02 December 2021

Ketahui apa itu content marketing dan berbagai manfaatnya.

Sudahkah Anda tau apa itu content marketing, istilah content marketing kini mulai familiar Anda dengar bukan. Istilah tersebut biasanya berhubungan dengan dunia bisnis, dimana model pemasaran tersebut diketahui dapat meningkatkan penjualan suatu produk. Dalam dunia bisnis, pastinya pemasaran menjadi salah satu bagian terpenting, dan akan menentukan apakah penjualan atas produk tersebut bisa mengalami peningkatan atau malah tidak terjadi perkembangan signifikan.

Namun kebanyakan pebisnis yang baru memulai usahanya, masih belum mengenal dengan baik apa itu content marketing. Padahal jenis pemasaran seperti ini cukup berpengaruh, terlebih lagi kini dunia digital di seluruh dunia semakin berkembang setiap harinya. Pastinya akan sangat disayangkan, jika perkembangan dunia digital tersebut tidak Anda manfaatkan bagi kebutuhan bisnis. Beberapa bisnis yang mulai berkembang di Indonesia misalnya, mereka mulai memanfaatkan content marketing, sebagai bagian dari bisnis mereka.

Baca Juga: Pelajari Pentingnya Jasa Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Apa Itu Content Marketing dan Keuntungannya bagi Bisnis Anda

Dalam menjalankan suatu usaha, tentunya kita sebagai pebisnis harus bisa memanfaatkan berbagai strategi sebaik mungkin. Persaingan semakin ketat, memaksa Anda harus segera beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi pada dunia bisnis.

1. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Pebisnis yang mengandalkan content marketing dalam hal pemasaran, maka akan lebih diuntungkan karena content marketing dapat bertahan lebih lama. Jika dibandingkan dengan ads atau iklan, yang hanya dapat berjalan dalam kurun waktu tertentu. Untuk mempertahankan content marketing, pebisnis harus membuat konten relevan dengan bisnis, sehingga content marketing dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Namun Anda juga bisa membuat konten sesuai dengan tren, agar lebih up to date.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda bertanya apa itu content marketing, maka dapat dikatakan bahwa brand awareness menjadi salah satu dampak positifnya. Dalam suatu perusahaan, brand awareness terbilang cukup penting karena setiap perusahaan pasti membutuhkannya. Terciptanya brand awareness, maka konsumen akan memberikan kepercayaannya kepada anda, lalu merek Anda akan diingat dan mudah untuk diakui. Dengan begitu peluang Anda untuk menjadi merek pertama, yang akan digunakan kembali oleh konsumen jauh lebih besar.

3. Meningkatkan Website Traffic

Website traffic meningkat, menandakan bahwa situs bisnis Anda dikunjungi oleh banyak orang. dengan begitu peluang bisnis akan jauh lebih besar, untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk.

4. Meningkatkan Penjualan

Menjelaskan apa itu content marketing memang cukup mudah, keuntungan lain dari jenis pemasaran ini adalah, pebisnis bisa meningkatkan penjualan. Tentunya hal ini menjadi tujuan utama dari pemasaran bukan, jika penjualan meningkat maka keuntungan juga akan lebih besar.

Cara Penggunaan Content Marketing dengan Strategi

Masih banyak pebisnis awam, yang belum mengerti bagaimana memanfaatkan content marketing dengan sebaik mungkin. Sehingga hasil yang akan pebisnis dapatkan lebih maksimal, juga bisnis yang Anda jalankan dapat bersaing dengan baik.

1. Menentukan Audiens

Hal pertama perlu pebisnis lakukan dalam membuat content marketing adalah, menentukan kriteria audiens seperti apa. Hal ini bertujuan agar pebisnis dapat membuat konten yang sesuai dengan target pasar, sehingga pemasaran akan lebih terarah dan memiliki tujuan. Kriteria dalam Anda memilih audiens dapat disesuaikan dengan, usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, kebutuhan dan lainnya. Setelah membuat kriteria, maka pebisnis perlu melakukan riset atas kebutuhan yang mereka hadapi, lalu Anda bisa membuat konten marketing yang berisikan solusi.

2. Menemukan Topik

Apa itu content marketing, dapat dikatakan dalam membuat konten tentunya kita harus mengangkat berdasarkan topik tertentu. Tentukan topik yang sesuai dengan target audiens, kebutuhan audiens, sehingga konten tersebut berisi atas solusi dari apa yang mereka butuhkan. Tanpa adanya topik dalam sebuah content, maka pebisnis akan lebih sulit dalam membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen. Jika ingin mendapatkan feedback dari konsumen, maka pebisnis perlu membuat konten yang sesuai dengan isu saat ini.

3. Manfaatkan Semua Channel

Ada beberapa jenis media yang dapat kamu manfaatkan, seperti earned channel, paid dan owned media. Pebisnis bebas dalam memilih media yang digunakan untuk memasarkan produk pebisnis, namun semakin banyak media yang dipilih, maka semakin besar juga peluangnya. Selain itu target audiens dan cara penyampaiannya dalam setiap channel akan berbeda, yang membuat keuntungan bagi perusahaan menjadi lebih besar.

Content Marketing dan Bentuk-Bentuknya

Content marketing tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan ada berbagai bentuk marketing lain yang bisa pebisnis manfaatkan. Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja bentuk lain dari content marketing, serta manfaatnya bagi bisnis anda.

1. Social Media

Dapat dikatakan bahwa saat ini sosial media menjadi salah satu media, yang cukup berpengaruh bagi pertumbuhan bisnis. Kini pebisnis bisa memanfaatkan media tersebut dalam memasarkan usaha anda, dengan peluang keuntungan yang lebih besar.

2. Email

Membahas mengenai apa itu content marketing, memang bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda akan dunia bisnis. Dan bentuk lainnya dalam sebuah konten marketing adalah, email dengan efektivitas marketing cukup tinggi. Bentuk content marketing dalam sebuah email dapat bermacam-macam, misalnya seperti email pengingat shopping cart, newsletter, promosi dan lainnya.

3. Video

Video marketing yang pebisnis tampilkan dalam sebuah blog, membuat pengunjung berada lebih lama dalam situs tersebut. Hal tersebut akan meningkatkan organic traffic, yang akan berdampak positif bagi bisnis anda.

Kemampuan yang Wajib Anda Miliki dalam Membuat Content Marketing

Mengaplikasikan content marketing pada sebuah bisnis, tentunya bukanlah suatu perkara yang mudah. Anda harus cermat dalam mengaplikasikan strategi ini, agar efek dari pemasaran tersebut dapat berdampak positif bagi keberlangsungan usaha anda.

1. Mengembangkan Cerita

Tentunya dalam membuat sebuah konten, Anda harus bisa mengembangkan cerita dengan baik. Seperti halnya jika Anda ingin membuat sebuah video atau podcast, maka skill mengembangkan cerita akan dibutuhkan, agar audiens merasa tertarik dan tetap mendengarkannya.

2. Komunikasi

Menjelaskan apa itu content marketing, akan membuat Anda lebih mengerti dalam mengaplikasikannya ke dalam bisnis. Namun unsur komunikasi dalam membuat konten akan dibutuhkan, sebab jika pebisnis paham bagaimana berkomunikasi dengan audiens, maka mereka akan lebih memahami dan tertarik dengan pemasaran tersebut.

3. Menulis

Dalam menulis sebuah konten, Anda dapat menyalurkannya dalam sebuah artikel, copywriting, naskah video dan lainnya. Menggunakan berbagai gaya menulis, mencari berbagai sumber-sumber menarik dan terpercaya, akan membuat kemampuan pebisnis lebih terasah.

Baca Juga: Alasan Anda Memerlukan Social Media Management

Ada berbagai strategi dapat Anda gunakan dalam suatu bisnis, namun sebagai pebisnis, Anda tidak bisa mengaplikasikan strategi tersebut dengan asal. Setelah mengetahui apa itu content marketing, kini pebisnis dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin bagi bisnis anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!