Apa Itu Google Adword? Ini Pengertian & Cara Menggunakannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
google-adword-dreambox

Hemat anggaran merketing dengan Google adword

Google Adword merupakan salah satu fitur Google yang dapat menampilkan iklan dan mempromosikan produk.  Fitur ini juga dikenal sebagai Google Ads dan sudah banyak dipakai perusahaan di berbagai bidang bisnis. Anda mungkin sering menjumpainya saat menelusuri kata kunci tertentu di Google. 

Biasanya ada tulisan ‘iklan’ di samping judul halaman yang muncul di baris paling atas. Tentu fitur ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja marketing pada bisnis Anda. Namun, sudahkah Anda tahu cara menggunakannya? Jika, belum simak penjelasan berikut. 

Apa Itu Google Adword?

Pada tahun 2018 lalu Google mengubah nama fitur ini menjadi Google Ads, meskipun namanya berubah fitur dan cara penggunaannya masih sama persis. Seperti yang telah dibahas tadi Google Adword adalah fitur yang ditawarkan Google untuk mempermudah pelaku bisnis mengiklankan produknya.

Iklan tersebut akan ditampilkan di halaman pencarian Google ketika target konsumen menelusuri kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk Anda. Dengan menggunakan fitur ini perusahaan dapat menjangkau target konsumen yang tepat sesuai kebutuhan bisnis. 

Keuntungan Menggunakan Google Adword untuk Bisnis

Dibandingkan media iklan lain, Google Ads terbilang lebih efisien karena menawarkan beberapa keuntungan. Tidak hanya perusahaan skala besar, Google Ads juga dapat dijangkau dengan mudah oleh perusahaan kecil dan menengah. Berikut beberapa keuntungan menggunakan Google Ads untuk kebutuhan bisnis.

1. Lebih Hemat Anggaran

Apakah Anda mengira jika iklan di Google Ads memakan banyak biaya? Jangan salah, justru Anda dapat menghemat anggaran marketing saat menggunakan fitur ini. Biaya yang dibutuhkan tergolong cukup terjangkau, mulai dari Rp50 ribu. 

Namun, tidak menutup kemukakan jika biayanya lebih tinggi atau lebih rendah dari nominal tersebut. Karena Google menerapkan sistem Pay Per Click (PPC), sehingga Anda cukup membayar sesuai jumlah klik yang membuka iklan tersebut. Tentu fitur ini sangat membantu bagi perusahaan rintisan yang belum memiliki anggaran besar. 

2. Mampu Menjangkau Target Konsumen secara Spesifik

Selain menawarkan biaya iklan yang terjangkau, Google Ads juga tergolong lebih efisien dibandingkan media iklan lain. Karena mampu menjangkau target pasar yang relevan dengan bidang bisnis Anda.

Pengguna dapat memperluas jangkauan target pasar secara nasional atau mempersempitnya untuk kawasan lokal. Selain dapat mengatur target pasar sesuai keinginan, pengguna juga bisa mengatur iklan agar tampil di perangkat tertentu, misalnya hanya muncul di perangkat handphone dan tablet.

Tidak hanya itu, bahkan pengguna juga bisa mengatur kapan iklan ditayangkan. Sehingga sangat membantu bagi perusahaan yang mempunyai jam operasional terbatas. 

Misalnya, bisnis Anda hanya beroperasi pada pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore. Maka Anda dapat mengatur jadwal penayangan iklan di antara jam tersebut. Dengan begini, iklan yang ditampilkan akan lebih efisien dalam mendorong kinerja bisnis.

3. Membantu Bisnis Menguasai Pasar Online

Setiap pelaku bisnis pasti ingin menguasai segmen pasarnya masing-masing. Google Ads bisa menjadi media yang tepat bagi Anda yang ingin terjun ke pasar online. Seperti yang kita tahu, sebagian besar masyarakat tidak bisa lepas dari Google, mulai dari mencari informasi, update berita terkini, membeli barang, dan aktivitas lainnya.

Hal tersebut membuktikan bahwa Google memiliki pengaruh yang besar dalam aktivitas masyarakat di dunia maya. Itu artinya, fitur Google Ads cukup efektif dalam membantu bisnis menguasai pasar online.

