Ketahui Manfaat dan Jenis Digital Campaign

Digital Marketing

Apakah Anda sudah mengetahui jenis digital campaign?

Campaign digital ialah strategi pemasaran usaha yang cukup populer beberapa tahun terakhir. Bagi masyarakat awam mungkin belum akrab dengan istilah tersebut meskipun sering melihatnya dalam media digital.

Sementara bagi tim marketing perusahaan, pasti sudah paham dengan strategi ini. Apalagi sejak meningkatnya penggunaan gadget dan jaringan internet di masyarakat, mulai banyak perusahaan yang menerapkannya.

Bukan hanya perusahaan besar yang mencoba menerapkan strategi ini. Namun juga beragam perusahaan kecil. Sebab, cara tersebut tergolong lebih murah untuk diaplikasikan dalam bisnis.

Baca Juga: Berbagai Layanan yang Ditawarkan Digital Marketing Services

Mengenal Arti dari Campaign Digital

Secara umum, campaign dilakukan dengan tujuan untuk mendorong penjualan produk maupun jasa dari sebuah perusahaan.  Campaign digital dilaksanakan dengan memanfaatkan media online. Trend baru ini juga mendorong kemunculan beragam pembelajaran mengenai digital marketing. Sehingga semakin banyak tenaga kerja yang terampil di bidang ini.

Strategi ini dijalankan oleh pemilik bisnis dengan meningkatkan brand awareness terhadap perusahaaan dan produk melalui ranah online. Dalam cara konvensional, brosur dan katalog umumnya hanya berbentuk selebaran atau buku. Sedangkan dalam campaign digital diterbitkan ke media sosial, website hingga mengirimnya ke konsumen melalui email.

Media online membuat perusahaan bisa lebih dekat dengan konsumen dari berbagai tempat.  Campaign digital bukan satu-satunya strategi marketing yang diterapkan oleh perusahaan. Melainkan hanya sebagian kecil. Terkadang diterapkan dalam momen tertentu misalnya saja event menyambut hari raya, cuci gudang akhir tahun, dan lain sebagainya.

Sebelum menerapkan kampanye ini, umumnya perusahaan akan menetapkan tujuan terlebih dahulu. Tujuan ini bisa berupa mempromosikan produk atau jasa baru. Dapat juga untuk menaikkan brand awareness. Tujuan juga boleh berkaitan dengan peningkatan feedback dari konsumen, menaikkan pendapatan, menaikkan engagement, mengumpulkan User Generated Content. Bahkan juga dapat untuk mengiklankan event yang akan datang.

Mirip dengan strategi lainnya, campaign digital juga perlu menetapkan target audiens. Pesan yang hendak disampaikan tentu akan berbeda berdasarkan target audiens. Misalnya saja pengguna Twitter dan TikTok yang mempunyai karakteristik berbeda.

Ketika Anda sudah merumuskan tujuan dan menetapkan target audiens, maka akan lebih mudah dalam membuat konsep kampanye digital. Sebenarnya tidak harus mengandalkan tim marketing ini terutama jika perusahaan Anda masih kecil.

Anda bisa mengandalkan agensi khusus yang menyediakan jasa dalam bidang ini. Sekarang ini sudah banyak agensi yang mampu menghadirkan pemasaran digital secara profesional dan mampu memikat konsumen.

Baca Juga: Strategi Digital Branding yang Membuat Bisnis Anda Lebih Mudah Diingat

Menyimak Ragam Manfaat Campaign Digital

Kampanye digital mampu menarik perhatian calon konsumen, menarik rasa penasaran, memunculkan keinginan akan produk atau jasa tertentu. Sampai akhirnya akan melakukan pembelian produk maupun jasa. Di samping itu masih ada beragam manfaat lainnya.

1. Brand Populer

Strategi kampanye yang sukses akan membuat brand suatu bisnis menjadi populer di kalangan masyarakat. Pasti Anda juga hapal ketika ada sesuatu viral di platform online seperti media sosial, bisa populer sampai ke seluruh Indonesia.

Anda bisa memanfaatkan fenomena semacam itu dalam bisnis. Ketika brand Anda populer, maka akan ada calon konsumen besar dari beragam daerah di tanah air. Hal ini begitu menguntungkan bagi bisnis.

2. Menaikkan Brand Awareness

Manfaat pertama campaign digital ialah mampu menaikkan brand awareness. Naiknya brand awareness membuat masyarakat lebih mudah dan cepat dalam mengenali suatu merek bisnis.

Hal ini akan menambah konsumen baru dalam masyarakat yang mana siap untuk membeli atau memakai jasa bisnis Anda. Kemudian, penjualan akan turut naik yang mana membuat laba juga bertambah besar.

3. Peluang dan Kesempatan Baru

Ketika brand awareness sudah tinggi, maka peluang dan kesempatan baru akan terbuka lebar. Untuk mencapai manfaat ini, Anda perlu menerapkan campaign digital yang tepat, bisa melalui platform seperti media sosial perusahaan.

4. Menaikkan Penjualan

Ketika banyak orang yang telah mengenal merek Anda, maka mau tidak mau Anda juga harus meningkatkan kualitas penjualan. Misalnya saja dengan merambah inovasi dalam bidang teknologi.

Hal ini akan meningkatkan kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi. Selain itu, pencatatan transaksi atau pembukuan menjadi jauh lebih praktis dan modern. Meningkatkan kualitas penjualan akan menguntungkan perusahaan dan juga konsumen.

5. Memperhatikan Konsumen Setia

Menarik konsumen baru dalam campaign digital memang penting. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan konsumen yang sudah loyal. Anda perlu memperhatikan mereka dan memberikan layanan yang memuaskan.

Melalui cara tersebut, tidak ada alasan bagi konsumen loyal untuk berpaling ke bisnis lain. Anda bisa menerapkan promo khusus dalam hal ini, misalnya promo beli 1 gratis 1, voucher diskon setelah membeli sejumlah barang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Lebih Efektif

Mengenali Beberapa Jenis Campaign Digital

Teknologi yang semakin berkembang perlu dimanfaatkan dengan baik. Misalnya dengan mencoba beragam jenis strategi kampanye. Jangan hanya terpaku pada satu jenis strategi saja, simak beberapa jenisnya berikut ini.

1. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) ialah salah satu campaign digital yang memanfaatkan mesin pencari. Melalui pemakaian kata kunci tertentu dalam sebuah konten, perusahaan akan mampu menarik pengguna internet.

Melalui SEO, pengguna internet dapat mengenal suatu brand atau merek sebuah perusahaan. Strategi ini memberikan pengaruh besar dalam promosi dan pemasaran secara digital.

Alasannya ialah banyak pengguna internet yang mencari informasi di internet sebelum membeli suatu produk atau jasa. Perusahaan dapat memanfaatkan konten untuk menarik minat pengguna internet dalam memilih produk atau jasa.

2. Search Engine Marketing

Apakah Anda pernah menemukan tanda “Ad” atau “iklan” saat mencari informasi di internet? Tanda tersebut menunjukkan perusahaan yang menerapkan Search Engine Marketing. Yakni dengan membayar spot iklan misalnya melalui Google Ads.

3. Social Media Marketing

Di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak kenal dengan sosial media? Hal ini menjadi peluang campaign digital melalui sosial media. Dengan cara ini Anda dapat melakukan promosi, pengenalan hingga pemasaran produk atau jasa.

Sosial media juga dapat menjadi tempat untuk membangun interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan. Bukan sekedar memberikan penawaran produk atau jasa melainkan juga mendengar komentar dari pelanggan.

4. Per Click (PPC)

Strategi ini mengharuskan Anda membayar untuk setiap orang yang melakukan klik pada iklan atau website bisnis. Namun, biaya ini akan sepadan apabila banyak orang melakukan klik sampai berlanjut ke proses transaksi.

5. Content Marketing

Strategi ini diterapkan dengan cara menciptakan konten. Konten ini harus menarik audiens untuk melakukan transaksi. Konten ini dapat berupa artikel blog, caption sosial media, banner, video dan lain sebagainya.

6. Email Marketing

Email marketing diterapkan dengan mengirim email ke pelanggan, hal ini dapat berupa pesan yang menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian produk atau jasa. Strategi ini cukup efektif sebab setiap pemilik smartphone pasti mempunyai email.

7. Influencer Marketing

Strategi ini memanfaatkan kerjasama dengan influencer di media sosial. Para follower influencer umumnya dengan mudah membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan membantu bisnis menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca Juga: Ketahui 8 Kesalahan Umum dalam Menerapkan Strategi Digital Marketing

Pemasaran tergolong hal cukup penting dalam bisnis. Strategi yang diterapkan tidak bisa sembarangan, sebab akan mempengaruhi hasil penjualan. Salah satu strategi modern yang direkomendasikan ialah campaign digital. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.