01 July 2020

Sebelum memulai bisnis, penting untuk mempelajari tentang branding elements terlebih dahulu.

Ketika ingin memulai sebuah bisnis, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah strategi branding. Dikatakan sebagai sebuah strategi karena kegiatan branding tersebut dijalankan dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan yang jelas dan terukur. Sehingga setiap kegiatan pemasaran harus relevan dan mendukung strategi branding yang tengah dijalankan.

Baca Juga: Langkah yang Harus dilakukan Bisnis UKM Saat Branding

10 Branding Elements Paling Penting

Sebelum memulai kegiatan branding, ada 10 branding elements yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. 10 elemen ini merupakan patokan atau benang merah dari kegiatan branding tersebut. Inilah penjelasan terkait 10 elemen brand tersebut :

 

1. Brand Identity

Elemen pertama yang harus dipersiapkan adalah identitas brand. Identitas brand merupakan cara orang mengenali sebuah brand. Pada umumnya identitas brand terdiri dari nama, logo, slogan, bentuk, warna, suara, dan keuntungan yang ditawarkan oleh brand baik rasa, aroma, atau kesan.

 2. Brand Image

Brand image atau citra merupakan sebuah gagasan tentang bagaimana orang membayangkan brand tersebut. Apakah memberikan kesan mewah atau murah, apakah dewasa atau muda, apakah ceria atau berani, dan lain sebagainya.

3. Brand Positioning

Ketika memulai membangun sebuah brand dan merancang branding elements, penting untuk melihat tempat brand akan berdiri. Pemasar harus menentukan bagaimana brand yang dimilikinya melihat dirinya sendiri, bagaimana brand tersebut dilihat oleh konsumen, dan bagaimana brand tersebut dilihat oleh kompetitor.

4. Brand Personality

Sama seperti halnya manusia, brand juga dibangun dengan mencerminkan suatu personalitas tertentu. Personalitas brand yang ditunjukkan hendaknya sesuai dengan brand image dan brand positioning yang telah ditentukan.

5. Brand Equity

Brand equity didefinisikan sebagai nilai yang menggambarkan kualitas brand tentang seberapa kuat brand tersebut di pasar. Sehingga para pemasar harus merencanakan bagaimana membuat brand yang dimilikinya menjadi terkenal dan menjadi top of mind di masyarakat.

6. Brand Experience

Brand experience merupakan branding elements yang mengacu pada berbagai pengalaman konsumen ketika menggunakan brand tersebut. Mulai dari proses pemilihan sampai dengan setelah menggunakan brand tersebut.

7. Brand Differentiation

Merupakan elemen yang memuat berbagai hal yang unik dari brand, sehingga brand dapat dengan mudah dibedakan dan dikenali daripada brand pesaing.

8. Brand Communication

Dalam memulai sebuah bisnis dan membangun brand yang kuat, pemasar harus menentukan pesan komunikasi pemasaran yang ingin disampaikan sejak awal. Pada tahap selanjutnya, pemasar harus secara konsisten mengkomunikasikan pesan tersebut agar ekuitas brand semakin kuat.

9. Brand Gap

Apa yang telah disusun dari beberapa branding elements di atas, selama prosesnya dapat terjadi gap antara apa yang dijanjikan melalui komunikasi pemasaran dengan apa yang sebenarnya diterima konsumen. Oleh karena itu pemasar harus mengantisipasi hal tersebut dan berusaha untuk memperkecil munculnya brand gap.

10. Brand Association

Dalam menjalankan strategi branding, dibutuhkan berbagai macam media untuk menyampaikan pesan demi menjangkau target konsumen yang diinginkan. Selama proses tersebut, pemasar harus senantiasa memperhatikan media atau komunikator yang membawa pesan agar memberikan asosiasi yang baik.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari rusaknya citra brand karena suatu asosiasi yang buruk. Misalnya dalam memilih brand ambassador, pastikan bahwa ambassador tersebut memiliki citra dan kesan positif di masyarakat.

 

Itulah 10 branding elements yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. 10 elemen tersebut harus didefinisikan secara jelas dan detail sebagai pegangan menjalankan kegiatan branding dan memilih jenis kampanye pemasaran. Uraian dari 10 elemen tersebut akan mempermudah dalam menentukan apa pesan utama komunikasi pemasaran yang ingin disampaikan, kepada siapa pesan tersebut disampaikan, dan bagaimana serta melalui media apa pesan tersebut disampaikan. Sehingga kegiatan branding yang dijalankan lebih efektif dan terarah.

Baca Juga: Contoh Kegiatan Branding Yang Dapat Digunakan Saat Merintis Usaha

Untuk informasi lebih lengkap mengenai dunia branding, silakan kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.