...

Bagaimana Cara Menggunakan SEO Secara Maksimal?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-menggunakan-seo-dreambox

Sudahkah Anda tahu cara menggunakan SEO atau Search Engine Optimization?

Cara menggunakan SEO tidaklah sulit, SEO merupakan upaya yang dijalankan guna meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik ke sebuah website. SEO berguna dalam mengoptimasi situs supaya mampu menempati peringkat atas mesin pencari atau search engine seperti Google. Ketika peringkatnya tinggi maka jumlah pengunjung juga akan tinggi.

Ketika trafik meningkat, peluang untuk memperoleh lebih banyak pelanggan juga meningkat. SEO dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pemasaran. Namun perlu menerapkan tips khusus supaya ikut mampu meningkatkan kredibilitas website.

Baca Juga: Begini Cara SEO Mempromosikan Bisnis Anda!

5 Cara Mengoptimalkan SEO

Sebelum menerapkannya pada website, Anda perlu mempelajari cara menggunakan SEO. Sehingga nantinya juga mampu meningkatkan performa bisnis. Simak cara beberapa caranya di bawah ini.

1. Menentukan Keyword

Search engine bekerja dengan menyediakan beberapa situs rekomendasi setelah pengguna memasukkan keyword atau kata kunci tertentu. Pengguna hanya perlu mengetikkan kata-kata dimana mampu mewakili informasi yang ingin dicari.

Beberapa situs yang ditampilkan pada halaman pertama Google akan banyak diklik oleh pengguna internet. Karena posisinya yang tinggi juga menunjukkan tingkat relevansi tinggi terhadap keyword.

Dalam mengoptimalkan SEO, Anda perlu menemukan keyword yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Sehingga dapat mengarahkan mereka menuju website Anda. Salah satu alat yang bisa dipakai ialah Google Keyword Planner.

2. Menyebar Keyword pada Website

Cara menggunakan SEO selanjutnya ialah menyebarkan keyword pada website. Bukan hanya meletakkannya di satu tempat. Misalnya saja meletakkannya pada URL, judul, deskripsi produk, meta description dan lain sebagainya.

Tidak harus menempatkan keyword sama terlalu banyak pada satu halaman situs. Gunakan kata lain yang serupa sehingga mendukung peluang lain dalam menarik pengunjung.

3. Mengandalkan Penawaran Unik

Setiap bisnis pasti mempunyai penawaran unik tersendiri. Anda perlu menemukan penawaran unik bisnis supaya mampu meraih posisi atas dalam hasil pencarian search engine. Misalnya berupa kelebihan produk atau jasa.

Cara menggunakan SEO ini wajib dilakukan mengingat ketatnya persaingan iklan di dalam internet. Karena mungkin saja Anda menuliskan keyword sama dengan bisnis lain. Maka tampilkan keunikan bisnis supaya menarik minat audiens.

4. Memperhatikan Nama File

Sebuah website terutama bisnis membutuhkan sejumlah aset visual. Sebut saja foto dan video sehingga membantu meningkatkan estetika website. Ada hal yang perlu diperhatikan tatkala mengunggah foto atau video.

Pastikan nama file relevan dengan keyword. Sehingga Google akan mampu mendeteksi gambar pada situs Anda. Cara ini menunjukkan penggunaan SEO dengan lebih optimal.

5. Menciptakan Blog

Menciptakan blog bisnis mampu membantu meningkatkan traffic dan leads dari sebuah situs. Menulis blog bisnis ini mirip dengan membuat konten pada media sosial. Cukup menulis artikel lantas mempublikasikannya. Akan tetapi, tidak lupa menyematkan keyword.

Buat artikel dengan topik yang relevan dengan bisnis Anda. Sehingga artikel tersebut juga bisa membantu menambah informasi bagi audiens. Pada akhirnya juga mampu menarik minat mereka untuk membeli produk atau jasa Anda.

Baca Juga: Ketahui Manfaat serta Cara Membuat Slug SEO Friendly

Tips SEO dalam Meningkatkan Traffic

Terdapat sejumlah tips yang bisa dicoba supaya konten di dalam website muncul pada halaman pertama hasil pencarian search engine. Mari menyimak sejumlah tipsnya di bawah ini.

1. Memakai Google Analytics dan Google Webmaster Tools

Tips berkaitan dengan cara menggunakan SEO yang pertama ialah melakukan audit. Anda akan membutuhkan dua alat penting, yakni Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Melalui keduanya, Anda bisa memperoleh data terkait performa situs.

Buka dahulu website dan baca setiap halamannya. Lantas, temukan setiap kesalahan yang ada, misalnya saja halaman atau gambar rusak, tata bahasa buruk, informasi kedaluwarsa, dan lain sebagainya. Lantas, lakukan perbaikan untuk setiap kesalahan.

2. Mengatur Lokasi Bisnis

Bisnis terpercaya ialah bisnis yang mempunyai kejelasan lokasinya. Jadi, perlu mengatur lokasi atau local advertising. Ketikan menerapkan cara menggunakan SEO, maka perlu mencantumkan secara jelas alamat bisnis pada situs.

Tatkala audiens bisa menemukan lokasi bisnis Anda secara mudah melalui peta online, maka akan membuat mereka lebih menyukainya. Hal ini juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung pada situs.

Anda bisa mendaftarkan bisnis pada Google Map, Google My Business dan platform pendaftaran lokasi bisnis lainnya. Sehingga audiens tidak kesulitan untuk menemukannya. Jangan lupa mencantumkan alamat bisnis di seluruh akun media sosial bisnis Anda.

3. Meninjau Ulang Strategi Keyword

Kebanyakan orang terlalu fokus pada keyword dengan volume pencarian tinggi dan persaingan tinggi. Padahal, masih banyak keyword dengan volume pencarian tinggi akan tetapi persaingannya jauh lebih rendah.

Jadi, dalam penerapan cara menggunakan SEO, perlu meninjau kembali masalah keyword. Boleh juga memanfaatkan long tail keyword. Sehingga peluang untuk meningkatkan trafik website jauh lebih tinggi.

4. Membangun Internal Link

Setiap halaman di dalam website perlu terhubung satu sama lain. Tatkala pengunjung melihat satu halaman, maka harus mudah bagi mereka untuk berpindah ke halaman lain. Hal tersebut dapat diraih dengan membangun internal link secara tepat.

5. Tetap Menjadi Manusia

Menerapkan tips SEO memang ditujukan untuk memudahkan search engine dalam menemukan website Anda dan menentukan posisinya pada hasil pencarian. Akan tetapi, pembuatan konten tetap perlu memperhatikan kenyamanan pengunjung.

Oleh sebab itu, perlu membuat konten yang menarik untuk dibaca manusia. Bukan sekedar konten yang mudah ditemukan oleh Google. Ketika konten bermanfaat dan menarik, tentu pengunjung akan senang membacanya.

Baca Juga: Pelajari Penjelasan Lengkap dan Contoh SEO

Manfaat Website SEO friendly

Alasan utama mengapa banyak pihak menerapkan cara menggunakan SEO ialah untuk meningkatkan traffic atau kunjungan ke website. Namun sebenarnya ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh jika menerapkannya.

1. Menumbuhkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Ketika melakukan optimasi SEO, baik itu dari segi on-page maupun off-page, akan sangat berguna dalam menumbuhkan kepercayaan dan kredibilitas website. Karena ketika menerapkannya Anda perlu membuat konten berkualitas yang memuaskan pengunjung.

2. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Ketika mengaplikasikan cara menggunakan SEO, sebuah bisnis juga mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Karena menyediakan konten yang diperlukan mereka. Kemudian juga mampu menghadirkan informasi secara tepat.

3. Menghadirkan Kenyamanan

Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung situs. Misalnya saja tingkat kecepatan loading situs. Ketika menerapkan teknik Search Engine Optimization, maka loading akan lebih cepat. Sehingga pengunjung merasa nyaman.

4. Menaikkan Engagement, Traffic dan Conversion

Manfaat lain dari menerapkan cara menggunakan SEO ialah menambah angka traffic website. Hal tersebut akan membantu menaikkan tingkat engagement dan conversion. Contohnya dengan menambahkan pop up banner pada situs.

5 .Menaikkan Angka Penjualan

Ketika situs mudah ditemukan oleh pengunjung, maka potensi penjualan juga meningkat. Karena banyak orang yang kemudian melakukan transaksi ketika menemukan produk atau jasa pada website.

6. Investasi Jangka Panjang

Algoritma Google senantiasa mengalami pembaruan sepanjang waktu. Jadi, optimasi SEO bukan dilakukan satu kali lantas ditinggalkan. Anda perlu melakukan pembaruan juga secara konsisten.

Ketika mengevaluasi situs menyesuaikan algoritma terbaru Google, maka website akan senantiasa mendatangkan traffic. Tentu hal ini bisa menjadi bentuk investasi dalam jangka panjang.

Website perlu dikelola secara tepat menggunakan optimasi Search Engine Optimization. Tentu perlu mempelajari cara menggunakan SEO terlebih dahulu sehingga mampu mendatangkan traffic tinggi dan sejumlah manfaat lainnya.

Baca Juga: Jasa SEO Indonesia, Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms