Manfaat Menggunakan Digital Marketing untuk Produk Anda

Digital Marketing

Apa itu digital marketing?

Melalui marketing, brand Anda dapat terhubung dengan audiens di tempat dan waktu yang tepat. Dengan munculnya internet, kini bisnis dapat terhubung dengan audiens secara mudah melalui digital marketingDigital marketing, atau dikenal pula sebagai pemasaran online, merupakan promosi yang dilakukan oleh brand agar bisa terhubung dengan target audiens melalui internet maupun bentuk komunikasi digital lainnya.

Digital marketing tidak hanya mencakup email, media sosial, dan iklan berbasis web, tapi juga pesan teks dan multimedia untuk menyalurkan konten pemasaran. Intinya, selama kampanye pemasaran memanfaatkan komunikasi digital, itu adalah digital marketing. Tapi, apa sebenarnya manfaat menggunakan digital marketing untuk produk Anda? Mari simak informasi manfaat digital marketing dalam artikel berikut ini!

Manfaat digital marketing untuk produk Anda

Manfaat digital marketing begitu banyak untuk produk Anda. Berikut beberapa di antaranya yang dapat Anda rasakan:

1. Dapat menjangkau lebih banyak target audiens

Tidak seperti metode tradisional, digital marketing membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih besar dan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk dan layanan. Anda dapat memanfaatkan dunia online yang tidak terbatas ruang dan waktu untuk menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun. Dengan begitu, produk atau layanan Anda bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

2. Hemat biaya marketing

Mempromosikan bisnis secara lokal atau internasional menggunakan digital marketing memberi bisnis solusi hemat biaya. Jenis pemasaran ini juga memungkinkan perusahaan terkecil sekali pun untuk bersaing dengan perusahaan besar menggunakan strategi yang bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali, seperti SEO, media sosial, dan pemasaran konten. Banyaknya bentuk digital marketing yang tersedia bisa dipilih berdasarkan tujuan pemasaran bisnis Anda.

3. Meningkatkan reputasi produk

Digital marketing juga meningkatkan reputasi produk karena jumlah pengguna internet dan platform online yang sangat besar. Konsumen umumnya akan mencari informasi tentang suatu produk atau layanan di internet terlebih dulu sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Lewat digital marketing, Anda bisa membuat produk atau layanan Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan, sehingga pada akhirnya meningkatkan penghasilan online.

4. Evaluasi dalam bentuk data

Tujuan digital marketing untuk produk Anda yang terakhir adalah evaluasi dalam bentuk data. Penerapan digital marketing memungkinkan Anda mengevaluasi dan menganalisis pemasaran. Anda bisa memanfaatkan berbagai data, seperti tingkat keberhasilan kampanye dan jumlah pengguna yang membuka iklan Anda, untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya. Anda juga dapat meningkatkan efektivitas kampanye berdasarkan data agar angka penjualan semakin meningkat.

5 Contoh strategi digital marketing

Strategi digital marketing adalah rencana untuk mencapai tujuan digital marketing melalui saluran digital marketing bisnis. Strategi ini dapat mencakup media berbayar dan organik, atau platform digital apa pun seperti media sosial, halaman web, konten, hingga iklan berbayar. Berikut beberapa contoh strategi digital marketing:

1. Social media marketing (SMM)

SMM berfokus membangun kesadaran merek dan meningkatkan konversi. Jenis kampanye ini dapat dilakukan pada satu atau beberapa platform media sosial, tergantung target audiens dan preferensi platform yang mereka sering gunakan. Beberapa platform paling populer untuk SDM meliputi Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan LinkedIn.

2. Search engine optimization (SEO)

Sebagai salah satu inisiatif digital marketing paling efektif saat ini, SEO memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Strategi digital marketing ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas target audiens ke situs web

3. SEM

SEM adalah singkatan dari search engine marketing atau pemasaran mesin pencari. Umumnya, SEM merujuk pada kampanye iklan pencarian berbayar, seperti Google Ads. SEM bertujuan agar iklan Anda muncul sebagai peringkat atas di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

4. Website

Website adalah alat pemasaran yang mewakili bisnis Anda di internet dan merupakan salah satu saluran digital marketing terpenting. Anda dapat menggunakan website untuk mendapatkan lebih banyak traffic atau menghasilkan lebih banyak penjualan.

5. Influencer management

Sebagai salah satu strategi digital marketing, influencer management dapat membantu bisnis meningkatkan brand awareness. Influencer bisa membantu mempromosikan merek, produk, dan layanan Anda dengan cara yang fun dan menguntungkan bisnis.

6. Email marketing

Email marketing merupakan salah satu saluran marketing digital yang sudah lama digunakan dan bisa diterapkan pada strategi marketing langsung. Meski begitu, email marketing masih menjadi saluran pemasaran yang dapat diandalkan. 

Sesuai namanya, strategi digital marketing yang satu ini memanfaatkan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Ini dapat membantu pelanggan untuk mengetahui barang atau penawaran terbaru Anda. Agar performanya lebih optimal, Anda sebaiknya mengintegrasikan email marketing dengan channel pemasaran lainnya, seperti media sosial. Meski simpel, cara ini dapat menambah leads bisnis Anda dengan cepat, meningkatkan brand awareness, membangun hubungan dengan pelanggan baru, atau bahkan mempertahankan keterlibatan pelanggan lama bisnis Anda.

7. Content marketing

Content marketing adalah sebuah pendekatan marketing strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan, bermanfaat, dan konsisten untuk menarik sekaligus mempertahankan audiens, dengan harapan dapat mendorong konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.

Meski memiliki tujuan akhir untuk menambah penjualan Anda, content marketing tidak secara gamblang mempromosikan produk. Alih-alih berpromosi secara langsung, content marketing menyajikan konten yang benar-benar relevan dan bermanfaat bagi prospek dan pelanggan Anda untuk membantu memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi.

8. Native advertising

Contoh digital marketing lainnya adalah native advertising. Ini merupakan sebuah iklan berbayar, namun desain dan nuansanya telah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan media tempat iklan tersebut muncul. Dengan begitu, iklan akan terlihat seolah-olah merupakan bagian dari media tersebut dan bahkan tidak terasa seperti sebuah iklan promosi.

Kunci dari native advertising adalah iklan yang tidak terlihat sebagai sebuah iklan, baik itu dari segi tampilan maupun kesan yang diperlihatkan kepada audiens. Salah satu native advertising populer adalah filter karakter animasi SpongeBob SquarePants yang hadir di Instagram Stories dan Snapchat. Tampilan filter yang lucu dan menarik membuat audiens tertarik untuk menggunakannya, tanpa terlalu menyadari bahwa mereka telah mempromosikan rilisan terbaru animasi SpongeBob SquarePants.

Manfaat digital marketing di atas bisa turut dirasakan oleh bisnis Anda. Jika ingin mengoptimalkan strategi, gunakan jasa digital marketing yang disediakan Dreambox. Sebagai agensi pemasaran dengan keahlian mendalam soal digital campaign, branding strategy, dan desain, Dreambox berpengalaman memberikan solusi marketing sejak 2012. 

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.