13 November 2020

Menjaring pekerja terbaik dengan metode Employer Branding.

Jika Anda memiki sebuah perusahaan, tentu Anda ingin perusahaan berjalan dengan baik, bukan? Apalagi jika perusahaan Anda berskala besar dan melibatkan banyak elemen serta para pekerja. Elemen dan pekerja yang berkualitas terbaik tentu akan lebih memungkinkan untuk perusahaan berkembang lebih cepat.

Baca juga: Mengapa Employer Branding Penting untuk Perusahaan.

Lalu, apakah yang bisa dilakukan untuk menemukan para pekerja yang akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan? Anda bisa melakukan sebuah strategi yang disebut sebagai Employer Branding. Simak ulasan selengkapnya untuk mengetahuinya lebih detail dan strategi yang bisa digunakan untuk membangunnya.

Sekilas Tentang Employer Branding 

Employer branding atau gambaran situasi kerja adalah sebuah citra dan persepsi yang dimaksudkan untuk membuat para pelamar kerja tertarik bekerja di perusahaan yang Anda miliki. 

Selain berguna untuk menemukan bakat-bakat potensial yang bisa memberikan dampak positif pada perusahaan Anda, gambaran situasi kerja ini juga berguna untuk perusahaan yang memiliki kesulitan untuk menemukan pekerja yang memiliki kualifiasi yang dibutuhkan

Strategi untuk Membangun Employer Branding

Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk memberikan gambaran situasi kerja kepada para calon pelamar kerja. Simak keterangan lengkapnya berikut ini. 

  • Manfaatkan Keunggulan pada Perusahaan

Identifikasikan poin plus yang ada di perusahaan, sehingga para pelamar kerja akan tertarik untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Anda. Sebisa mungkin, poin plus ini akan membuat para pelamar kerja menempatkan perusahaan Anda sebagai prioritas utama yang akan mereka masuki daripada persahaan pesaing. 

Tidak menutup kemungkinan bahwa di antara sekian pelamar, pasti akan ada beberapa pekerja berbakat yang sangat berpotensi untuk berkontribusi lebih di perusahaan milik Anda, kan?

  • Maksimalkan Visi dan Misi Perusahaan

Perusahaan yang bagus biasanya memiliki visi misi yang jelas dan terarah. Maka komunikasikan visi misi ini di setiap perekrutan atau di tiap momen penyebaran informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan. Secara tidak langsung, para pelamar akan memahami pekerja seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan Anda. 

Apalagi jika ternyata para pelamar tersebut memiliki visi misi yang hampir serupa. Bukan tak mungkin pelamar seperti ini akan menunjukkan performa yang lebih di tempat kerja yang mereka anggap sesuai dengan passion pribadi mereka.

  • Bangun Sistem Manajemen Perusahaan

Ini akan berguna untuk mengiklankan lowongan pekerjaan dari mulut ke mulut. Bangunlah citra suasana kerja dan manajemen yang ramah untuk para pekerja di perusahaan Anda. Sehingga secara tidak langsung para pekerja yang sudah terdaftar di perusahaan akan memberikan testimoni yang positif pada orang-orang yang akan melamar kerja di perusahaan Anda. 

Apalagi jika dikombinasikan dengan pemberian reward dan apresiasi bagi pekerja yang memenuhi target. Sehingga kesan yang ditimbulkan akan membuat siapapun betah untuk bekerja di sana.

  • Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Tempat Strategis

Dengan menempatkan iklan lowongan kerja di media atau situs yang strategis, maka ini akan memberikan gambaran tersendiri mengenai kualitas pekerjaan yang ditawarkan. Usahakan untuk memberikan informasi yang lengkap untuk meyakinkan kevalidan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Penuhi Hak dan Insentif Calon Pekerja

Ini adalah poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Dengan menginformasikan tentang gaji, insentif, asuransi, dan hak-hak lain yang memang seharusnya diterima oleh para pekerja sebelum mereka bekerja, maka setiap pekerja akan merasa lebih tenang untuk berkontribusi dan dapat membentuk gambaran situasi kerja yang positif di lingkungan perusahaan.

Demikianlah ulasan mengenai strategi pembentukan employer branding yang akan membuat Anda sukses untuk menjaring para pekerja terbaik. Mana nih yang sudah diterapkan di perusahaan Anda?

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai Employer Branding, kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.