22 February 2021

Bisnis Online sedang marak berkembang dikarenakan perubahan perilaku masyarakat yang sekarang serba internet, yakin Anda mau ketinggalan?

Bahasan tentang strategi bisnis online saat ini sudah begitu mudah untuk ditemukan. Dalam satu kali klik saja, Anda bisa mendapatkan beragam refernsi yang bisa diadopsi. Penerapan strategi bisnis melalui platform online memang sudah lumrah. Bahkan cara ini bisa diterapkan pada segala jenis bisnis, baik dengan luaran produk maupun jasa.

Baca juga: Intip Tips Melakukan Teknik Pemasaran Produk Secara Digital

Namun kendati begitu, masih banyak yang kerap melupakan hal-hal penting yang harus dicatat sebelum menerapkan strategi bisnis secara online. Bisa jadi Anda salah satunya lho.

Hal Penting Sebelum Menerapkan Strategi Bisnis Online

Yang namanya strategi bisnis, tentu saja tak bisa diimplementasikan secara serampangan, melainkan harus ada persiapan matang terlebihdulu. Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda siapkan sebelum memulai strategi bisnis online!

1. Petakan sasaran

Membuat peta sasaran merupakan hal awal yang harus Anda lakukan sebelum mulai menerapkan strategi bisnis. Analoginya adalah, bayangkan jika Anda tengah membuat bisnis peralatan sekolah. Anda harus membuat peta sasaran, apakah produk tersebut pas digunakan untuk jejang SMA, SMP atau SD? Atau mungkin sudah cocok bagi anak-anak di taman bermain?

Nah, dengan pemetaan produk dan sasaran ini, akan memudahkan Anda menyusun strategi promosi. Sebab konten promosi untuk siswa SMA pastinya tak akan cocok dipakai ke sasaran anak-anak SD. Atau bahkan konten promosi untuk para orangtua dari siswa di taman bermain, tak akan pas bila dipakaian juga ke siswa SMP. 

Gunakanlah riset dan data yang valid dalam rangka memetakan sasaran. Agar promosi tidak sia-saia dan salah tujuan.

2. Siapkan target dan deadline

Apa tujuan dari pelaksanaan promosi? Dan sampai kapan strategi promosi ini berlangsung? Merupakan 2 hal yang harus Anda tentukan sebelum memulai eksekusi. Percayalah, pelaksanaan strategi bisnis online tanpa target dan batasan yang jelas akan menyusahkan Anda dalam mengukur keefektifan pelaksaannya. 

Bisa jadi Anda berjalan tanpa arah dan capaian yang jelas. Dalam ranah bisnis, hal ini tak baik sebab berkemungkinan menghabiskan sumber daya dan waktu. 

Karena itu, tetapkanlah dulu apa saja target promosi yang diinginkan, dan berapa lama sekiranya hal itu harus didapatkan. Jika dua faktor ini sudah dipastikan, Anda akan gampang menyusun evaluasi, untuk melihat apakah peforma strategi berjalan baik atau tidak.

Dan pastinya bisa menentukan apakah rencana tersebut akan terus dilanjutkan, atau perlu direvisi dan diganti dengan susunan strategi yang lebih mumpuni.

3. Pilih media operasional

Mengaktifkan semua kanal sosial media memang baik, namun akan jadi lebih efektif lagi jika Anda mampu memaksimalkan kanal yang sesuai dengan kebutuhan sasaran. Hal ini membantu Anda untuk dapat mengalokasikan waktu dan budget sesuai dengan tujuan utama dari strategi bisnis yang dijalankan.

Memilih media operasional ini bisa dilakukan dengan melihat beberapa faktor, yaitu yang paling banyak digunakan, kemudian yang paling pas dalam mengantarkan pesan promosi, dan pastinya yang paling sesuai dengan perencanaan anggaran.

4. Buat batasan anggaran

Menyambung dengan bahasan sebelumnya, batasan angaran memang harus dimiliki oleh tiap pelaku bisnis. Alokasi ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kemampuan perusahaan, sehingga tidak kebabalasan dalam menjalankan strategi.

Perencanaan anggaran bisa dilakukan dengan membaginya berdasarkan strategi, kegiatan, ataupun divisi di perusahaan. Dalam teori idealnya, tiap bisnis pasti ingin menerapkan anggaran seminim mungkin, dengan efektifitas yang setinggi mungkin.

Kendati demikiran, dalam pelaksanaannya Anda dianjurkan untuk mengakselerasikan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, dengan tujuan bisnis yang dimiliki. Tak harus selalu yang paling minim budgetnya, melainkan fokus pada ketercapaian tujuan bisnisnya.

Itulah papar mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum menerapkan strategi bisnis online. Sudah siap untuk mencobanya?

Baca juga: Cara Menghitung Biaya atau Harga Google Ads untuk Iklan Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!