Ini Pentingnya User Interface dalam Sebuah Website

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
user-interface-dreambox

Sudahkan user interface pada website menarik?

Bagi konsumen, website bisnis yang menarik tidak hanya dilihat dari konten yang disajikan, tetapi juga user interface. Namun, apa yang dimaksud dengan user interface? Pada dasarnya, user interface merujuk kepada tampilan yang dilihat oleh pengguna saat sedang mengakses website Anda. Lantas, apa pentingnya aspek ini? Mari kita pelajari bersama-sama agar Anda bisa memaksimalkannya untuk bisnis sendiri.

Apa Itu User Interface?

Jika dijabarkan dengan lebih detail, user interface atau sering juga disebut dengan UI, adalah tampilan visual yang tampak pada layar untuk menjembatani pengguna dengan sistem teknologi. Tampilan ini memastikan bahwa pengguna dapat berinteraksi dengan baik untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari sebuah sistem.

Lalu, apa saja yang menjadi fokus utama dalam user interface? Selain desain visual, user interface juga menggabungkan prinsip best practices dari bidang desain interaksi serta struktur informasi. Ketiga bidang ini saling berkaitan untuk memengaruhi pengalaman interaksi pengguna dengan elemen yang hadir secara visual saat menggunakan teknologi.

Mengapa User Interface Itu Penting?

Bagaimana user interface memengaruhi pilihan pengguna untuk berbisnis dengan Anda? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Memudahkan penggunaan website

Belakangan ini, semakin banyak pebisnis yang membuat website untuk memasarkan usaha mereka kepada khalayak umum. Salah satu metode pemasaran yang paling sering dipraktikkan adalah memperkenalkan produk atau layanan bisnis; tentunya cara mudah untuk memadatkan semua informasi yang dibutuhkan adalah dengan menggabungkan elemen visual serta teks.

Contoh user interface yang baik akan mempermudah pengalaman calon pembeli Anda, baik saat mencari produk dengan ciri-ciri yang diinginkan atau artikel yang menjawab pertanyaan mereka. Jadi, dengan adanya user interface, pelanggan Anda hanya perlu duduk dan mengakses gadget mereka untuk mendapatkan jawaban atas apa yang mereka butuhkan.

2. Meningkatkan pengalaman pengguna (user experience)

User interface yang baik akan berdampak positif pada user experience, dan begitu juga sebaliknya. Agar lebih jelas, anggap saja Anda memiliki calon pelanggan yang ingin mencari barang dalam rentang harga tertentu. Maka dari itu, Anda ingin memastikan bahwa mesin pencarian yang terpasang memiliki petunjuk yang jelas dan mudah digunakan.

Dengan meletakkan elemen penting yang diperlukan pengguna pada bagian yang mudah diakses, Anda berhasil meningkatkan user experience. Pada akhirnya, user experience yang baik akan membuat pengguna tersebut tidak ragu-ragu untuk mengunjungi website bisnis Anda untuk kedua kalinya, atau bahkan mempromosikan situs tersebut kepada orang lain.

3. Mencerminkan kualitas branding

Branding tidak selalu berkaitan dengan iklan yang ditampilkan di platform atau media lain. User interface juga dapat menjadi ajang untuk menunjukkan identitas brand Anda jika Anda dapat memanfaatkannya dengan kreatif. Sebagai contoh, Anda bisa memainkan palet warna ketika membuat website. Dengan palet warna dan ilustrasi yang menonjol, pengguna Anda akan lebih mengingat ciri khas brand Anda. 

Akan tetapi, keunikan desain saja tidak cukup untuk keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang. Desain yang digunakan untuk website harus mudah dinavigasi serta memiliki paduan warna yang harmonis. Padukan kepraktisan serta warna dominan, niscaya kualitas branding Anda akan tercermin dengan lebih baik untuk membuat pelanggan terkesan.

Apa Saja Contoh User Interface yang Baik?

Setelah mempelajari mengapa user interface begitu penting untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, mari kita pahami contoh user interface yang efektif untuk diterapkan.

1. Jelas dan singkat

Ketika Anda ingin menjelaskan sebuah fitur atau menu, sebisa mungkin cobalah untuk menjabarkan intinya dalam satu kalimat saja. Jika tidak memungkinkan, carilah lambang visual yang dapat merepresentasikan poin tersebut supaya penjelasannya tidak bertele-tele. Contohnya, alih-alih menulis “Klik tombol ini untuk melacak status pengiriman” pada tampilan tombol menu, rangkum saja menjadi “Lacak Pengiriman” atau “Pengiriman.”

2. Responsif

Pengguna Anda hanya memiliki waktu tiga detik atau bahkan kurang dari itu untuk menentukan apakah sebuah website memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, jika mereka harus menunggu lama untuk bisa melihat halaman berikutnya setelah mengklik sebuah URL, mereka akan langsung meninggalkan website Anda.

Jadi, Anda juga harus memastikan bahwa setiap elemen pada website, mulai dari tombol hingga kolom untuk mengetik, berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, maksimalkan loading time suatu halaman web atau waktu yang diperlukan untuk memunculkan sebuah menu penting supaya tidak terlalu lama.

3. Familier

Menerapkan desain yang unik memang bagus, tetapi Anda tidak boleh melupakan unsur familiarity dalam menciptakan user interface yang baik. Misalnya, tombol untuk halaman log in serta pendaftaran akun biasanya terletak di sudut kanan atas sebuah halaman web, dan kedua tombolnya akan memiliki dua warna dengan kecerahan yang kontras. Nah, karena pengguna akan bergerak berdasarkan pengalaman tersebut dari website lain, sebaiknya desain Anda menerapkan apa yang umumnya mereka ketahui.

4. Efisien

Pelanggan Anda ingin menjangkau semua yang mereka butuhkan di satu tempat, tanpa harus membuka jendela atau menu yang berbeda. Agar Anda bisa meningkatkan user experience, letakkan semua fitur penting dari satu rumpun pada tempat tertentu. 

Sebagai gambaran, jika Anda ingin membuat halaman katalog produk untuk toko online, pastikan tombol atau link menuju semua kategori produk terpusat di satu lokasi, misalnya di toolbar bagian atas halaman web. Hal ini akan memudahkan pengguna ketika mereka ingin melihat pembagian umum dan rinci dari produk yang Anda tawarkan, sebab mereka tidak perlu mondar-mandir dari satu halaman ke halaman lainnya.

5. Konsisten

Konsistensi sangatlah penting untuk meningkatkan persepsi pelanggan terhadap branding Anda, apalagi kalau Anda ingin merilis lebih dari satu lini produk atau jasa. Walaupun semua lini tersebut mungkin memiliki tujuan serta target demografi yang berbeda, Anda tetap dapat menyampaikan pesan bahwa produk-produk tersebut tetap buatan Anda. Caranya, tentu saja melalui user interface.

Meskipun palet warna yang digunakan untuk website promosi setiap jenis produk Anda berbeda-beda, hadirkan konsistensi dengan layout desain serta penggunaan logo yang seragam. Dengan keseragaman tata letak dan ilustrasi logo, pelanggan Anda tidak akan merasa tersesat ke website milik usaha lain.

Dalam membangun sebuah website, user interface adalah aspek yang harus diperhatikan dengan baik. Jika Anda membutuhkan inspirasi, terapkan saja contoh user interface baik yang disebutkan di atas. Namun, kalau Anda masih ragu-ragu dalam merancang tampilan website sendiri, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan jasa membuat website yang ditawarkan Dreambox.

Dreambox menawarkan layanan website development yang akan mengiringi Anda sepanjang proses pembuatan website, termasuk saat mendesain user interface. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms