19 April 2021

Membangun usaha atau bisnis tentu tidak cukup hanya mendirikan suatu gedung, gudang, maupun bangunan yang ditujukan untuk kegiatan operasional.

Melainkan juga memikirkan bagaimana menciptakan suatu produk yang diminati, dicari, dan dibutuhkan oleh masyarakat dalam jangka panjang. Pada saat membahas hal ini maka akan terhubung dengan pembahasan mengenai karakteristik merek. Istilah karakteristik merek memiliki definisi sebagai karakter khas yang dimiliki suatu brand dan kemudian menjadikannya mudah diingat oleh masyarakat. Produk yang memiliki karakter ini nantinya akan dikenal luas dan mudah untuk dipasarkan. Membangun produk maupun jasa yang berkarakter tentu tidak mudah, sebab dibutuhkan proses pembuktian.

Baca Juga: Cara Menentukan Target Audiens untuk Branding Usaha

Membuktikan bahwa produk tersebut memang yang terbaik dan layak untuk dibeli. Prosesnya mungkin bisa memakan waktu beberapa bulan saja, namun kebanyakan justru memerlukan waktu tahunan. Sebab setiap produk dan jasa yang sukses dijamin memancing kompetitor menyediakan produk serupa dan jauh lebih unggul. Tanpa karakteristik merek yang khas dan kuat maka produk yang dipasarkan akan tenggelam digerus oleh produk kompetitor. Penting sekali bagi pelaku bisnis untuk membentuk karakteristik pada merek produk dan jasa yang disediakan. Hal ini akan menjadi modal untuk bisa bertahan di tengah gencarnya persaingan sengit. 

Hal-Hal yang Membuatnya Penting untuk Dimiliki

Terdapat banyak hal yang membuat karakteristik dari merek perlu atau penting untuk dimiliki, diantaranya adalah: 

1. Mendapatkan Kepercayaan Masyarakat

Sukses membangun karakteristik pada merek akan membantu membangun citra positif dari merek tersebut, sehingga membantu mendapatkan kepercayaan masyarakat. Bahwa setiap kalimat yang digunakan dalam promosi adalah benar, entah itu menjelaskan manfaat maupun keunggulan produk dan jasa yang disediakan. Jika produk sudah dipercaya sebagai produk berkualitas dan merupakan pilihan terbaik, maka di masa mendatang tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk memasarkannya ke publik. Sudah ada jaminan akan laku dan menjadi prioritas bagi siapa saja yang membutuhkannya. 

2. Meraih Pelanggan Loyal yang Banyak

Pada dasarnya karakteristik merek yang didukung oleh karakteristik perusahaan akan  membantu mendapatkan pelanggan yang loyal, sehingga di mata mereka produk dan jasa yang disediakan adalah yang terbaik. Tidak peduli harganya terus naik maupun sudah banyak kompetitor yang mengklaim menawarkan produk yang lebih baik, Pelanggan setia tidak akan bergeming, sebab sudah yakin bahwa mereka yang saat ini dipakai adalah yang terbaik. 

3. Meminimalkan Biaya Promosi

Jika merek sudah punya karakter dan mampu meraih kepercayaan publik. Maka perusahaan tidak perlu lagi bersusah payah dan keluar modal besar untuk melakukan promosi. Artinya, dengan berbekal karakteristik merek yang sukses maka perusahaan bisa meminimalkan biaya promosi. Biaya yang bisa dihemat kemudian bisa dialokasikan ke kegiatan atau kebutuhan lain. Misalnya untuk biaya inovasi produk, pengembangan perusahaan dengan mendirikan cabang baru, dan lain-lain.

4. Kemudahan Menarik Pelanggan Baru

Merek yang sudah dikenal  bagus tentu akan lebih mudah meraih kepercayaan dari masyarakat lebih luas. Maksudnya adalah, mereka bisa dengan mudah menarik minat pelanggan baru untuk menjadi pelanggan setia, sehingga perusahaan tidak akan kehilangan atau kekurangan pelanggan. Sebab akan selalu berdatangan pelanggan baru. 

5. Punya Daya Saing Tinggi

Memiliki merek yang sudah dikenal bagus dan menjadi pilihan terbaik juga menjadi salah satu kekuatan untuk bersaing. Merek tersebut nantinya akan memiliki daya saing tinggi yang tentu tidak mudah disaingi oleh produk serupa dari kompetitor.

Baca Juga: 4 Teknik Dalam Membuat Nama Usaha yang Mudah Diingat

Memiliki karakteristik merek melalui penjelasan di atas tentu diketahui sangatlah penting. Oleh sebab itu, setiap pelaku bisnis wajib sekali mengupayakan proses membangun merek yang berkarakter positif dan kuat. Bisa dimulai dari peningkatan maupun menjaga kualitas produk maupun layanan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!