Inspirasi dan Unsur Penting dalam Company Profile Website

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
company-profile-dreambox

Apa sebenarnya company profile itu?

Company profile merupakan identitas perusahaan yang penting agar audiens dapat lebih memahami bisnis Anda. Di era digitalisasi seperti sekarang, bakal lebih efisien jika Anda memakai website untuk membagikan company profile. Terlebih, sekarang kebanyakan orang mencari informasi secara online. Sebelum ke pembahasan berikutnya, ada baiknya menyamakan pemahaman terlebih dahulu soal company profile. Company profile adalah sarana perkenalan perusahaan yang bertujuan membangun citra positif di benak target audiens. 

Apa yang harus ada dalam sebuah company profile?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri dalam membangun company profile, namun ada beberapa komponen utama sebagai acuan membuatnya. Dalam menyusun company profile website atau media lain, Anda dapat memasukkan nama perusahaan, kontak, visi dan misi, sejarah pendirian, hingga pencapaian selama berbisnis.

Unsur utama dalam profil perusahaan bisa dikembangkan sesuai keputusan masing-masing pengelola. Misalnya, dapat ditambahkan informasi seputar filosofi logo, gambaran target pasar, nilai-nilai yang dipegang perusahaan, juga deskripsi produk. Jika menjalankan PT terbuka, biasanya company profile lebih lengkap karena disajikan untuk investor dan masyarakat umum.

Mengapa company profile penting?

Terdapat beberapa alasan yang menjadikan company profile penting dalam mengelola bisnis. Melalui brand story pada profil perusahaan, dapat dijalin hubungan dekat dengan konsumen atau klien. Sebab, konsumen dapat memahami proses pendirian dan pengembangan perusahaan sampai perolehan prestasinya.

Selain itu, mempublikasi company profile website juga akan meningkatkan brand awareness bagi bisnis Anda. Jika menerapkan strategi yang tepat, target audiens dapat mengenal bisnis Anda lebih jauh. Setelah mengenal, barulah dapat menuju tahap transaksi atau investasi. 

Tips membuat company profile website

Apabila sudah mulai paham, simak di sini untuk tahu tips membuat company profile website secara efektif!

1. Tentukan informasi apa saja yang ingin Anda tampilkan 

Tahap pertama dalam membuat company profile website adalah menentukan informasi yang ingin ditampilkan. Pasalnya, setiap perusahaan memiliki kepentingan masing-masing. Contohnya, perusahaan terbuka perlu mempublikasikan informasi detail mengenai sejarah pendirian bisnis sampai laporan keuangan mengingat investor berasal dari masyarakat luas. Namun, perusahaan lain mungkin tidak memiliki kewajiban itu.

Seberapa detail profil yang akan disajikan? Pastikan bahwa informasi dapat disampaikan secara straightforward dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami oleh audiens. 

2. Pilih tema yang sesuai dengan branding perusahaan

Branding perusahaan berkenaan dengan cara bisnis membangun citranya. Misalnya, brand kecantikan dengan target remaja perempuan biasanya menggunakan pendekatan ringan agar lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari audiens. Namun, perusahaan otomotif dapat menerapkan pendekatan lebih serius agar dapat dipercaya oleh calon pembeli. 

3. Jangan lupa deskripsi produk

Ketika membuka company profile website, audiens biasanya berekspektasi untuk memahami bisnis Anda. Hal ini termasuk deskripsi produk yang ditawarkan agar dapat mengetahui perusahaan bergerak di bidang apa. Bagian ini diadakan agar pengunjung dapat menentukan apakah akan cocok berbisnis dengan Anda. 

Deskripsi produk dalam profil perusahaan tidak perlu menyebutkan setiap barang atau jasa dalam bisnis. Namun, jelaskan saja secara keseluruhan mengenai keunggulan atau unique selling proposition (USP) dari produk perusahaan Anda. Misalnya, perusahaan menyediakan jasa layanan e-commerce yang cepat atau baterai tahan lama. 

4. Gunakan platform yang mudah dioperasikan 

Sebagai pemula dalam membangun website, Anda dapat memanfaatkan platform praktis seperti WordPress. Sebab, platform semacam itu memungkinkan pembuatan website beserta seluruh halamannya dengan maksimal, serta dirancang dengan desain ramah pemula. Proses pembuatan pun jadi minim kesalahan karena telah disediakan template dan deskripsi yang jelas.  

5. Cantumkan kontak perusahaan

Adanya company profile website membantu Anda memperkenalkan perusahaan kepada pihak-pihak bersangkutan, terutama untuk mendapatkan calon klien potensial. Katakanlah ada calon klien yang langsung tertarik menggunakan produk atau layanan Anda setelah membuka company profile website.

Nah, untuk memudahkan mereka terhubung dengan perusahaan Anda, sediakan informasi kontak perusahaan pada company profile website tersebut. Dengan begitu, calon klien bisa langsung menghubungi Anda tanpa harus keluar dari website. Akan lebih efisien lagi jika Anda menyediakan button yang, ketika di-klik, akan langsung mengarahkan pengunjung pada kontak WhatsApp atau email resmi perusahaan Anda.

6. Jangan lupa tampilkan testimoni klien

Sudah berapa banyak klien yang pernah menggunakan produk atau layanan Anda? Mintalah testimoni dari mereka, lalu cantumkan testimoni tersebut pada company profile website bisnis Anda. Tak perlu menampilkan testimoni dari seluruh klien, pilih saja beberapa klien yang sudah dikenal masyarakat luas.

Adanya testimoni pada company profile website menunjukkan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan memang terbukti dapat membantu klien. Jadi, saat calon klien mengunjungi situs company profile dan membaca testimoni tersebut, kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda akan meningkat. Mereka pun jadi lebih yakin untuk bekerja sama dengan Anda karena sudah ada bukti nyata bahwa bisnis Anda benar-benar memberi dampak positif.

7. Gunakan nama perusahaan sebagai domain

Last but not least, ingatlah bahwa domain akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon klien Anda. Karenanya, gunakan nama perusahaan sebagai domain Anda agar calon klien bisa lebih mudah mencari dan menemukan company profile website Anda.

Selain itu, penggunaan nama perusahaan sebagai domain juga dapat mendukung kredibilitas website. Sebagai contoh, Dreambox sebagai perusahaan marketing agency menggunakan domain www.dreambox.id.

Company profile website merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan dalam membangun bisnis. Melalui halaman ini, dapat dibentuk citra perusahaan yang baik di mata klien, konsumen, investor, juga masyarakat luas. Jika membutuhkan bantuan dalam menyusunnya, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website company profile dari Dreambox. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms