...

SEO dan SEM, Sudahkah Anda Mengetahui Perbedaannya?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
perbedaan-seo-dannsem-dreambox

SEO dan SEM adalah dua strategi marketing digital yang saat ini sedang ramai digunakan.

Penggunaan SEO dan SEM atau salah satunya, mampu menaikkan peringkat website dan meningkatkan traffic.Hal ini sangat membantu pebisnis baik pemula maupun pebisnis lama dalam hal pemasaran. Dimana semakin naik traffic, artinya banyak orang meng-klik link website dan membaca konten di dalamnya.

Para pembaca konten yang juga disebut visitor ini akan lebih mudah dikonversi menjadi konsumen. Tentu dengan dukungan isi konten menarik dengan disertai bahasa persuasif. Lalu diantara keduanya manakah yang paling efektif digunakan, apakah SEO atau SEM?

SEO menjadi komponen dari SEM. Dimana cara kerjanya adalah dengan mengandalkan kata kunci supaya web mudah dijangkau oleh mesin pencarian. Sementara SEM berfungsi untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Perbedaan SEO dan SEM

Banyak orang yang mengira bahwa SEO dan SEM sama. Padahal sama sekali berbeda meski keduanya sama-sama berkaitan dengan optimasi konten pemasaran. Beberapa hal berikut ini adalah variabel yang membedakan keduanya.

1. Target Audiens

SEM memberi kesempatan pemilik konten untuk mendapatkan target audiens lebih spesifik. Jika menginginkan target pasar yang lebih akurat, maka ini yang harus diterapkan. Sementara SEO yang tidak dapat mengupayakan spesifikasi audiens.

2. Jangka Waktu

SEM bekerja dalam durasi terbatas oleh penetapan waktu, tidak bisa bertahan lama. Berbeda dengan SEO yang bisa lebih lama sebab tidak menggunakan parameter penetapan jangka waktu.

3. Anggaran

SEO dan SEM juga berbeda dari segi biaya. Dimana jika Anda menggunakan SEO, bisa gratis tanpa biaya apapun. Sedangkan jika menggunakan SEM harus membayar namun sebanding dengan hasilnya yang lebih optimal.

4. Kecepatan

Metode SEM memberi hasil lebih cepat dan optimal. Bisa ditarget ulang apabila belum tercapai sesuai dengan keinginan. Bahkan dapat dinonaktifkan apabila tidak lagi signifikan membuat perubahan.

Sedangkan SEO tidak dapat diandalkan dalam hal kecepatan. Yang dapat diupayakan adalah konsisten mengelolanya. Untuk target audiens yang dibidik lebih luas dan tidak ada batasan, jadi bisa siapa saja.

5. Potensi CTR (Click Through Rate)

SEO lebih berpotensi menghasilkan CTR yang terkonversi dengan baik sebab lebih ringan untuk dibaca. Tulisan dalam SEO layaknya membaca sebuah artikel, meskipun di dalamnya terdapat unsur persuasif.

Berbeda halnya dengan SEM. SEM tidak selalu mendapat apresiasi positif dari pembaca sehingga kurang potensial menghasilkan CTR apalagi mengkonversikannya dari pembaca jadi konsumen, kemudian pelanggan.

Apa Manfaat SEM bagi perusahaan Anda

Mempelajari SEO dan SEM selalu berkaitan dengan manfaatnya bagi perusahaan. Search Engine Marketing adalah pemasaran digital melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitasnya.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM) paling utama adalah memastikan website berada pada tempat paling tepat. Dari posisinya tersebut maka pembaca atau audiens akan tahu bahwa website bersangkutan kredibel.

Search Engine Marketing dapat menarget pengunjung secara spesifik, yaitu orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa Anda. Jadi, besar kemungkinan Anda akan mendapat peningkatan angka penjualan.

SEO dan SEM dapat digunakan bersamaan di mana penggunaan SEM memudahkan kontrol serta dapat disesuaikan dengan biaya yang dipersiapkan untuk mengelolanya. Selain biaya, jangka waktu juga dapat ditentukan sendiri oleh pemilik website.

Manfaat selanjutnya adalah mendukung pencapaian target lebih mudah. Kinerjanya lebih fokus terhadap target pasar yang sudah disetting sebelumnya. Hal ini mampu dicapai melalui target yang lebih relevan serta spesifik di mana akan membuat produk jadi mudah dipromosikan.

Sebagai contoh, produk obat jerawat. Penetapan target audiens pasti berkaitan dengan usia pubertas, baik wanita maupun pria. Selain itu, perusahaan dapat menargetkan orang-orang bertipe kulit berminyak dan orang yang tinggal di daerah tropis.

