22 November 2021

Tingkatkan brand awareness bisnis Anda dan rasakan manfaatnya.

Tingkatkan brand awareness memang penting sebagai upaya tetap bertahan dalam persaingan melawan kompetitor. Karena, semakin produk itu dikenal maka, kemungkinan konsumen membeli tinggi, menurut penelitian angkanya mencapai 60%. Contohnya seperti ini, ada dua brand smartphone yaitu Samsung dan Advan. Walaupun, produk dalam negeri mengeluarkan kelas flagship hingga statusnya killer, banyak youtuber memuji bahkan sedikit merekomendasi. Tetap saja, Samsung menjadi pilihan di hati. Saat tiba di counter walaupun awalnya memilih Advan tetapi, melihat ponsel asal Korea tersebut langsung iman goyah. Pasti produk asal Indonesia ini ditinggalkan.

Mengapa bisa demikian? Karena, mereka belum terkenal seperti seri Galaxy yang memang mendominasi. Kualitas bagusnya belum teruji, hanya satu atau dua saja, lainnya masih abu-abu walau semua itu salah. Inilah fungsi terbesar mengapa brand awareness itu jadi penting, sebagai upaya memberikan informasi kepada konsumen, bahwa produk itu ada dan mempunyai kualitas sangat bagus, keren, dipuji para kritikus. Sayangnya, untuk meningkatkannya bukanlah perkara mudah. Butuh waktu dan perjalanan panjang, selain itu ada juga beberapa langkah serta tahapan harus dilalui setiap pengusaha terlebih dulu.

Baca Juga: 7 Manfaat Pemasaran Online yang Bisnis Anda Peroleh

Tingkatkan Brand Awareness dengan Tagline

Poin pertama adalah membuat tagline serta logo, keduanya menjadi modal dan senjata perusahaan agar lebih dikenal orang. Anda dapat belajar dari pabrikan Yamaha dengan istilah “semakin di depan.” Serta lambang garpu tala, dua poin tersebut menjadi andalan pabrikan asal Jepang tersebut untuk meningkatkan penjualannya di Indonesia. Hal itu cukup berhasil, karena 3 kata singkat itu seperti menjadi mempengaruhi. Agar membeli Yamaha karena, selalu di depan dengan berbagai fitur hingga teknologi mumpuni, sehingga semua produknya tampak menarik untuk dibeli. Tagline serta logo ini juga menjadi identitas agar pelanggan mengenalinya. Misalnya, saat mereka menjelajah media sosial, melihat logo dan taglinenya mereka pasti tahu bahwa, akun itu milik siapa. Dengan begini pelanggan akan mendapatkan kemudahan akses untuk menyampaikan keluhan dan saran.

Tingkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Langkah kedua adalah meninggalkan teknik pemasaran kuno dengan penyebaran brosur. Sudah merusak lingkungan, hal itu hanya efektif 10% saja. Cobalah beralih ke medsos, usahakan Instagram, Youtube, Twitter, Facebook punya. Lebih bagus lagi bila menambahnya platform tiktok. Pastikan semuanya aktif dan selalu membuat berbagai konten terbaik. Poin pentingnya adalah membuat karya Anda viral, agar banyak diperbincangkan. Dengan begini, kesempatan konsumen mengenal produk Anda semakin tinggi. Setelah itu, dari rasa penasaran yang muncul mereka akan mencoba melihat, bertanya, hingga akhirnya membeli, agar tidak ketinggalan tren. Oleh karena itu, tim marketing Anda harus kreatif, dan berani untuk out of the box. Sistem pemasaran seperti ini jauh lebih efektif, dibandingkan iklan melalui televisi, angkanya mencapai 45%.

