Bagaimana Cara Menggunakan FB Ads Secara Lebih Optimal?

Digital Marketing

Pelajari 4 Cara mudah menggunakan FB Ads

Sebab memasarkan produk di media sosial atau medsos khususnya Facebook tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Anda tidak bisa asal melakukannya, sebab jika dilakukan tanpa strategi tepat maka hasilnya akan percuma. Meskipun posting setiap hari, iklan tetap tidak bisa dimaksimalkan untuk mendatangkan pembeli.

Salah satu alasannya karena iklan tersebut tidak sampai ke audiens yang tepat. Sebagai contoh, Anda menjual baju bayi tapi yang melihat iklannya adalah anak remaja, pastinya tidak akan tertarik untuk membeli.

Agar iklan di FB bisa sampai ke target pasarnya dan menghasilkan penjualan, Anda perlu menggunakan FB Ads. Kali ini, kami akan berikan informasi terkait hal tersebut mulai dari keuntungan, cara beriklan, hingga pengoptimalannya.

Baca Juga: Menentukan Anggaran Serta Digital Marketing Tips untuk Bisnis Anda

Mengenal Keuntungan FB Ads

Cara menggunakan FB ads adalah pengetahuan penting bagi setiap pelaku usaha. Namun, pertama-tama penting untuk Anda lakukan adalah mengetahui apa tools yang hendak digunakan serta manfaatnya.

FB Ads merupakan layanan yang diberikan media sosial Facebook kepada pengguna untuk beriklan di platform mereka dengan membayar biaya tertentu. Bagi pengguna bisa memilih layanan, durasi, dan lama layanan. Apabila Anda menggunakan jenis layanan ini, maka keuntungannya adalah:

1. Budget Bisa Diatur Sesuai Kemampuan

Dalam beriklan biaya atau budget merupakan hal penting, bahkan di segala aspek usaha masalah keuangan ini merupakan hal paling penting. FB Ads menawarkan layanan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan penggunanya.

Kamu bisa memilih paket layanan sesuai kemampuan bisnis. Tidak diperlukan biaya besar untuk jenis iklan digital ini, mulai dari ratusan ribu saja sudah bisa beriklan. Jauh lebih murah dibandingkan menggunakan iklan konvensional.

2. Penargetan Pasar Efektif

Cara menggunakan FB ads begitu simpel, tapi dampaknya bisa sangat besar bagi bisnis Anda. Salah satu alasannya karena tools ini membantu promosi agar bisa dipasarkan sesuai target.

Misalnya, disesuaikan dengan data usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, ketertarikan, dan berbagai hal lainnya sehingga ketika pemasaran dilakukan hasilnya akan maksimal sebab langsung ke target pasarnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Jangkauan pasar Anda juga akan menjadi lebih luas, bukan hanya di dalam kota, tapi juga luar kota bahkan luar negeri. Mencapai berbagai lokasi di seluruh dunia sangat mudah dilakukan dan hanya dibutuhkan waktu singkat.

4. Adanya Analisa Lanjutan

Saat mempelajari cara menggunakan FB ads, Anda akan diperlihatkan satu keunggulan lagi, yaitu terdapat analisa lanjutan atas keberhasilan dari kampanye iklan.

Patut diketahui bahwa tidak semua iklan dapat berhasil membuat audiens membeli. Terkadang kampanye yang dilakukan bisa saja gagal. Oleh sebab itu, FB Ads menyediakan layanan analisa lanjutan agar diketahui efektivitas iklan.

Dengan diketahui efektivitasnya dapat diambil kesimpulan apakah kampanye diteruskan atau sudah saatnya menyiapkan yang baru.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan berikutnya adalah membantu branding merek ataupun produk Anda. Dalam digital marketing brand awareness atau kesadaran merek merupakan hal penting. Kampanye di FB ads bisa menjadi salah satu cara tingkatkan hal tersebut.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

Banyak pebisnis yang mengalami kesulitan dalam melakukan kampanye di FB Ads karena belum pernah mencoba. Kemudian meminta jasa pihak ketiga untuk membantu.

Pilihan ini tidak salah karena pihak penyedia jasa terpercaya memang bisa melakukannya dengan baik. Namun, apabila Anda tertarik untuk mencoba melakukannya sendiri, bisa coba lakukan dengan 4 langkah berikut:

1. Buat Halaman Facebook

Jika Anda sudah memiliki akun facebook yang digunakan sebagai akun official bisnis, maka selanjutnya adalah membuat halaman khusus untuk bisnis. Namun, jika belum buatlah akun official itu dulu.

Apabila sudah ada akunnya selanjutnya adalah membuat halaman khusus bisnis. Simpel saja, cukup masuk ke Menu Halaman dan buat halaman baru, pilih yang sesuai dengan bisnis Anda.

Pilih Bisnis atau Merek, lalu masukkan keterangan yang dibutuhkan, mulai dari nama halaman, kategori, alamat, dan lainnya. Masukkan data selengkap mungkin sehingga mudah bagi audiens untuk mencari tahu mengenai bisnis Anda.

2. Masuk ke Laman Facebook Ads

Selanjutnya adalah masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Anda akan diminta login ke akun yang akan digunakan mengelola iklan, jadi pastikan menggunakan akun bisnis yang sudah dibuat tadi.