Bahkan saat ini, persentase Google dalam menguasai pasar mesin pencari secara global telah mencapai 92,07 persen dan 97,44 persen di pasar Indonesia. Tentu persentase tersebut jauh di atas Yahoo dan Bing.

Cara Mudah Menggunakan Google Adword

Setelah tahu keunggulannya, apakah sekarang Anda tertarik menggunakan Google Ads? Berikut beberapa langkah menggunakan Google Ads untuk mengiklankan bisnis.

1. Membuat Akun Google untuk Bisnis

Sebaiknya jangan menggunakan akun pribadi, lebih baik buatlah akun Google baru khusus untuk bisnis. Dengan demikian, kotak masuk pada email tidak akan penuh dengan iklan dari Google Ads yang mengganggu. 

2. Memilih ‘Goal’ yang Diinginkan

Setelah berhasil masuk, Anda akan menjumpai tulisan “Pick a Goal for Your Ad”. Di sini terdapat tiga pilihan ‘goal’ di antaranya yaitu:

  • Call your business
  • Visit your storefront
  • Take an action on your website

Sebelum memutuskannya, sebaiknya pahami dulu ketiga ‘goal’ tersebut, pilihlah yang mampu membawa dampak positif yang nyata untuk bisnis Anda. Setelah menentukan pilihan, klik tombol “Pick Goal” yang terletak di bagian kanan bawah.

3. Menentukan Target Lokasi Calon Konsumen

Langkah selanjutnya adalah menentukan target lokasi sesuai kebutuhan bisnis. Apabila ingin menjangkau pasar yang luas Anda dapat memilih seluruh daerah di Indonesia. Jika, ingin fokus di satu titik lokasi sebaiknya pilihlah provinsi atau kota tertentu saja, agar tayangan iklan yang muncul dilihat oleh calon konsumen yang tepat. 

4. Memilih Kategori Bisnis

Setelah menentukan target lokasi, selanjutnya Anda perlu memilih kategori bisnis yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Langkah ini berguna untuk menentukan pasar yang relevan dengan bisnis dan produk Anda. 

5. Menyusun Copy Iklan

Langkah selanjutnya ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menarik target konsumen. Sehingga harus dilakukan oleh pihak profesional yang memiliki keahlian dalam bidang copywriting

Copy iklan untuk Google Ads harus dibuat seringkas mungkin dan mudah dipahami pembaca. Di dalamnya harus mendeskripsikan bisnis secara jelas dan jangan gunakan trik ‘clickbait’. Supaya pembaca tidak merasa kecewa dan hilang kepercayaan pada bisnis Anda.

6. Menambahkan Foto

Walaupun tidak wajib dilakukan, foto memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan copy iklan yang Anda buat. Oleh karena itu, gunakan foto yang dapat menggambarkan bisnis dan memiliki komposisi gambar yang menarik. 

7. Menentukan Anggaran Iklan

Meskipun Google Ads menawarkan biaya yang terjangkau, Anda harus menentukan batas anggaran iklan agar kondisi keuangan bisnis tetap sehat. Anda tidak perlu khawatir karena Google Adword memberikan kebebasan dalam menentukan batasan biaya iklan. Sehingga setiap pengguna dapat dengan bebas menetapkan estimasi biaya yang mereka inginkan. 

8. Melakukan Pembayaran

Langkah yang terakhir yaitu melakukan pembayaran sesuai jumlah klik yang membuka iklan bisnis Anda.  Ada berbagai pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer bank hingga pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa beriklan di Google Ads tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tidak perlu ragu menggunakannya karena fitur ini tergolong efektif dan efisien untuk menjangkau target pasar secara spesifik dengan biaya terjangkau.

Selain menggunakan Google Adword Anda juga perlu menggunakan layanan SEO (Search Engine Optimization) dari Dreambox, sebuah agensi pemasaran profesional yang andal dalam bidang digital campaign, branding strategy, dan design. Klik disini untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait layanan SEO dan detail informasi lainnya.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms