...

9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Lebih Efektif

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-digital-marketing-plan-lebih-efektif-dreambox

Tetapkan tujuan sebelum melaksanakan digital marketing plan.

Saat ini digital marketing plan begitu diperlukan dalam promosi bisnis. Mungkin, sebelumnya kebanyakan pemilik bisnis hanya mempertimbangkan pemasaran digital memakai email, situs web dan iklan spanduk.  

Akan tetapi sekarang ini sudah ada banyak sekali saluran dan platform pemasaran digital yang dapat dipilih. Mulai dari SEO, PPC, blog, webinar, podcast, dan lain sebagainya.

Lantas, wajib memikirkan berapa biaya yang diperlukan, kapan hasil akan tercapai. Semua hal tersebut dapat dipertimbangkan melalui pembuatan rencana pemasaran digital. Nantinya Anda bisa menentukan strategi paling tepat bagi bisnis.

Baca Juga: 5 Digital Marketing Skill yang Dapat Anda Terapkan Dalam Berbisnis

Mengapa Digital Marketing Plan Penting untuk digunakan?

Rencana pemasaran digital merupakan dokumen yang mana secara strategis memetakan tujuan pemasaran dan tindakan dalam meraih tujuan tersebut. Melalui dokumen ini Anda dapat mencapai tujuan secara efektif namun juga efisien.

Digital marketing plan meliputi tujuan bisnis, strategi, analisis kompetitif, garis waktu, anggaran dana, saluran digital dan lain sebagainya. Mirip dengan peta jalan yang akan membimbing melalui rute khusus.

Tanpa adanya rencana, upaya pemasaran digital akan kurang efektif dan efisien. Sebab, terdapat kemungkinan Anda membuang waktu dan sumber daya namun tidak ada dampak besar yang terjadi.

Mencatat digital marketing plan juga mampu meningkatkan peluang keberhasilan bisnis. Sebab, akan lebih mampu memahami target audience. Setelah menetapkan target, maka Anda akan lebih mudah memahami perilaku mereka.

Dengan begitu Anda bisa lebih menyesuaikan model penjualan. Kemudian mampu memahami keperluan mereka lantas nantinya bisa menyiapkan pembuatan produk baru yang sesuai atau relevan.

Selain itu, rencana juga membuat Anda menggunakan sumber daya secara lebih efisien. Sebab, mampu mencegah keluarnya dana untuk hal yang kurang perlu. Kemudian juga dapat mengelola waktu dan mempertimbangkan tenggat target.

Digital marketing plan tidak hanya berguna bagi satu karyawan saja. Karyawan lain yang mendapat akses juga bisa memanfaatkannya sebagai alat untuk koordinasi tugas, sehingga semua pihak bergerak ke arah tujuan yang sama.

Jadi, pada intinya rencana ini memandu Anda menuju tujuan dan membantu meraih keuntungan dari bisnis. Lantas, bisnis akan semakin berkembang tanpa perlu kehilangan banyak uang.

Baca Juga: Ketahui 8 Kesalahan Umum dalam Menerapkan Strategi Digital Marketing

Apa Saja Komponen Digital Marketing Plan?

Rencana pemasaran digital ini memuat beberapa komponen. Anda bisa mempertimbangkan komponen mana yang perlu didahulukan dalam penerapannya. Kemudian juga dapat memilih seperti apa fokus komponennya.

1. Pemasaran Konten

Pemasaran konten merupakan komponen digital marketing plan yang bertujuan menarik perhatian calon konsumen maupun pelanggan. Caranya dengan menghadirkan konten yang mungkin dibutuhkan mereka melalui saluran penjualan.

Nantinya, konten akan menarik minat mereka untuk melakukan tindakan lebih lanjut, misalnya melakukan pembelian produk. Bentuk konten sendiri dapat berupa studi kasus, posting blog, artikel, ulasan, survei, webinar, buletin, tutorial, dan lain sebagainya.

Konten ini berguna dalam menyampaikan informasi penting mengenai produk Anda, sehingga calon konsumen atau pelanggan memahami mengapa produk Anda begitu penting dalam hidup. Sehingga tidak bimbang untuk melakukan transaksi.

2. Email Pemasaran

Komponen digital marketing plan ini merupakan alat pemasaran yang cukup banyak dipakai. Terutama oleh bisnis e-Commerce sebab mampu mengirimkan kampanye yang disesuaikan dengan profil pelanggan.

Anda dapat mengirimkan kampanye sesuai dengan target segmentasi audines. Cara ini juga tergolong mudah untuk dilaksanakan. Cukup membuat email dengan tambahan teks, gambar atau mungkin video sesuai keperluan.

3. Periklanan

Periklanan akan menyokong keperluan promosi bisnis, mendapatkan basis pelanggan, sampai memperluas aliran pemasukan. Cukup memanfaatkan internet agar mampu menjangkau pelanggan. Iklan ini dapat berupa media sosial, iklan video, iklan seluler dan lain sebagainya.

