11 March 2021

Di zaman sekarang, rasanya jarang sekali menemukan orang yang tidak memiliki media sosial, bahkan mungkin saja tidak ada.

Media sosial dapat membuat seseorang tetap terhubung walaupun terpisah waktu dan jarak. Peluang inilah yang ditangkap oleh para marketing handal dengan membuat iklan media sosial. Di sela-sela aktivitas para warganet menelusuri kabar-kabar terkini di media sosial masing-masing, menyelipkan iklan di sela-selanya adalah ide brilian. Namun tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya iklan Anda tidak dilewatkan begitu saja. Apakah hal-hal tersebut? Temukan jawabannya di artikel ini!

Baca Juga: 5 Cara Mulai Tik Tok Marketing

5 Hal Penting dalam Pembuatan Iklan Media Sosial

Supaya iklan media sosial Anda dapat dilirik oleh para warganet, ada baiknya Anda memperhatikan 5 hal berikut ini!

1. Target Iklan Produk Anda

Produk yang akan Anda iklankan pasti memiliki segmentasi pasar tertentu. Atau bisa saja produk Anda memiliki beberapa kalangan sebagai peminatnya. Misalnya, produk permen yang sedianya digemari oleh anak-anak, namun sangat mungkin remaja-remaja menyukainya.

Jika demikian, Anda bisa membuat beberapa klasifikasi khusus mengenai target iklan Anda. klasifikasi ini nantinya akan berguna sebagai acuan utama untuk pembuatan iklan produk Anda di media sosial.

2. Model atau Bentuk Iklan Terbaik

Pelajari model iklan seperti apa yang disukai oleh target pasar yang Anda pilih. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah  mengamati produk serupa yang telah diiklankan sebelumnya di media sosial. Kemudian, pilihlah beberapa sampel yang mendapatkan atensi tinggi dari warganet. Kemudian adaptasi model tersebut ke dalam bentuk iklan yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda.

Namun perlu diingat, Anda harus memodifikasinya sedemikian rupa sehingga nantinya tidak akan dianggap sebagai plagiarisme iklan.

3. Gaya Iklan Menyesuaikan Media Sosial yang Dipilih

Jika Anda memilih beberapa platform media sosial yang berbeda untuk memposting iklan, sebisa mungkin berikan variasi yang berbeda di tiap medsos. Misalnya, jika di facebook Anda membuatnya dalam bentuk gambar, maka buatlah model video pendek di tiktok.

Hal ini akan membuat iklan Anda tampak variatif, maupun mungkin barang yang diiklankan sama. Warganet yang penasaran kemungkinan besar akan tertarik untuk mengeklik iklan tersebut.

4. Deskripsi atau Caption yang ‘Mengundang’

Selain gambar atau video yang menarik, pemilihan kata yang Anda gunakan juga tidak kalah pentingnya. Terutama kata-kata yang diletakkan di bagian paling awal. Gunakan diksi yang singkat dan padat namun menarik, baru kemudian deskripsi lebih spesifik dicantumkan setelahnya. Jangan sebaliknya, karena deskripsi yang panjang di awal kalimat akan membuat iklan yang Anda buat menjadi kurang menarik.

Selain itu, jangan sampai menggunakan kata-kata yang menjurus ke arah overclaim (klaim yang berlebihan). Karena bisa jadi hal itu akan dianggap kurang masuk akal, dan orang-orang yang tidak tertarik akan langsung melewati iklan Anda tanpa mengkliknya.

5. Contact Person atau Admin yang Fast Respon untuk Dicantumkan

Iklan yang diklik menandakan bahwa warganet tersebut tertarik dengan produk yang Anda iklankan. Sehingga biasanya ia akan mencari tahu lebih dalam atau juga mencari customer service yang bisa ia tanyai lebih lanjut. Berikan link khusus atau nomor tertentu yang dapat dihubungi dengan mudah. Dan jangan lupa untuk membalas pesan tersebut sesegera mungkin. Sebab tak jarang calon pelanggan lari karena respon yang kurang sigap ataupun kurang menyenangkan.

Mudah sekali, bukan? Jadi itulah 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat iklan media sosial. Jangan sampai kelima hal ini luput dari iklan produk yang akan Anda rilis, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Melakukan Pemasaran Media Sosial

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!