Agar lebih spesifik dan mudah saat nanti menjelaskan deskripsi produk, Anda bisa menambahkan rentang usia. Misalnya, usia remaja hingga dewasa yaitu 15-40 tahun. Penetapan usia ini harus berdasar, salah satunya karena potensi stress dari aktifitas sehari-hari.

Kualitas traffic dapat ditingkatkan lebih cepat sehingga memberi peluang keuntungan berlipat. Setelah traffic, cakupan pelanggan juga makin luas, tidak hanya terfokus pada satu titik, melainkan juga berbagai lokasi lainnya.

Kinerja SEO dan SEM akan terlihat pada fungsi kontrolnya. Jika Anda menggunakan SEM, maka akan menjadi sarana promosi yang memungkinkan bagi Anda untuk mengontrol, mulai dari timeline, biaya, hingga hasil yang ditarget.

Fungsi kontrol dapat dilakukan pada saat pemilihan jenis iklan serta keyword paling relevan. Tujuannya agar produk atau website dapat dipromosikan dengan mudah dan optimal sehingga prosentase konversi search marketing juga meningkat.

7 Manfaat menarik yang ditawarkan SEO

SEO dan SEM sama-sama memiliki manfaat besar bagi sebuah produk, jasa atau halaman website secara umum. Jika Anda memilih penerapan SEO maka perlu mengetahui dulu apa saja manfaatnya.

1. Meningkatkan trafik potensial

Metode ini bisa memposisikan website Anda pada daftar teratas di mesin pencarian seperti Google. Di posisi paling menjanjikan ini, otomatis akan menarik lebih banyak pengunjung. Sebab, website lebih kredibel dan terbukti valid.

2. Target Lebih Tepat

Mesin pencarian akan mengarahkan pengunjung pada tujuannya mencari kata kunci. Jika Anda memiliki konten yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, maka oleh Google akan langsung diarahkan ke website Anda.

Contoh, pengguna internet mencari kata kunci “skincare organic”. Sementara itu, website Anda memuat konten relevan karena memang menjual produk perawatan berbahan organic. Itu sebabnya, Google akan mengarahkan traffic ke halaman Anda.

Nama web Anda akan muncul pada posisi atas mesin pencarian. Itu sebabnya, pencari kata kunci tadi bisa langsung meng-klik, kemudian masuk ke dalam website Anda.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness efektif menghasilkan konversi dari audiens menjadi konsumen sebab pengunjung website akan tahu brand atau merek Anda dan semua aspek di dalamnya. Beberapa aspek tersebut adalah manfaat, kandungan produk, keamanan, dan sebagainya.

4. Promosi terus-menerus selama 24 jam

Promosi dapat berjalan nonstop selama 24 jam. Namun, untuk hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sebab ini organic. Berbeda halnya jika Anda mengandalkan Google Ads atau FB Ads.

Hal ini juga sebagai pembeda SEO dan SEM sebab SEM membutuhkan biaya sama seperti Google Ads atau FB Ads. Jika biaya kecil, iklan halaman hanya berdurasi singkat sehingga jangkauannya jadi lebih terbatas.

5. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Besar

Menggunakan Search Engine Optimization mengantarkan Anda pada kompetisi menguntungkan. Metode ini akan mempertahankan posisi Anda, meski muncul berbagai perusahaan pesaing baru.

6. Meningkatkan Angka Penjualan

Pada dasarnya SEO dan SEM efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Hal ini disebabkan oleh tren masyarakat di mana terbiasa mencari tahu terlebih dahulu di internet mengenai manfaat, harga, dan hal lainnya terkait produk yang diinginkan.

Jika pada saat mencari di internet yang paling pertama dibuka adalah website Anda, besar kemungkinan pengunjung akan langsung membeli. Rata-rata orang akan malas mencari tahu informasi lain jika merasa sudah mendapat jawaban pada hasil pencarian pertama.

7. Investasi

SEO berfungsi sebagai investasi jangka panjang yang memberikan hasil besar. Faktor penyebabnya adalah karena SEO tidak berbatas waktu, dari sekali setting kemudian publish, SEO akan terus berjalan. Selama pengelolaannya baik, maka halaman website akan tetap bertahan di halaman utama mesin pencari.

Meski keduanya tidak sama, tapi sebetulnya SEO dan SEM saling mendukung dan dapat dimanfaatkan secara bersama-sama. Dengan demikian, metode SEO dan SEM akan semakin memaksimalkan profit perusahaan.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms