21 April 2021

Digital marketing adalah usaha untuk mempromosikan barang dengan menggunakan media digital.

Melalui digital marketing, mempromosikan barang akan lebih mudah untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Cara kerja digital marketing agency sendiri cukup beragam, namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkat penjualan bisnis. Ini dia cara kerjanya untuk tingkatkan penjualan bisnis. Simak lebih lanjut ya.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Konten Viral untuk Marketing Bisnis Anda

Cara Kerja Digital Marketing Agency untuk Bisnis

Untuk meningkatkan penjualan bisnis, Anda bisa mencoba digital marketing. Dengan menerapkannya, Anda bisa mempromosikan barang lebih luas dari pada marketing konvensional. Ini cara kerja digital marketing untuk bisnis:

1. Mengenali jenis bisnis Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda sudah harus mengetahui jenis bisnis apa yang Anda jalani. Apakah itu dalam bidang jasa, produk, ataupun kebutuhan sehari-hari.

2. Konsep marketing yang menarik

Setelah Anda mengetahui jenis bisnis apa yang Anda jalani. Buatlah konsep marketing yang menarik untuk membangun brand dan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Riset menunjukan 6 dari 10 konsumen mengaku bahwa setelah membaca publikasi konsep, mereka lebih percaya terhadap suatu produk atau jasa.  

3. Memahami segmen market

Tidak semua orang membutuhkan barang Anda. Atau bisa dikatakan siapa yang sekiranya nanti akan membeli barang Anda. Misalnya, Anda menjual sebuah kamera. Lalu siapa target Anda? Apakah seorang vlogger, fotografi, atau hanya sekedar untuk berselfie. Digital marketing agency akan mampu memahami segmen market Anda jauh lebih baik, karena mereka beracuan pada data.

4. Memilih media digital marketing

Anda bisa memilih menggunakan media massa seperti instagram, youtube, website, marketplace. Tergantung bagaimana Anda menilai setiap potensi dari media yang ada. Misal, Anda menjual kamera. Media yang paling cocok untuk mempromosikan produk Anda yaitu, bisa melalui instagram maupun youtube. Kemudian marketplace bisa memberikan kemudahan, dalam menjual produk Anda. Jasa digital marketing akan membantu Anda untuk memilih media yang tepat.

5. Membuat Funneling

Jadi Funneling adalah proses tahap demi tahap dari seseorang yang mulanya belum mengetahui produk atau jasa bisa menjadi seorang konsumen. Tahapan funneling untuk digital marketing agency yang pertama mengumpulkan visitor, meningkatkan dari visitor atau pengunjung menjadi interest, lakukan follow up dengan menawarkan diskon kemudian tahap yang terakhir jalin hubungan dengan pelanggan. 

6. Membuat iklan yang menarik

Dengan iklan produk atau jasa yang menarik, visitor akan memberikan perhatian khusus terhadap produk atau bisnis Anda. Seperti membaca, klik, hingga akhirnya tertarik untuk membeli atau menggunakannya.

7. Membuat ikatan rantai digital

Setelah Anda memutuskan media digital marketing dan membuat iklan yang menarik. Ada baiknya jika Anda mengikat satu media ke media lain. Hal ini akan lebih mudah untuk visitor mengetahui lebih banyak mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

Meski terlihat lebih rumit dari pada marketing konvensional, menggunakan digital marketing bisa membawa kemudahan dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda. Beberapa kelebihan dari digital marketing itu sendiri adalah mudah dalam mendapatkan pelanggan karena memiliki jangkauan yang luas, pemasaran lebih efektif menjangkang semua pelanggan, dan biaya iklan produk atau jasa juga relatif murah. Dengan begitu Anda bisa menaikan penjualan bisnis Anda dengan biaya operasional yang ramah. Dengan menggunakan digital marketing, diharapkan dapat meningkat penjualan bisnis Anda. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Beberapa cara kerja dari  juga sudah dibahas di atas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Teknik Dalam Melakukan Website Management

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!