13 September 2021

Pentingnya Branding Agency dalam membangun brand

Ketika mendengar kata Branding Agency, pastinya Anda memikirkan sebuah brand. Salah satu nama brand, yakni Aqua, apa yang terlintas di pikiran Anda? Dari sekian banyak orang, pasti ada yang mengidentifikasikannya dengan air mineral, bahkan jika produk air mineral tersebut berasal dari merek lainnya. Kenapa bisa yang beranggapan demikian sangat banyak? Jawabannya tidak lain tidak bukan karena Aqua merupakan salah satu brand kuat dalam industrinya. 

Baca Juga: Loyalty Program Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya

Apabila Anda menginginkan memiliki merek terkenal seperti Aqua atau merek lainnya, maka Anda perlu melakukan branding agency dan membangun citra positif dari merek Anda. Bagi yang belum tahu apa itu branding, maka Anda berada di halaman yang tepat karena di sini akan dibahas secara  tuntas tentang definisi dan juga manfaatnya. 

Apa itu Branding Agency?

Sebelum mengarah pada branding agency, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang pengertian merek atau Brand. Dilansir dari American Marketing Association, merek merupakan nama, istilah, desain, simbol, maupun karakteristik lainnya dari sebuah produk ataupun jasa yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya, sedangkan branding agency merupakan segala usaha yang dilakukan untuk menciptakan merek atau brand itu sendiri, mulai dari menentukan visi, misi, maupun logo dan hal lainnya. 

4 Unsur Dalam Branding

Setelah mengetahui tentang branding agency, maka Anda perlu mengetahui pengetahuan lainnya tentang branding. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui tentang branding adalah unsur dari branding itu sendiri. Berikut pembahasan tentang unsur dalam branding:

1. Misi dan Visi

Unsur yang pertama adalah misi dan visi, yang merupakan pondasi dari brand atau merek milik Anda. Keduanya dapat diartikan sebagai berikut ini:

  • Misi: solusi yang ingin Anda berikan untuk memecahkan masalah. 
  • Visi: tujuan jangka panjang yang ingin dicapai melalui merek atau brand Anda.

2. Logo

Unsur kedua adalah logo, yang merupakan wajah dari sebuah merek atau brand. Untuk menciptakan unsur yang kedua ini, Anda membutuhkan gaya tulisan, warna, dan bentuk yang dapat memberikan ciri khas tersendiri dan membekas dalam pikiran target market Anda. 

3. Jargon

Jika logo merupakan unsur yang dapat menciptakan citra brand atau merek secara visual, maka jargon merupakan pelengkap yang dapat menghidupkan logo melalui tutur kata. Dalam membangun branding, tentu saja jargon sangat penting dan sangat dibutuhkan. Dengan memiliki jargon, maka target pasar Anda akan lebih paham dengan brand atau merek yang Anda tawarkan. 

4. Website

Karena di zaman sekarang ini semua hal dilakukan dengan cara digital, maka Anda juga bisa membangun brand dengan cara digital pula dengan cara memiliki website. Apabila Anda tidak memiliki situs resmi berupa website, maka akan sulit brand Anda bisa terkenal di kancah yang lebih luas lagi. 

Manfaat Branding Agency untuk Bisnis Anda

Berbicara tentang branding, pastinya Anda bertanya-tanya tentang apa sejatinya manfaat dari branding itu sendiri. Anda banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan branding, khususnya untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Merek akan Terkenal dengan Mudah

Apabila Anda melakukan branding yang tepat, maka nantinya akan membuat merek Anda terkenal. Contohnya saja dapat Anda temukan pada produk Makaroni Ngehe. Makaroni Ngehe berhasil membuat brandnya berbeda dari competitor yang kebanyakan memiliki ciri khas yang sama. Jika merek atau brand Anda sudah terkenal, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memasarkan produk dan yang paling penting terus melakukan inovasi agar bisnis berkembang. 

2. Memberikan Bisnis Anda Posisi Kuat dalam Industri

Dalam jangka panjang, branding yang Anda lakukan untuk membuat merek Anda jadi terkenal ini akan membuat posisi bisnis Anda dalam industri semakin lama semakin kuat. Apabila bisnis sudah berada di posisi yang kuat, maka jalan untuk mengembangkan dan membuatnya jadi lebih besar dari sebelumnya akan semakin terbuka lebar. Maka dari itu, jangan lewatkan branding yang memiliki banyak sekali manfaat ini. 

3. Kepercayaan Terhadap merek Akan Meningkat

Manfaat dari branding selanjutnya adalah dapat menciptakan atau menumbuhkan kepercayaan terhadap merek Anda. Tak hanya itu saja, branding juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada brand atau merek Anda. Secara positif, brand yang telah memiliki tingkat kepercayaan tinggi di mata para pelanggannya, sudah pasti akan lebih mudah menarik pelanggan baru.  Jika pelanggan baru terus datang dan tertarik dengan brand atau merek Anda, sudah sangat jelas dan dapat dipastikan bahwa bisnis Anda akan lebih mudah meningkat. Dengan branding, selain dapat menarik pelanggan baru, Anda juga bisa mempertahankan pelanggan lama untuk tetap stay dan setia dengan brand atau merek Anda.

4. Mendukung Pemasaran merek itu Sendiri

Ketiga manfaat yang telah disebutkan di atas akhirnya akan bermuara pada manfaat terbesar dari branding, yakni mendukung pemasaran merek atau brand. Kepercayaan pelanggan dengan brand Anda karena adanya branding ini, akan membuat usaha pemasaran Anda akan lebih mudah. Kepercayaan pelanggan juga akan memberikan benefit luar biasa di bidang pemasaran, karena produk yang bagus akan cenderung direkomendasikan kepada orang lain. Dengan begitu, tanpa Anda melakukan pemasaran secara ketat, brand atau merek Anda tetap akan dikenal oleh banyak orang karena kepercayaan pelanggan. 

Baca Juga: Ampuh! Begini Cara Membuat Media Planning untuk Digital Marketing Anda

Itulah informasi seputar branding agency yang dapat  Anda pelajari untuk melancarkan perkembangan bisnis Anda. Intinya, branding merupakan hal yang wajib dilakukan demi kepentingan bisnis. Pasalnya, branding dapat menjadi jalan cepat untuk membuat brand atau merek milik Anda semakin terkenal dan berpotensi dicari serta dibeli orang banyak. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!