Tips dan Strategi Penjualan Online untuk Menambah Penjualan

30 December 2020

Menaikkan penjualan merupakan hal yang cukup sulit, apalagi jika strategi penjualan yang dilakukan tidak tepat.

Bukannya malah untung, produk malah tidak terjual dengan baik. Kalau sudah begini, pasti pelaku usaha akan kecewa dan sedikit down. Maka dari itu, untuk menyiasatinya Anda perlu menggunakan strategi penjualan online. Pasalnya, di era serba online ini, orang-orang cenderung menggunakan teknologi digital untuk mencari sesuatu.

Baca Juga: Nilai Brand Immersion Dalam Strategi Marketing

Lalu, bagaimana cara menjalankan strategi penjualan secara online ini? Tenang saja, Anda dapat mengetahui tipsnya pada informasi yang akan diulas berikut ini:

Tips Menjalankan Strategi Penjualan Online

Strategi penjualan secara online dapat memaksimalkan penjualan produk dari bisnis Anda. Untuk memaksimalkan penggunaan strategi ini, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

1. Buat Situs Online Shop

Karena kini orang-orang lebih memilih belanja online, maka Anda juga perlu membuat ini sebagai peluang penjualan. Caranya adalah dengan membuat situs online shop yang dapat menarik pelanggan. Anda bisa menggunakan berbagai macam media, mulai dari website, sosial media, maupun email marketing.

2. Memaksimalkan Jaringan dan Relasi

Dalam dunia bisnis, jaringan dan relasi tentu merupakan salah hal penting yang perlu dimaksimalkan. Pasalnya, jaringan dan relasi yang dibangun dengan baik dapat menjadi salah satu jalan untuk menawarkan produk. Dengan begitu, pastinya produk Anda dapat dikenal lebih luas lagi dan penjualan berpotensi meningkat.

3. Tambahkan Konten Marketing yang Menarik

Jangan hanya melulu menawarkan barang sana-sini, Anda juga perlu memberikan konten yang menarik agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi online shop Anda. Konten marketing yang bisa Anda pilih mulai dari artikel untuk website, video atau gambar untuk sosial media. Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan produk yang dipasarkan, ya.

4. Pahami Tren dan Platform yang Anda Gunakan

Seorang pebisnis tentu harus up to date dan mengikut zaman serta tren yang ada. Anda harus memiliki sifat fleksibel dalam menggunakan berbagai macam media yang kini sedang digandrungi banyak orang. Selain itu, Anda memahami tren dan juga platform yang digunakan untuk melakukan usaha, agar strategi penjualan online yang dilakukan dapat berjalan maksimal.

5. Target Sebagai Landasan Awal

Tips selanjutnya adalah dengan menentukan target sebagai landasan awal, agar strategi penjualan yang dipilih bisa tepat sasaran. Cobalah untuk selalu memetakan target pasar secara berkala, karena tidak semua orang menginginkan bahkan membutuhkan produk yang Anda jual.

Misalnya, target pasar Anda adalah kalangan remaja, maka Anda perlu menggunakan strategi penjualan yang terkesan gaul dan tentunya tidak ketinggalan zaman.

6. Pasang Iklan

Karena banyak sekali sosial media dengan fitur iklan berbayar, maka Anda perlu memanfaatkannya dengan baik. Apalagi sekarang banyak orang yang tidak bisa berjauhan dengan sosial media, sehingga Anda bisa menjadikannya lahan untuk memperlancar strategi penjualan online.

Pilihlah sosial media yang banyak digunakan oleh orang, seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter. Dengan begitu, produk Anda akan dikenal lebih cepat oleh khalayak ramai dan potensi penjualan produk dapat meningkat.

7. Bergabung dengan Marketplace

Strategi penjualan yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah bergabung dengan marketplace yang memiliki pengguna banyak. Pasalnya, kini banyak sekali yang menggunakan marketplace untuk belanja, karena memang sangat aman dan menguntungkan bagi penjual maupun pembeli.

Nah, hal ini tentu tidak bisa Anda lewatkan begitu saja, bukan? Maka dari itu, Anda perlu menggunakan strategi penjualan ketujuh ini, untuk menaikkan penjualan.

Semua tips di atas sangat bisa Anda gunakan untuk melancarkan strategi penjualan online.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan saat Menyusun Strategi Pemasaran Online

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini!