29 March 2021

Konsumen yang loyal merupakan salah satu kunci sukses yang penting dan perlu diperhatikan.

Bisnis yang baik pasti memiliki banyak konsumen dengan tingkat keloyalan yang tinggi. Jika Anda sudah memilikinya, maka mempertahankan loyalitas konsumen merupakan hal yang perlu dilakukan. Lebih mudah mencari daripada mempertahankan, hal ini tidak hanya perihal kesetiaan cinta saja tetapi juga pada kesetiaan konsumen. Memang mempertahankan loyalitas dari konsumen juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, ada cara-cara jitu yang bisa Anda gunakan untuk mempertahankannya.

Baca Juga: 4 Alasan Brand Lokal Ini Laku Keras

Cara Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Sebenarnya untuk mempertahankan loyalitas dari konsumen cukup mudah, yakni dengan selalu memberikan kepuasan. Jika konsumen puas, maka mereka tidak akan kabur apapun yang terjadi dengan bisnis Anda. Namun, jika tidak puas, tidak disuruh pun mereka akan pergi begitu saja. Untuk itu, aplikasikan cara berikut ini dalam bisnis Anda agar dapat mempertahankan loyalitas dari konsumen:

1. Perhatian Khusus

Tak banyak yang salah mengambil cara untuk mempertahankan loyalitas konsumen, yakni dengan fokus pada penawaran agar konsumen tertarik. Akan tetapi banyak yang lupa bahkan tidak memperhatikan kebutuhan konsumen, apa saja keinginannya, dan hal lain-lain yang menyangkut kepuasan konsumen. Padahal, dengan perhatian inilah konsumen bisa terus setia dengan bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memberikan perhatian khusus kepada konsumen setia, baik pada saat konsumen melakukan transaksi maupun sesudahnya.

2. Program Khusus Pelanggan Setia

Pasti Anda tahu, bahwa program khusus untuk pelanggan atau konsumen setia sudah banyak diaplikasikan bisnis kecil maupun besar di negara ini. Tujuan dari program ini tidak lain adalah untuk memberikan reward kepada pelanggan atau konsumen yang sudah setia membeli produk dari sebuah bisnis. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat card member dengan level tertentu. Semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak pula fasilitas yang diberikan kepada pelanggan setia. Memberikan pengumuman atau pemberitahuan secara khusus sebelum produk launching misalnya. Contoh lainnya, Anda bisa memberikan reward kepada member dengan poin tertinggi, berupa voucher belanja atau yang lainnya. Dengan begini, pelanggan akan semakin lengket dengan bisnis Anda.

3. Program Positif

Selain program khusus yang memberikan keuntungan pada pelanggan, Anda bisa mengajak para pelanggan setia untuk ikut serta dalam program positif. Mereka pasti akan senang dengan program-program positif yang Anda selenggarakan yang bertujuan untuk kepentingan bersama, karena mereka dapat ikut serta secara langsung. Contoh program positif yang bisa Anda selenggarakan adalah acara charity atau acara-acara sosial di moment-moment tertentu. 

4. Follow Up Konsumen

Loyalitas konsumen dapat ditandai dengan kembalinya konsumen untuk membeli produk Anda, dan itu pasti menjadi harapan besar, bukan? Jika Anda ingin hal tersebut terwujud, maka sebaiknya tidak mengabaikan konsumen meskipun mereka sudah membeli produk Anda. Setelah mereka melakukan pembelian, lakukan follow up dengan cara tetap berhubungan baik dan menanyakan kepuasan tentang produk yang telah dibeli. Anda juga bisa meminta kritik dan saran yang membangun, guna evaluasi kedepannya.

5. Tingkatkan Performa Karyawan

Karyawan juga salah satu faktor penting untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen, sehingga performanya harus ditingkatkan. Lakukan briefing atau super visi ketika diperlukan, agar karyawan tahu tugas dan cara menarik hati serta memperlakukan pelanggan dengan baik. 

Dengan melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, loyalitas konsumen dapat Anda pertahankan bahkan juga bisa meningkat. Meskipun Anda memiliki konsumen baru dalam jumlah banyak, jangan pernah melupakan konsumen setia Anda. Pasalnya, merekalah yang membuat bisnis Anda berkembang dan terus maju.

Baca Juga: 5 Peran Penting Digital Strategist di Industri 4.0

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!