21 August 2019

“Di era digital seperti sekarang, pemain di industri yang sama terus bermunculan. Pentingnya branding adalah untuk menunjukan sisi keunikannya sebuah bisnis.” 

Branding adalah praktik pemasaran di mana perusahaan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan. Branding membantu konsumen mengidentifikasi suatu produk dan jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan dan apa yang membedakannya dari kompetitor di dalam industri yang sama.

Branding membatu perusahaan membuat kesan berkesan pada konsumen dan memunginkan mereka untuk mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan tersebut. Ini adalah cara membedakan sebuah bisnis dari pesaingnya atau kompetitornya dan menyampaikan pesan bahwa apa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut adalah produk atau jasa yang lebih baik dari bisnis lainnya. Brand yang Anda bangun akan menjadi representasi sejati dari jati diri dan kesan sebuah bisnis.

Branding mengunakan media seperti iklan, layanan pelanggan, promosi, reputasi dan logo untuk menyampaikan dan menunjukan pesan dan kesan dari sebuah bisnis. Semua elemen ini bekerja bersama untuk membuat satu profil bisnis yang profesional, unik dan menarik perhatian.

Mengapa Branding Penting?

Branding sangat penting untuk bisnis karena dampak keseluruhannya terhadap perusahaan Anda. Branding dapat mengubah cara konsumen memandang bisnis Anda dan juga dapat meningkatkan pengenalan dan kesadaran mereka tentang bisnis Anda.

1. Branding Membantu Pengenalan merek

Alasan terpenting mengapa branding penting bagi bisnis adalah karena itu adalah bagaimana perusahaan mendapatkan pengakuan dan dikenal oleh konsumen. Logo adalah elemen terpenting dari branding, terutama yang terkait dengan faktor ini, karena logo, pada dasarnya adalah wajah perusahaan. Inilah sebabnya mengapa desain logo untuk sebuah bisnis harus terlihat profesiona, kuat dan mudah diingat. Branding dapat mengirimkan pesan dan kesan tentang bisnis tersebut kepada konsumen pada pandangan pertama dengan mengunakan produk-produk promosi tercetak.

2. Branding Meningkatkan Nilai Bisnis

Branding yang bagus menjadi sangat penting untuk bisnis yang melihat jauh ke masa depan. Brand yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan membuat sebuah bisnis lebih berpengaruh di industrinya sendiri. Ini membuka peluang investasi yang luar biasa karena penempatannya yang tinggi di pasar.

3. Branding Menghasilkan Pelanggan Baru

Brand yang baik tidak akan menemui kesulitan dalam meyakinkan calon pembeli. Branding yang sukses bisa dilihat dari banyaknya kesan positif yang diberikan konsumen terhadap sebuah bisnis. Pelanggan tidak akan berpikir terlalu panjang untuk melakukan pembelian dari bisnis yang mereka percaya dan terasa akrab. Setelah sebuah brand mencapai kesuksesan, teknik mulut ke mulut akan menjadi teknik periklanan terbaik dan paling efektif dari semua teknik lainnya.

4. Branding Menciptakan Kepercayaan di Dalam Pasar

Penampilan profesional dan branding yang dirancang dengan baik akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen, calon klien dan juga pelanggan. Orang lebih cenderung melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki penggambaran yang terpoles secara profesional. Branding yang tepat dapat memberikan kesan bahwa bisnis Anda adalah pakar industri dan membuat publik merasa percaya pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

5. Branding Mendukung Efektivitas Iklan

Periklanan adalah komponen lain selain branding yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis. Strategi periklanan akan secara langsung mencerminkan merek, kesan dan pesan yang ditampilkan oleh bisnis tersebut kepada audiens atau calon pembeli. Periklanan dengan strategi branding yang kuat dari perusahaan tepercaya seperti Dreambox memudahkan bisnis untuk membangun strategi periklanan yang kohesif, menarik dan yang berperan baik dalam tujuan branding itu sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk Milenial

Apakah Anda ingin mengali lebih dalam ilmu tentang Branding ? Belajar lebih disini!