Tingkatkan Brand Awareness Pengolahan Website

Selain media sosial, gunakan juga website sebagai senjata lainnya dalam menarik perhatian dari konsumen. Caranya cukup mudah, intinya secara penampilan web harus mumpuni, bagus, serta mudah dalam sistem operasinya. Jadi, saat Anda menyuruh pesan melalui online, tidak harus bertanya lebih dulu dimana pilihannya, atau simbol serta kata ini apa. Semakin rumit, pelanggan pasti akan segera pergi karena, lainnya mudah. Selain itu, untuk menjaga perhatian dari konsumen, usahakan menambahkan beberapa artikel yang masih relevan dengan produk. Contohnya, perusahaan handphone, pasti seluruh naskahnya berisi smartphone, mulai dari cara sampai pilihan terbaik. Dalam pembuatannya usahakan untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen seperti apa. Misalnya, ada keluhan handphone sulit dibuka. Cobalah membuat tutorialnya atau penyebab sampai cara mengatasi keluhan tersebut, agar mereka semakin yakin.

Tingkatkan Brand Awareness Berbagai Event

Berada di balik dunia maya saja masih kurang, oleh karena itu cobalah membuat atau mengikuti berbagai event. Masih mengambil contoh smartphone misalnya, ada pameran expo, terbesar di Indonesia. Agar pelanggan semakin percaya setelah melihat di medsos, membaca seluruh artikel pada web, akhirnya mereka dapat melihat secara langsung bagaimana produknya, bila memang worth it, tanpa pikir panjang langsung beli. Sebenarnya, pada tahap melihat web saja mereka sudah percaya. Hanya saja, masih butuh pembuktian lebih,  oleh karena itu berbagai event di berbagai Kota harus dimanfaatkan dengan baik.

Tingkatkan Brand Awareness Dengan Kerja Sama

Perlu diingat, pada dasarnya konsumen membutuhkan sesuatu yang berbeda dan out of the box. Bila karya sendiri dirasa kurang bagus, tidak ada salahnya menjalin kerja sama seperti indomie dan chitato. Keduanya sepakat menghadirkan cita rasa khas indomie ke dalam produk chitato. Hal seperti ini dapat dilakukan, sebagai upaya meningkatkan atensi dari konsumen. Dengan begini produk akan terus diingat. Melakukan co-branding semacam ini bisa juga sebagai upaya untuk bangkit bersama, Karena, fans dari indomie pasti penasaran membeli chitato. Begitu juga dengan para penggemar cemilan tersebut, pasti tidak mau ketinggalan.

Tingkatkan Brand Awareness Give Away

Tahapan berikutnya, untuk mengikat para pelanggan dan sebagai tanda terima kasih atas bentuk dukungan mereka. Anda bisa memberikan sebuah giveaway berupa produk gratis atau voucher menarik. Semua perhitungannya sudah tersedia oleh tim marketing. Hanya saja, untuk mendapatkannya disebut dengan sebuah permainan. Misalnya, memberikan saran hingga kritik serta pengalaman menggunakan produk, yang paling unik mendapatkannya. Terkadang, mereka akan menyisipkan berbagai keluhan tersebut. Walau lainnya hanya berupa bercanda semata tetapi, hal itu dapat dijadikan sebagai sebuah catatan tersendiri. Ada yang harus diperbaiki atau tidak. Pemberian giveaway dengan langkah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai upaya mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Anda. Mana harus dibenahi, ditambah atau dikurangi.

Tingkatkan Brand Awareness Bersama Influencer

Walaupun Anda sudah begitu terkenal dan semua orang pasti memilih barang tersebut. Hanya saja, menjalin kerja sama dengan berbagai influencer tetaplah penting. Sebagai upaya menjangkau konsumen lain. Walaupun sudah banyak orang yang membeli, namun jumlah belum semua orang bukan? Mungkin, mereka kurang tahu sehingga, ragu untuk memilih produk Anda. Oleh karena itu, diperlukan seseorang agar dapat menjangkaunya. Mereka adalah influencer hanya saja pilih jumlah like, subscriber, follower cukup banyak dan bukan fiktif, sehingga, jangkauannya bisa sesuai dengan apa yang diinginkan, Cara ini dinilai paling efektif.

Baca Juga: 8 Manfaat Website Bagi Perusahaan yang Wajib Anda Ketahui

Perlu diingat, dalam bisnis bukan hanya menawarkan sesuatu saja, melainkan harus ada sesuatu agar mereka tertarik memilih dan membeli tanpa berhenti. Dengan tingkatkan brand awareness semua itu dapat terjadi. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!