20 September 2019

Personal branding merupakan satu hal yang banyak diperjuangkan seseorang atau sebuah lembaga sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan.”

Dengan personal branding, orang lain atau konsumen akan bisa melihat diri atau bisnis Anda dari karakter positif yang dibangun. Dari alasan tersebut, maka tak heran jika banyak brand consultant menyarankan untuk membangun personal branding kliennya sebagai salah satu cara untuk mempromosikan atau mengenalkan brand dari klien-klien mereka. Karena seorang brand consultant tahu beberapa manfaat dari pentingnya personal branding seperti dibawah ini:

Baca Juga: Langkah-Langkah Untuk Memulai Komitmen Personal Branding

1. Mampu Meningkatkan Kredibilitas

Ada pepatah mengatakan “tong kosong nyaring bunyinya”. Orang akan lebih memperhatikan apa yang Anda atau perusahaan Anda lakukan. Bukan apa yang Anda ucapkan

Membuktikan dengan tindakan dari apa yang telah Anda ucapkan adalah sebuah cara membangun personal branding yang efektif. Dengan pembuktian yang baik, maka perlahan kredibilitas perusahaan Anda akan semakin meningkat sehingga khalayak akan semakin mengenal perusahaan Anda dari sisi positifnya.

2. Mampu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tahukah anda? Bahwa membangun personal branding akan meningkatkan rasa percaya diri Anda, karena Anda dituntut untuk terus berada pada titik keunggulan yang Anda miliki. Saat Anda melakukannya dengan baik lalu mendapat respon positif dari khalayak sekitar, maka rasa percaya diri Anda secara otomatis akan semakin bertambah karena Anda juga akan melupakan berbagai kekurangan yang ada pada diri Anda.

3. Meningkatkan Nilai Lebih Tinggi

Mengapa banyak brand consultant menaruh perhatian lebih pada pengembangan personal branding? Inilah salah satu alasannya, yaitu untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi. Saat nilai personal branding seseorang telah meroket, maka tak heran jika produk yang mereka punya pun akan ikut bernilai tinggi. Lihatlah bagaimana seorang artis yang juga mendirikan bisnis, brand mereka akan ikut melejit seiring dengan nama baik sang artis tersebut.

4. Sebagai Pembeda Dengan Kompetitor

Hanya mereka yang berwarna kuning yang akan dilihat dan dipilih orang di lautan yang berwarna hitam. Inilah gambaran dari pentingnya personal branding. Orang akan dengan mudah melihat seseorang yang memiliki perbedaan lain daripada yang lain. Agar Anda bisa berbeda dari para pesaing Anda maka Anda membutuhkan karakter perbedaan yang menonjol. Dengan begitu akan dengan mudah orang akan menemukan sekaligus melihat kelebihan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

5. Mampu Memperluas Jaringan Atau Pasar

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang menjadi alasani pentingnya personal branding adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Anda dengan profesionalisme-an yang Anda miliki. Semakin profesional, maka Anda juga akan semakin banyak memperoleh jaringan yang berguna bagi bisnis Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa brand consultant lebih banyak memfokuskan kliennya pada pengembangan personal branding terlebih dahulu. Setelah tahu beberapa manfaatnya, maka tidak salah bagi Anda untuk terus membangun personal branding Anda sendiri demi kesuksesan diri Anda maupun bisnis yang sedang Anda jalani.

Baca Juga: Intip Manfaat Personal Branding Di Sosial Media

Ingin mempelajari lebih jauh mengenai proses branding lainnya? Silahkan klik disini.