20 November 2020

untuk tetap bisa bertahan melalui perubahan adalah dengan mengikuti arus perubahan itu sendiri

Transisi Digital merupakan tantangan baru bagi para pebisnis di abad-21 ini. Secara mendasar Transformasi Digital juga dapat diartikan sebagai peralihan fokus penjualan yang sebelumnya memaksimalkan kegiatan secara langsung, menjadi kegiatan online melalui jejaring internet. Namun bukan berarti harus menghilangkan metode penjualan lama yang memiliki fisik toko, tetapi lebih kepada bentuk ekspansi untuk meraih pasar yang lebih luas.

Baca juga: Bertahan Melalui Pandemi Dengan Mengoptimalkan Digital Marketing.

Seperti yang kita ketahui, seluruh orang di dunia telah menggunakan Internet, maka secara langsung apabila suatu bisnis menjajakan produknya melalui internet; mereka bisa mendapatkan perhatian orang dari berbagai penjuru dunia, tetapi tentu saja hal ini membutuhkan skill marketing yang mumpuni. Dari berbagai macam bentuk keberhasilan itu beberapa perusahaan yang sukses dalam melakukan transisi digital melalui digital marketing adalah:

  • Netflix

Netflix merupakan perusahaan layanan streaming film yang berasal dari amerika serikat. Namun tahukah Anda bahwa Netflix telah berdiri sejak tahun 1997, awalnya Netflix merupakan perusahaan yang menyewakan film dalam bentuk DVD dengan durasi sewa tertentu, namun melihat pesatnya perkembangan internet di negara amerika, pada tahun 2007 Netflix memulai layanan Digital pertamanya yang dapat diakses melalui Internet.

Netflix melakukan banyak proses marketing untuk bisa mencapai kesuksesan sekarang ini, seperti melakukan strategi DIgital Marketing dengan menayangkan iklan-iklan pada mesin pencari internet, bahkan melakukan kolaborasi dengan perusahaan produksi film. Terbukti per tahun 2020 Netflix telah memiliki 167 juta pengguna di seluruh dunia.

  • Blue Bird

Siapa yang tidak tahu Blue Bird, Jasa Taksi terlama yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui blue bird sebelumnya hanya berfokus pada pelayanan di lapangan atau secara langsung, namun seiring perubahan teknologi dan persaingan dari perusahaan jasa antar lainnya; Blue Bird sempat mengalami penurunan karena rata-rata pelanggannya yang beralih menggunakan layanan antar jemput online yang memberikan lebih banyak kemudahan. Hal tersebut memicu perusahaan blue bird untuk menerapkan taksi online agar bisa tetap bertahan dan bersaing pada industri layanan antar jemput.

Terbukti hingga kini Blue Bird masih menjadi pilihan beberapa kalangan dalam melakukan antar-jemput, bahkan Blue Bird telah melakukan banyak ekspansi terhadap kendaraan yang dimilikinya seperti memberikan armada dengan tarif argo yang lebih murah, bahkan akhir-akhir ini Blue Bird telah meluncurkan beberapa taksi dengan mobil listrik Tesla yang kedepannya akan digunakan sebagai kendaraan utama.

  • Tokopedia

Di zaman yang serba cangging, membutuhkan pola pikir yang juga canggih dan kreatif. Tokopedia memberikan wadah bagi para pelaku bisnis untuk bisa menjual barang dagangannya di internet dengan jaminan perlindungan dan keamanan. Tokopedia melihat persaingan bisnis yang terjadi di internet adalah sebuah peluang yang besar untuk melakukan bisnis e-commerce, melihat dari kebutuhan sehari-hari orang indonesia yang juga tinggi.

Kehadiran Tokopedia memberikan banyak keuntungan bagi para pedagang kecil maupun perusahaan besar, namun untuk bisa memiliki nama besar tersebut tokopedia telah melalui banyak proses dan perubahan, hal tersebut tentunya didukung oleh aktivitas digital marketing yang dilakuka dengan sangat baik oleh tim tokopedia. Seperti yang sering kita lihat Tokopedia sering melakukan endorsement dengan banyak public figure, selain itu Tokopedia juga rutin mengirimkan email marketing kepada pelanggan yang terdaftar, baik dalam bentuk B2B maupun B2C.

Dari semua perusahaan di atas dapat kita simpulkan bahwa untuk tetap bisa bertahan melalui perubahan adalah dengan mengikuti arus perubahan itu sendiri, tentunya dengan tetap menjaga integritas dan nilai-nilai penting yang sudah diterapkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Pengaruh Digital Marketing Terhadap Branding Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.