03 February 2020

Citra perusahaan harus selalu diperhatikan, karena persaingan dalam bidang usaha sudah sangat ketat.

Hal ini dipengaruhi oleh semakin majunya zaman yang melahirkan gebrakan-gebrakan baru dalam bidang industri. Banyak perusahaan yang berlomba merebut hati para konsumen dunia agar tertarik dengan produk yang dipasarkan. Hal ini dilakukan agar perusahaan tetap bisa eksis di pasar global.

Baca Juga: Cara Memperluas Pangsa Pasar dengan Strategi Branding

Branding merupakan hal terpenting yang harus ditingkatkan jika perusahaan tetap ingin bersaing di era globalisasi ini. Hal ini dikarenakan branding memegang pondasi kuat bagi perusahaan. Bagaimana perusahaan dikenal oleh para konsumen adalah dari branding yang kuat dan terkenal.

Pengertian Branding

Branding merupakan istilah nama, simbol untuk memberikan identitas dari suatu barang atau jasa penjual yang satu dan membedakannya dengan produk dari penjual lainnya, juga meliputi nama merk, logo, desain produk, maskot, ikon bunyi, slogan dan lain sebagainya. Branding saat ini bisa juga merupakan kegiatan yang dilakukan pihak perusahaan untuk membangun brand yang telah ada agar semakin besar.

Dalam pengaplikasiannya, branding mempunyai beberapa jenis. Ada sistem branding yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk yang ditawarkan, ada juga yang menunjukkan kontribusi pihak perusahaan di mata konsumen. Selain itu, ada pula yang bertujuan untuk memperkenalkan produk melalui lokasi yang disebutkan seperti jika disebutkan kota Yogyakarta maka konsumen langsung mengarah pada produk bakpia yang memang khas dari kota tersebut.

Tujuan Branding bagi Perusahaan

Hal terpenting dari branding untuk perusahaan adalah bagaimana membentuk kepercayaan di masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan demi persaingan di zaman industri sekarang ini.

Saat ini, brand bukan hanya lagi sekedar merk yang dikenal masyarakat, akan tetapi dikenal juga sebagai citra perusahaan secara keseluruhan. Berikut merupakan tujuan dan manfaat dari branding dalam meningkatkan image bagi perusahaan:

1. Pembeda

Fungsi dasar dari brand ialah membedakan produk antar perusahaan yang menjual produk yang sejenis. Sistem brand yang kuat akan mudah dikenali oleh para konsumen dan meningkatkan eksistensi perusahaan di pasar industri. Selain itu, brand juga memegang ciri khas tersendiri bagi suatu perusahaan yang mana tidak dipegang oleh perusahaan lainnya.

2. Daya Tarik Tersendiri

Branding juga memegang promosi pada produk perusahaan yang sedang dipasarkan. Brand yang kuat dan sudah besar namanya akan mempermudah pihak perusahaan dalam mempromosikan produk yang lainnya. Para konsumen akan lebih tertarik pada brand yang terkenal dan kuat di pasar global. Selain itu, kualitas produk juga memegang kendali dari ketertarikan konsumen terhadap suatu produk.

3. Membangun Keyakinan Konsumen

Inilah yang terpenting dari tujuan branding itu sendiri. Bagaimana brand yang kuat dapat mengubah citra perusahaan di mata para konsumennya. Hal ini merupakan upaya sulit dikarenakan membangun sebuah kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan merupakan hal yang membutuhkan perjuangan. Namun dengan brand yang kuat, maka bisnis yang dibuat akan lebih mudah diingat dan dipercaya.

4. Pengendali Pasar

Brand akan memudahkan dalam mengendalikan pasar dikarenakan kekuatan pada brand akan memudahkan konsumen mengenali produk perusahaan itu dengan mudah. Selain itu, branding juga akan menarik para konsumen baru untuk membeli. Hal ini semakin meningkatkan pendapatan dan image perusahaan.

5. Peluang Diferensiasi Produk

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa brand akan mempermudah perusahaan dalam memasarkan produk berbeda ataupun mengeluarkan produk terbaru sekalipun. Konsumen akan mudah mengenali dari brand yang tertera walaupun dengan jenis produk yang berbeda.

Itulah beberapa manfaat branding untuk membangun citra perusahaan yang baik di mata konsumen. Ada banyak cara bisa dilakukan. Yang terpenting adalah bisa menjaga citra tersebut dengan tingkatkan kualitas produk agar tidak pudar dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Aspek Penentu Keberhasilan Rebranding Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.