Tips SEO Marketing dan Perbedaannya dengan SEM

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
seo-marketing-dreambox

Apakah Anda sudah memahami perbedaan SEO dan SEM?

SEO Marketing akan membantu website Anda memuncaki mesin pencarian Google. Dengan strategi SEO yang tepat, Anda juga bisa membawa lebih banyak trafik ke website Anda. Berdasarkan riset WEBFX, sebanyak 75% pengguna internet hanya akan melihat pada halaman pertama di hasil pencarian Google.

Itu artinya jika Anda tak bisa memperoleh peringkat teratas di halaman pertama Google, Anda akan kehilangan banyak potensi dan prospek yang baik bagi bisnis Anda.Di sini akan dibahas apa itu SEO untuk marketing dan perbedaannya dengan SEM. Serta, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan strategi marketing dengan SEO.

Inilah Perbedaan SEO Marketing dan SEM

SEO dan SEM meski tujuannya sama, namun memiliki kompleksitas yang berbeda. Tidak dimaksudkan untuk bersaing masing-masing. Bahkan keduanya biasa digunakan untuk saling menguatkan satu sama lain. 

Konten SEO yang berkualitas akan dengan mudah memuncaki Google, jika didukung dengan SEM tentu juga akan lebih powerful lagi. Pada intinya, keduanya sama-sama dipergunakan untuk memaksimalkan pemasaran di dunia digital.

1. SEO 

Strategi marketing dengan  SEO dapat dilakukan dengan cara organic atau tak perlu berbayar mahal. Hal ini juga dilakukan untuk mengoptimasi penempatan website di Search Engine  Result Page (SERP). Untuk dapat melakukan hal ini, diperlukan keterampilan yang khusus. 

Untuk memperoleh hasil dari SEO dibutuhkan minimal atau paling cepat 3 bulan agar mulai kelihatan hasilnya. Tujuan SEO untuk dapat meningkatkan trafik website secara organic, melalui kinerja kata kunci. Jika website mampu memuncaki SERP, menunjukkan bahwa website itu memiliki strategi SEO Marketing yang baik. 

2. SEM

SEM atau Search Engine Marketing, tujuannya memang tak jauh berbeda dengan SEO. Untuk mengoptimalkan website dapat memuncaki Google. Namun, SEM ini lebih identic dan bertujuan untuk melakukan iklan penawaran produk atau jasa. 

Biasanya akan banyak didominasi oleh website komersial, toko-toko online kerap kali menggunakan SEM untuk mempromosikan bisnisnya. SEM ini diterapkan dengan pay per click atau PPC, sehingga tiap clicknya nanti pemilik website harus membayar. Hasil yang didapat memang terlihat lebih cepat, namun dana yang digelontorkan juga tentu tidak sedikit. 

Intip Tips Melaksanakan SEO Marketing 

Tahukah Anda bahwa 93% pengalaman online hari ini dimulai dari mesin pencari semacam Google. Maka, jika website Anda tidak memuncaki SERP, Anda akan menjadi tak terlihat oleh calon pelanggan. Selain itu, lebih dari separuh trafik web itu dihasilkan dari penelusuran organic. 

SEO untuk marketing dilakukan secara holistic tentang bagaimana bisnis atau brand Anda direpresentasikan secara online. SEO memberikan kendali penuh pada Anda untuk membuat tampilan seperti apa yang Anda inginkan di mata audiens Anda. 

Jika Anda sudah yakin untuk memulai strategi marketing dengan SEO, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

1. Selaraskan SEO dengan Sasaran Bisnis

Sebelum melaksanakan SEO untuk website Anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami posisi bisnis Anda. Apa tujuannya dan apa parameter suksesnya. Untuk itu disarankan untuk membuat Key Performance Indicator (KPI) dalam implementasi strategi ini. 

Audit SEO dan website juga diperlukan untuk mengevaluasi website Anda. Sebelumnya, Anda juga perlu memastikan hal-hal di bawah ini tentang website Anda. 

Seperti nama domain, topik, keyword, user engagement, pengolahan konten yang berkualitas juga diperlukan. Faktor lainnya ialah tampilan website, kualitas inbound linknya, dan segala hal mendasar tentang website Anda.

Kemudian, Anda sebaiknya membuat plan untuk timeline, alokasi budget dan juga tenaga. Di sini nanti Anda akan mendapatkan sesuai dengan berapa banyak yang Anda keluarkan. Jika Anda mencari yang cepat dan murah, tak ada jaminan bahwa Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai dibanding lebih banyak waktu dan budget

Sebab, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus berani mengalokasikan dana khusus. Namun, tak usah khawatir karena Anda bisa mengkonsultasikannya gratis di sini, disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

2. Riset Keyword

Peringkat di mesin pencari ditentukan dari algoritma yang berlaku dan ditentukan oleh berbagai macam faktor. Sebaik apakah sebuah website menjawab pertanyaan yang muncul di mesin pencari. Di sinilah keyword berperan utama. 

Keyword dapat berupa frasa yang komplek dan menjelaskan isi dari konten website Anda. Namun pemakaian keyword jelas tak semudah kelihatannya. Anda memerlukan riset untuk memastikan bahwa keyword tersebut yang paling sesuai dan banyak dicari. 

Untuk bisa menemukan keyword yang paling pas, saat melakukan riset perlu memperhatikan poin-poin seperti.: search intent, relevant keywords, keyword phrases, long-tail keywords, search volume, dan funnel keywords. 

Semuanya bisa didapatkan, dianalisa dan diolah menggunakan tools khusus untuk riset keyword. Tools ini juga bisa diakses secara gratis, namun beberapa fitur tentu membutuhkan akses premium berbayar untuk digunakan secara maksimal.

Digital agency penyedia jasa SEO DreamBox dapat melakukan riset terbaik dan membuat konten pilar berkualitas bagi website Anda. 

3. Lakukan Analisa Kompetitor

Seperti strategi pemasaran lain pada umumnya. SEO Marketing juga kompetitif, apalagi menginata da banyaknya website yang ada di dunia. Tentu saja semua berlomba-lomba untuk menjadi yang paling pertama. 

Melakukan analisa kompetitor jelas dibutuhkan, Anda harus benar-benar memahami industri apa yang Anda tengah geluti. Sehingga hal itu akan membantu menentukan topik apa yang akan diusung untuk website Anda.

Perlu untuk mengetahui seperti apa Search Engine Result Page untuk keyword yang Anda targetkan. Website dari mereka mana yang sudah masuk peringkat? Jenis konten seperti apa yang ada di daftar peringkat atas? Dari situlah Anda bisa memakai dasaran untuk analisis kompetitor dan menambahkan banyak nilai tambahan atas konten website yang sudah ada. 

4. Mengatur Tools untuk SEO

Anda bisa memilih menggunakan berbagai macam tools untuk SEO yang ada untuk mengokohkan strategi SEO Anda. Saat ini terdapat tools gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan. 

Untuk penggunaan tools berbayar mungkin akan membuat Anda mengeluarkan banyak budget, belum lagi untuk pengoperasiannya. Anda bisa memakai penyedia jasa  SEO Marketing, karena biasanya agency semacam itu sudah memiliki tools yang mumpuni mendukung optimasi SEO. Termasuk DreamBox yang telah memiliki 10 tahun pengalaman di dunia marketing.

5. Memperhatikan Search Intent

Menyelaraskan search intent dengan konten yang Anda buat harus dilakukan. Agar pembaca dapat lebih merasa dihubungkan dan dapat mengambil manfaat dari konten di website Anda. Sehingga website Anda juga mampu memberikan konten yang tepat bagi pengunjung website. Anda bisa memulai dengan menanyakan pada diri sendiri, apa sebenarnya yang ingin didapatkan oleh seseorang ketika mencari kata kunci tertentu.

Lagi-lagi Anda perlu mengacu pada hasil SERP, seperti apa website dan kontennya yang telah berperingkat tinggi. Hal ini juga akan memudahkan Anda mencari target keyword dan membantu Anda memahami yang audiens Anda butuhkan.

6. Daur Ulang Konten Lama

Terdapat banyak alasan mengapa suatu konten di website mengalami penurunan peringkat atau kehilangan trafik. Apalagi mengingat seringnya perubahan pada algoritma Google, membuat konten jadi tak relevan lagi. Saatnya mendaur ulang konten lama Anda, agar menjadi lebih segar dan relevan dengan saat ini.

Daur ulang konten lama dapat menjadi cara jitu untuk meningkatkan trafik baru dan membuat ROI dari waktu ke waktu. Hal ini juga dapat membuat strategi SEO Marketing Anda terus berjalan tanpa kendala sebab mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

7. Menulis untuk Manusia

Algoritma peringkat Google kini lebih pintar dari sebelumnya, bahkan saat ini Google juga memiliki valuator yang bekerja menilai konten-konten di website. Apakah konten tersebut sudah human friendly atau belum. Apakah konten tersebut layak memperingati mesin pencari atau belum. 

Strategi SEO yang solid adalah berfokus pada human, sebab memang mereka lah membentuk basis pelanggan Anda. Akan lebih baik jika Anda mampu memberikan nilai tambah untuk mereka dengan konten yang autentik. 

8. Input Alamat Website ke Google Search Console

Anda bisa memanfaatkan platform gratis ini untuk memonitoring website, menganalisa page dan mengetahui domain yang meletakkan link di website Anda. Tambahkan alamat website Anda di platform tersebut, agar dapat dengan mudah dideteksi oleh lebih banyak orang.

9. Website yang Cepat dan Responsive

Berdasarkan sebuah riset, sebanyak 83% pengguna internet mengharapkan website yang loadingnya kurang dari 3 detik. Jika lebih dari itu mereka akan kabur. Salah satu komponen paling penting dari SEO adalah waktu buka situs Anda. 

Saat pengguna mengunjungi situs Anda, mereka ingin mengakses informasi dengan cepat. Jika website loading lama, tidak responsible,  pengunjung akan meninggalkan web Anda dan mencari web lain yang lebih cepat.

Hal ini mengakibatkan adanya peningkatan rasio pentalan atau bounce bagi website Anda. Rasio bounce yang tinggi mengirimkan sinyal negatif ke Google bahwa situs web Anda tidak relevan dengan keyword yang dicari pengguna. 

Otomatis hal itu jadi merusak peringkat website di Google. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus meningkatkan kecepatan website Anda. 

Bisa menggunakan Google PageSpeed Insights untuk mengevaluasi kecepatan loading website. Alat ini membantu Anda memahami apakah web Anda dimuat dengan cukup cepat di desktop dan mode mobile. Jika Anda memerlukan peningkatan pada situs Anda, Google akan menawarkan saran tentang cara meningkatkannya. 

10. Analisis SEO

Penting untuk melacak dan memonitor kinerja strategi SEO Marketing yang tengah Anda terapkan. Terutama bila bekerja dengan digital agency, Anda tentu tak ingin kan menginvestasikan waktu, uang dan effort ke campaign yang tidak ber-impact

Analisis ini akan memberikan wawasan berharga bagaimana caranya agar hasil yang sudah ada dapat lebih ditingkatkan lagi. 

Laporan seperti ini bisa didapat dengan tools yang mumpuni, yang akan memberikan Anda informasi mengenai tampilan halaman, waktu pengunjung  habiskan waktu di halaman, konversi, dan lainnya. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa melakukan penyesuaian dan lebih mengoptimalkan strategi untuk mendorong hasil yang lebih baik. 

Untuk dapat memaksimalkan SEO Marketing pada bisnis Anda diperlukan banyak investasi tak hanya dana, tapi juga waktu dan usaha. Namun, tak perlu merasa kebingungan karena Anda bisa memulai marketing dengan SEO bersama Dreambox

Digital agency yang telah berpengalaman selama 10 tahun dengan ratusan klien. Siap menjadi tim Anda dalam membangun online presence bagi bisnis Anda. Konsultasikan bersama kami sekarang. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia SEO? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms