23 December 2019

Strategi branding yang mengikuti tren sangatlah penting di masa sekarang.

Sebab, saat ini adalah eranya volatilitas, suasananya tak menentu, kompleks, dan juga serba ambigu. Adapun senjata branding yang dimungkinkan bisa bertahan lama, tak jauh-jauh dari konsep petualang, momentum, discovery, serta prospek masa depan (penuh visi).

Baca Juga: Pentingnya Menyesuaikan dan Menentukan Target Pasar Dengan Produk

Ke depannya, tren ioT atau internet of Thing akan benar-benar merajai dunia pemasaran karena sudah serba-teknologi.

Kelebihan Proses Pemasaran yang Mengikuti Tren

Lantas, dari segi efektivitas, bagaimana kelebihan proses branding yang mengikuti tren? Apakah memiliki dampak yang besar?

1. Lebih Dekat dengan Generasi CX

CX merupakan kependekan dari Customer Experience. Setiap perusahaan, apa pun bidangnya, wajib memenuhi hal ini. Ketika persaingan bisnis sudah merambah ke area global, para konsumen tidak cukup hanya dengan memanfaatkan produk berdasarkan kebutuhan.

Mereka lebih menyukai produk yang mudah ditemukan, mudah dibeli, dan juga mudah untuk berbagi pengalaman. Tuntutan dari generasi CX berada pada kisaran konsep right here, right now, serta personalized. Tujuannya tak lain untuk menciptakan kesan mendalam pada aspek customer journey.

2. Hemat Biaya

Kalau ini sudah pasti, ya. Nyaris semua proses branding, terutama pada campaign untuk keperluan awareness selalu membutuhkan modal besar. Terutama jika jalur yang digunakan masih bersifat konvensional seperti iklan di televisi dan radio.

Untungnya, tren branding saat ini sudah bisa dijamah hanya dengan memanfaatkan media sosial. Sasarannya tak lain adalah para generasi muda yang banyak menghabiskan waktu di internet (media sosial).

Ketika tren sudah terbentuk, meski terkesan mengekor, ternyata membuktikan bahwa cara ini lebih menghemat biaya. Coba bandingkan dengan metode branding yang justru melawan tren. Hasilnya jelas sangat mengecewakan. Kecuali metode yang dipakai benar-benar baru atau belum banyak diadopsi oleh pebisnis lain.

3. Mudah Diterima oleh Target Konsumen

Saat ini, ada tren branding dengan semboyan “halal market is getting bigger”. Tren ini begitu menjamur dan sangat efektif ketika diterapkan di Indonesia. Di mana pun daerahnya.

Dengan adanya tren tersebut, maka para pelaku bisnis pun berbondong-bondong untuk mendapatkan “cap halal”. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Ketika brand atau merek sudah begitu dikenal oleh khalayak, siapa yang akan mendulang keuntungan?

4. Membantu Menemukan Model Bisnis Baru

Ketika konsumen sudah begitu dekat dengan suatu brand, biasanya mereka ingin hal lain. Untuk menyikapi tuntutan tersebut, para pakar ahli pun perlu memikirkan ide atau model bisnis baru berdasarkan tren yang sudah terbentuk.

Misalnya saat ini model bisnis yang tengah populer adalah “model bisnis kanvas”. Tapi, dari tren model bisnis yang sama, alur branding-nya bisa disajikan dengan cara berbeda. Tentu untuk menemukan model bisnis baru, harus melibatkan pikiran dari seluruh awak perusahaan. Baik yang berada di ranah operasional hingga bagian yang menangani pengembangan bisnis.

5. Mudah ketika Membentuk Komunitas

Hampir semua brand yang terkenal, masing-masing memiliki komunitas yang sangat loyal. Misalnya pecinta Harley Davidson, Starbucks, hingga motor vespa.

Dengan menghubungkan tren media sosial (seperti Facebook) dengan strategi branding, komunitas pun dengan mudah terbentuk. Misalnya via grup di Facebook, Telegram, serta WhatsApp. Dari mereka-mereka itulah brand bisa dikenal lebih luas lagi.

Apalagi jika di dalam komunitas tersebut, ada perwakilan perusahaan menjadi koordinator yang meng-handle masing-masing kegiatan. Ketika komunitas tersebut sudah semakin ramai, barulah terasa efektivitas dari strategi branding ini.

Baca Juga: 5 Kesalahan Kecil Pada Branding yang Menjadi Penyebab Kegagalan 

Selain hemat biaya, proses penerapan strategi branding berdasarkan tren juga bisa menghemat waktu. Tak heran jika belakangan ini banyak bisnis baru yang booming. Padahal belum berumur 5 tahun.  Ingin memulai proses pemasaran yang tepat untuk brand Anda? Dreambox Branding Consultant siap membantu. Ingin bekerja sama dengan kami? Hubungi kami di sini.