saja keunggulan iklan online dibanding iklan konvensional?

Keunggulan Iklan Online yang Membuatnya Digandrungi

Jauh sebelum internet berkembang dan menjadi ladang bagi pebisnis untuk mendulang uang. Pelaku bisnis menjalankan pemasaran secara konvensional alias pemasaran offline. Meliputi pembagian brosur di kampus-kampus maupun lampu merah, memasang iklan baris di surat kabar, dan sebagainya. Jika dulu pemasaran konvensional menjadi satu-satunya cara untuk melakukan branding dan  menggaet minat masyarakat. Maka saat ini sudah banyak yang mencoba beralih atau mengkombinasikannya dengan pemasaran online. Alasannya tentu saja karena berbagai keunggulan iklan online tersebut. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Menghapus Sekat-Sekat Geografis 

Keunggulan pertama dari layanan iklan online adalah tidak mengenal batasan geografis sehingga sekat-sekat geografis menjadi samar bahkan hilang sama sekali. Melalui iklan online inilah para pebisnis bisa melebarkan sayap pemasarannya. Tidak hanya menjual produk ke orang-orang terdekat atau dalam satu kota, melainkan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. 

Dalam iklan di internat, Anda dapat menentukan target pasar Anda dengan mudah, berdasarkan informasi yang terperinci mengenai audiens di internet. Misalnya, usia, jenis kelamin, minat, dan pendidikan. Google dan media sosial dapat memberitahukan audiens yang ditargetkan dari profil dan riwayat pencariannya. Dengan target audiens yang jelas, Anda akan lebih fokus dalam beriklan.

2. Biaya Lebih Realistis

Memasang iklan di internet seperti marketplace, Google, Facebook, dan lain-lain, memiliki keuntungan  dari segi biaya terbilang lebih murah, karena Anda bisa menyesuaikan budget iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda hanya perlu menyesuaikan biaya per klik atau per view agar sesuai dengan anggaran. Melalui keunggulan iklan online tersebut maka semua pelaku bisnis bisa mengandalkannya, termasuk untuk bisnis skala kecil. Berbeda dengan iklan konvensional, misalnya memasang iklan di koran maka biayanya besar. Selama iklan online belum dikenal, hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu menembus iklan di surat kabar apalagi televisi.

3. Bisa Terhubung 24 Jam Penuh

Dahulu, dengan iklan konvensional seorang pebisnis butuh tenaga dan waktu ekstra untuk bisa melakukan pemasaran. Sebab terbentur masalah waktu yang terbatas, misalnya harus mengatur jadwal pertemuan dengan calon pelanggan. Jika beriklan dengan brosur, maka hanya bisa membagikannya di pagi sampai sore hari. Memasang iklan dalam bentuk papan iklan atau yang lainnya, maka hanya akan dilihat pelanggan potensial di jam-jam mereka lewat di lokasi papan dipasang. Bagaimana dengan iklan online? Semua batasan waktu tersebut hilang seketika, karena salah satu keunggulan iklan online adalah bisa tayang dan diakses pelanggan potensial selama 24 jam penuh.

4. Lebih Terukur

Keunggulan berikutnya adalah iklan online lebih terukur, datanya akurat dan bisa memudahkan pebisnis mengambil langkah selanjutnya. Salah satunya dengan melakukan pemasaran secara organik di Instagram. Maka bisa mengecek postingan seperti apa yang paling banyak dilihat, diberi like, memancing komentar dan DM, dan lain-lain.

Jika memasang iklan lewat Google Ads, maka bisa mengandalkan laporan kinerja iklan di Google Analytic. Semua strategi pemasaran online bisa dilacak yang membantu menentukan apakah iklan diteruskan atau dihentikan. Anda dapat mengukur keberhasilan iklan yang Anda tampilkan. Media sosial dan platform online lainnya dilengkapi dengan fitur analitik yang memungkinkan Anda untuk mengetahui kampanye mana yang berhasil atau tidak. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi dan menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan Anda.

Tentu saja hal ini lebih efektif jika dibandigkan dengan iklan konvensional, papan baliho yang dipasang tentu tidak bisa diketahui berapa jumlah orang yang sudah melihatnya. 

5. Menentukan Target Lebih Mudah

Memasang iklan online memudahkan pebisnis untuk menentukan target iklan tersebut. Sehingga iklan hanya akan dilihat oleh mereka yang memenuhi kriteria seperti yang Anda inginkan. Misalnya saja beriklan di Google Ads, maka bisa mengatur agar iklan hanya tampil di satu kota atau lebih. Sehingga iklan dilihat oleh pelanggan potensial sehingga lebih efektif. 

Keunggulan di atas tentu membuat pemasaran atau iklan online lebih diminati, apalagi untuk pelaku bisnis skala kecil. Silahkan mempertimbangkan keunggulan iklan online tersebut sehingga bisa menerapkannya dengan optimisme yang tinggi.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms