30 August 2019

“Menunjuk salah satu brand consultant adalah keputusan yang cukup bijak sebagai salah satu proses branding yang akan Anda jalani.”

Hal ini karena brand consultant adalah sebuah perusahaan jasa yang telah lama dan berpengalaman dalam hal menaikkan harga sebuah brand. Dengan meminta bantuan pada branding consultant, diharapkan Anda akan bisa melakukan proses branding dengan semaksimal mungkin.

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum Anda memutuskan untuk menjadi klien sebuah brand consultant. Beberapa pertimbangan berikut inilah yang harus Anda perhatikan agar tidak salah memilih jasa brand consultant.

Baca Juga: Ini Dia Tahapan Proses Branding Yang Dilakukan Oleh Branding Consultant

1. Usia Sebuah Brand Consultant

Usia menunjukkan pengalaman, semakin lama usia berdirinya sebuah brand consultant, menunjukkan banyaknya pengalaman dalam menangani proses branding produk klien. Pengalaman-pengalaman inilah yang nantinya akan mereka terapkan pada klien-klien lainnya, termasuk Anda. Agar proses branding produk sesuai dengan yang diharapkan, pilihlah brand consultant yang telah berdiri lama dan penuh dengan asam garam pengalaman di bidang branding.

2. Memahami Konsep Branding Dan Pemasaran

Selain pengalaman yang mumpuni, sebuah brand consultant juga harus bisa memahami berbagai konsep pemasaran dan branding dari berbagai produk. Bagaimana teknik branding akan dilakukan pada produk baru, produk lama, maupun produk diversifikasi.

Dengan pemahaman yang kompleks terhadap proses pemasaran sekaligus branding, sebuah brand consultant akan mudah dalam melakukan perencanaan sekaligus proses branding bagi kliennya.

3. Selalu Berorientasi Pada Klien

Sebagai sebuah perusahaan layanan dan jasa, brand consultant yang baik sudah seharusnya memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien dan pelanggannya. Semua pemikiran dan tenaga tercurah untuk memberikan proses branding terbaik agar produk klien mampu merebut pangsa pasar hingga menjadi ‘king of the market’ pada produk-produk sejenisnya.

Pilihlah jasa brand consultant yang selalu berorientasi pada klien. Memenuhi semua ekspektasi klien serta mampu membawa brand klien menjadi terkenal dan digemari para pelanggan.

4. Kemampuan Dalam menganalisa Dan Memasarkan Sebuah Produk

Sebuah jasa brand consultant yang berkualitas harus mampu menganalisa serta membuat perencanaan branding dengan baik. Analisa ini meliputi bagaimana tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk klien dan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengenalkan produk tersebut pada masyarakat.

Brand consultant juga harus mampu menganalisa seberapa besar persaingan produk sejenis dan seberapa besar produk tersebut mampu memenangkan persaingan di antara pesaingnya.

5. Portofolio Brand Consultant

Tidak ada salahnya Anda memeriksa portofolio jasa brand consultant yang akan Anda ajak untuk bekerja sama. Dengan mengetahui portofolio lengkap, maka diharapkan Anda tidak salah menentukan pilihan terhadap sebuah jasa branding consultant.

Portofolio ini bisa Anda dapatkan langsung dari company profile perusahaan atau bisa juga Anda dapatkan dari testimoni klien yang pernah menggunakan jasanya.

Baca Juga: Tugas Dari Branding Agency Yang Harus Anda Ketahui

Itulah hal-hal penting yang harus Anda pahami sebelum memutuskan menggunakan jasa brand consultant. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di sini!