22 November 2019

“Belakangan ini, muncul strategi pemasaran yang baru yang disebut dengan brand activation.”

Dalam riset, hasil dari strategi ini efektif dalam memperkenalkan brand kepada publik, memperluasnya dan efek lain yang sangat diharapkan oleh para pengusaha, yaitu derasnya order yang diterima. Dari asal bahasanya yaitu bahasa Inggris, brand activation mempunyai arti “mengaktifkan merek”. Istilah ini merujuk pada aktivitas promosi yang diadakan oleh perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Brand Voice Untuk Brand Personality Anda

Cara Melakukan Brand Activation

Yang paling konvensional dari mengadakan dan mencari ide brand activation adalah mengadakan suatu acara bertempat di suatu lokasi pada waktu yang telah ditentukan. Kemudian, audience diundang dengan cara memberikan undangan fisik mau pun undangan digital melalui surat elektronik. Cara ini mempunyai kelebihan yaitu cepatnya brand diterima audience.

Brand activation juga dapat dilakukan tanpa menggelar acara secara fisik. Secara online, brand activation sangat mungkin dilakukan. Kita dapat menggunakan forum komunitas. Selain itu, banyak fasilitas live broadcasting yang dapat kita manfaatkan untuk memberikan materi promosi kepada para viewer.

Brand Activation Idea Terinspirasi oleh BA Brand Ternama

Sebuah brand minuman ion menggelar sebuah brand activation dengan mengambil tema disko di pagi hari. Brand tersebut memanfaatkan car free day (CFD) sebagai waktu dan tempat perhelatannya. Target promo tersebut adalah para remaja perkotaan. Mereka menggandeng anak muda dan mengajak mereka untuk bergerak di pagi hari. Dan gerakan dan tarian tersebut tidak membosankan karena diiringi oleh musik EDM.

Ini memberikan inspirasi tersendiri untuk memanfaatkan event yang biasanya ramai dikunjungi oleh banyak orang yaitu car free day. Mereka yang datang biasanya mempunyai tujuan untuk bersantai sehingga dapat dipastikan bahwa mereka memiliki banyak waktu dan tidak tergesa-gesa pergi ke tempat lain. Untuk menambah keseruan acara, kita dapat mengundang DJ.

Ide brand activation lainnya dapat kita contoh dari sebuah brand perabotan rumah tangga yang mengadakan acara brand activation melalui acara makan malam. Dari ide brand activation ini dapat pula kita kembangkan, misalnya untuk menambah semangat para audience, kita dapat mengundang kungfu chef. Di sela chef tersebut beratraksi, dapat kita selipkan materi promo dengan cara yang menyenangkan.

Ide lainnya adalah dengan cara online, yaitu dengan mengadakan talk show secara live tentang topik yang sedang hangat dibicarakan. Yang lebih baik tentu saja yang berhubungan dengan produk. Namun jika tidak pun, brand dapat menempatkan diri sebagai sponsor dan memberikan sedikit apresiasi bagi yang ikut berpartisipasi.

Brand activation harus menarik perhatian publik. Sedikit brand activation idea di atas dapat kamu kembangkan menjadi lebih canggih dan lebih kreatif lagi.

Baca Juga: 4 Rahasia Marketing Efektif Menggunakan Brand Storytelling

Kegiatan brand activation akan terlaksana dengan baik apabila dilaksanakan dengan tim yang profesional. Seperti Dreambox Branding Agency yang telah berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan brand activation. Tertarik bekerja sama dengan kami? Hubungi kami di sini.