31 August 2020

Ingin terjun ke dunia branding atau bisnis? Ada banyak istilah branding yang harus Anda ketahui sebelumnya.

Kata ‘brand’ tentu tidak asing lagi di telinga kita, terutama bagi masyarakat milenial yang selalu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. Bagi mereka, mengenakan barang-barang branded (terkenal dan mahal) menjadi prestige tersendiri untuk meningkatkan percaya diri. Namun ternyata istilah branding tidak hanya itu saja.

Baca Juga: Jenis-Jenis Profesi yang Harus Ada di Dalam Tim Branding

Brand merupakan sebuah merek dagang yang dikenal melalui nama maupun desain logonya. Sedangkan branding merupakan proses penyebarluasan sebuah brand yang dimulai dari memperkenalkan informasi tentang produk kepada khalayak ramai.

 

Istilah dalam Dunia Branding

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, sebaiknya Anda memahami mengenai istilah branding yang sering dipakai. Berikut penjelasan kami tentang beberapa istilah branding.

  • Rebranding

Rebranding adalah suatu usaha dimana citra sebuah brand dikembalikan pada tujual awal atau baru. Bertujuan agar menumbuhkan kepercayaan dan persepsi masyarakat agar brand semakin dikenal dan mendatangkan keuntungan.

  • Co-branding

Co-branding merupakan istilah branding yang sering ditemukan dalam bisnis. Istilah ini digunakan pada kondisi yang terjadi saat dua perusahaan sepakat untuk bekerja sama dalam hal mengelola, memasarkan dan mempromosikan sebuah brand.

  • Product Branding

Product branding merupakan salah satu jenis branding yang umum yakni dengan memperkenalkan informasi keunggulan produk sendiri dari produk pesaing/kompetitor.

  • Personal Branding

Selain Product branding, ada juga jenis branding yang sering digunakan yaitu Personal branding. Personal branding merupakan metode pemasaran yang populer di kalangan public figure (artis, politisi, musisi, dan lainnya) dengan tujuan agar orang banyak memiliki persepsi/pandangan atau dengan kata lain supaya mereka lebih dikenal dekat oleh masyarakat.

  • Corporate Branding

Corporate branding merupakan jenis branding yang menggunakan nama perusahaan sebagai nama merek dan sebagai penjamin kualitas produk atau jasa agar masyarakat lebih percaya terhadap keaslian dari brand tersebut.

  • Advertising

Periklanan atau advertising merupakan teknik pemasaran yang biasa digunakan sebagai media branding. Istilah ini memiliki arti usaha memperkenalkan brand atau produk tertentu melalui jasa iklan baik media online, elektronik maupun media cetak.

  • Copyright

Copyright atau lebih dikenal dengan hak cipta merupakan hak istimewa dari sebuah brand atau produk yang dilindungi oleh undang-undang. Biasanya dalam proses branding, copyright ini sering dipertanyakan untuk memastikan bahwa brand yang dipasarkan merupakan brand yang legal.

  • Digital Marketing

Digital Marketing adalah teknik pemasaran yang biasanya dilakukan melalui internet. Istilah branding ini sering juga disebut sebagai online marketing, web marketing maupun internet marketing.

  • Brand Strategy

Branding strategy artinya kumpulan kegiatan yang bertujuan untuk mendorong supaya brand sukses dan dikenal banyak orang. Strategi dalam branding ini hanya diketahui oleh orang-orang yang turut serta merencanakan dan membangun citra brand.

  • Sponsorship

Sponsorship adalah istilah branding yang banyak dipakai dalam dunia bisnis, karena merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan untuk branding. Teknik ini membutuhkan modal yang cukup besar, karena hanya dilakukan pada acara-acara yang mengundang banyak orang (sesuai dengan target branding).

  • Brand Awareness

Salah satu strategi marketing disebut brand awareness bertujuan untuk menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap brand atau produk tertentu, dengan cara promosi atas produk baru atau dengan cara rebranding.

  • Brand Experience

Pengalaman atau kesan yang didapatkan oleh konsumen/pelanggan setelah menikmati produk atau jasa yang ditawarkan dari sebuah brand disebut juga dengan brand experience. Pengalaman ini dapat membantu branding suatu perusahaan dengan menampilkan testimoni terhadap kepuasan pelanggan.

Pada umumnya istilah branding dipakai untuk menyampaikan informasi tentang sebuah brand atau produk. Istilah-istilah tersebut dipakai karena dianggap lebih singkat dan tepat sasaran. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.