Cukup simpel cara menggunakan FB ads asalkan sudah punya akun FB dari awal. Jadi, buatlah dulu akunnya dan masukkan data yang diperlukan sehingga siap digunakan untuk membuat kampanye iklan.

3. Buat dan Tentukan Kampanye

Ada 3 alur dasar yang harus dipraktikkan saat membuat iklan, yaitu memulai kampanye, ad set, dan ad. Dimulai dengan membuat kampanye/campaign, yakni memilih tujuan yang spesifik.

Sebagai contoh memilih drive website traffic, yaitu menuntun orang-orang agar mengunjungi website Anda. Dalam satu campaign bisa memuat satu atau beberapa ad sets.

Lanjut cara menggunakan FB ads berikutnya, yakni mengisi ad sets. Beri nama set iklan, kemudian pilih tempat yang ingin dinaikkan trafficnya. Pilihannya bisa situs web, aplikasi, messenger atau whatsApp.

Kemudian tentukan jumlah anggaran (bisa harian atau sepanjang masa promosi), lalu set tanggal di mulai dan berakhir. Lalu set target audiens bisa berdasarkan lokasi, jenis kelamin, demografi, ketertarikan, maupun kebiasaan.

Langkah berikutnya adalah penyiapan ads atau iklan. Pilih identitas halaman, siapkan forman diinginkan, lalu masukkan materi iklan Anda. Pengaturan untuk kampanye hingga ads sudah selesai.

4. Lakukan Pembayaran

Agar kampanye bisa mulai ditayangkan, maka harus melakukan cara menggunakan FB ads terakhir, yaitu pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu debit maupun kredit atau pilihan jenis layanan pembayaran lainnya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Jenis Digital Campaign

Cara Mengoptimalkan FB Ads

Pada dasarnya, menggunakan FB Ads butuh proses, tidak bisa langsung jadi dan sukses. Di sini Anda harus mau berproses sehingga bisa memaksimalkan penjualan produk. Ingin biaya promosi mendapatkan hasil maksimal, maka haru menambahkan langkah-langkah ini:

1. Masukkan Facebook Video Ads

Saat ini audiens lebih tertarik melihat iklan dengan visual video menarik sehingga Anda harus kreatif dalam membuat kampanye. Jangan ragu untuk mengikuti apa yang sedang menjadi tren.

2. Manfaatkan Iklan Multi Produk

Lanjutkan memaksimalkan dengan berbagai macam fitur yang disediakan, salah satunya dengan menggunakan fitur iklan multi produk. Fitur ini memungkinkan pengguna menampilkan beberapa produk dalam satu kali kampanye.

3. Maksimalkan Facebook Offer

Cara menggunakan FB ads yang maksimal adalah memanfaatkan penawaran seperti diskon atau potongan harga. Ini merupakan cara kampanye yang paling disukai konsumen.

4. Gunakan Fitur CTA

Apa itu CTA? Yaitu sebuah tindakan untuk menarik konsumen untuk melakukan pembelian. CTA atau call to action biasanya dilakukan secara personal sehingga konsumen merasa lebih diprioritaskan.

5. Retargeting Ads

Apa maksudnya ini? Singkatnya, setelah audiens masuk ke laman website Anda kemudian login ke facebook, maka secara otomatis akan muncul iklan dari website yang pernah dikunjungi. Cara ini sekarang banyak sekali dimanfaatkan penjual, terutama perusahaan dengan brand besar. Sebagai contoh apa yang dilakukan Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Tidak jarang Anda menemukan iklan mereka di laman FB bukan?

6. Gunakan Latar Putih

Kenapa putih? Bukan sebab diwajibkan dari platform, tapi terkait dengan teknis konten yang dibuat. Warna putih dapat lebih menarik perhatian audiens dan memicu banyak klik.

Jadi, bukan hanya cara menggunakan FB ads yang penting, pengetahuan seperti ini juga layak diketahui agar bisa memaksimalkan iklan dan mendapatkan lebih banyak klik. Kesederhanaan warna putih dapat membuat objek dalam iklan lebih mudah dilihat dan menjadi fokus audiens. Jadi, sebaiknya hindari pembuatan konten dengan latar terlalu banyak warna atau terlalu terang.

7. Lookaline Audience

Lookaline audience merupakan fitur layanan terbaru dan patut dicoba, sebab sistem kerjanya sangat menguntungkan para pebisnis. Simpelnya, fitur ini akan membuat cara menggunakan FB ads menjadi lebih menguntungkan.

Sebab akan membuat target audience terbaru mengandalkan kesamaan karakter dengan audience lama. Jadi, audiens baru yang ditargetkan bisa memiliki kesamaan 50% dengan audiens lama. Baik dari segi kebiasaan, hobi, usia, dan lainnya.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Digital Marketing untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Anda

Dari paparan di atas, Anda dapat melihat bahwa keuntungan penggunaan iklan maupun kampanye digital dalam bisnis sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan menjadi salah satu yang sangat penting jika ingin menjual produk. Dengan mempelajari cara menggunakan FB ads, Anda akan memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri sehingga dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih berkembang lagi. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.