4. Pemasaran Seluler

Komponen digital marketing plan yang satu ini sangat efektif dalam mempromosikan produk dan jasa cukup melalui smartphone. Umumnya komponen ini juga mengandalkan pengoptimalan situs, konten, sampai email.

Hal ini didukung dengan jumlah orang yang mengakses internet memakai perangkat seluler. Jumlahnya terus bertambah dan meningkat dari tahun ke tahun. Terkadang, perusahaan mengandalkan SMS untuk menerapkan pemasaran seluler.

5. Pemasaran Reputasi

Umpan balik dari konsumen sangat berpengaruh terhadap merek. Ketika calon konsumen melihat feedback positif, maka mereka tidak akan ragu untuk melakukan transaksi. Umpan balik positif akan menaikkan citra positif merek dan menambah penjualan produk.

6. Pemasaran Media Sosial

Ada banyak sekali masyarakat menggunakan media sosial. Bahkan, mengaksesnya setiap hari ketika waktu luang. Pemasaran memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya akan membantu terhubung dengan audiens.

Lantas, akan menumbuhkan komunitas merek, menaikkan angka penjualan, menaikkan lalu lintas ke situs web. Namun, harus menentukan media sosial dan konten yang tepat atau relevan.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing, Anda Dapat Beriklan ke Seluruh Indonesia

9 Panduan Menciptakan Digital Marketing Plan

Setelah mengetahui pentingnya rencana pemasaran digital sekaligus komponennya, perlu untuk memahami cara membuatnya. Melalui panduan ini bisa merumuskan sendiri rencana sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Menetapkan Tujuan Digital Marketing Plan

Langkah paling awal adalah menetapkan tujuan. Tujuan ini harus jelas, terukur dan mampu dicapai. Jadi, tujuan harus konkret, terdapat angka dan tolok ukur, sehingga Anda mengetahui seperti apa perkembangan dalam meraih tujuan.

Misalnya saja membuat tujuan menaikkan pengalaman pelanggan digital. Tujuan ini kurang konkret. Tujuan tepat misalnya meningkatkan lalu lintas pencarian organik dua kali lipat dalam waktu 12 bulan.

2. Menetapkan Segmentasi Audiens

Langkah menciptakan digital marketing plan berikutnya ialah melaksanakan segmentasi target audiens, sehingga Anda tidak salah dalam memberikan promosi. Dapat menyesuaikan promosi dengan keperluan pelanggan.

3. Menerapkan Analisis Persaingan

Bisnis apa saja yang sedang Anda jalankan, hampir tidak mungkin terbebas dari pesaing. Tidak perlu menjadikannya hambatan, namun pelajari pesaing untuk menetapkan cara pemasaran yang jauh melampaui mereka.   

4. Analisis SWOT

SWOT mencakup analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Analisis ini membantu dalam merumuskan kerangka kerja. Dapat mengetahui apa yang mungkin berhasil, mampu melihat peluang dan menghadapi ancaman.

5. Menetapkan Anggaran Dana

Langkah berikutnya dalam digital marketing plan adalah merancang anggaran dana, sehingga mampu menghitung jumlah uang yang dibelanjakan. Lantas membimbing Anda menuju saluran, strategi dan taktik tertentu.

6. Menetapkan Saluran Digital

Langkah ke enam ialah menetapkan saluran digital utama yang hendak dipakai. Tentukan saluran berdasarkan pemirsa, sasaran dan pastinya anggaran dana.  Misalnya sasaran ialah lalu lintas website maka dapat mencoba iklan PPC.

Apabila terasa mahal maka dapat mencoba alternatif lain misalnya saja SEO dan pemasaran konten. Mungkin hasil yang diperoleh cukup lama. Akan tetapi, nantinya akan membangun merek Anda sepanjang waktu.

7. Strategi dan Taktik

Apabila telah memutuskan saluran yang hendak dipakai maka langkah berikutnya ialah mengembangkan taktik dan strategi pemasaran. Perlu disesuaikan dengan saluran tersebut. Pasar cukup luas sehingga Anda perlu menarik perhatian calon konsumen dengan baik.

8. Merancang Kalender Pemasaran

Kalender marketing akan membantu memetakan secara tepat mengenai waktu pelaksanaan pemasaran, sehingga akan memunculkan akuntabilitas dan mampu meraih tujuan sesuai tenggat waktu. Kalender juga menunjukkan perkembangan Anda dalam meraih tujuan.

9. Mengukur Hasil

Langkah terakhir ialah mengukur hasil dari rencana yang telah direalisasikan. Pengukuran ini dapat melalui definisi metrik dan indikator kinerja utama (KPI). Setelah melakukan pengukuran dapat mengetahui mana yang berhasil dan mana perlu diperbaiki.

Baca Juga: Ketahui Pengertian, Manfaat, Hingga Strategy Digital Marketing Terbaik

Untuk memperoleh keuntungan bisnis besar maka memerlukan perencanaan pemasaran tepat. Salah satunya dengan menerapkan digital marketing plan yang mampu menjangkau pasar lebih luas dan terarah. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Anda. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms