...

Tips Menemukan Jasa Pembuatan Website Terbaik di Indonesia

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
jasa-pembuatan-web

Pernahkah Anda mendengar tentang jasa pembuatan website terbaik di Indonesia?

Jasa pembuatan website terbaik di Indonesia dapat membantu dalam pembuatan website, mengingat tidak semua orang mampu melakukannya.  

Jadi, Anda tidak perlu menyediakan banyak waktu dan menghabiskan banyak energi maupun dana untuk mempelajari pembuatan website, serahkan saja pada ahlinya. Akan tetapi, terdapat satu hal wajib sekali untuk diperhatikan.

Jangan sampai salah dalam memilih penyedia jasanya. Tidak perlu takut mengenai hal ini, karena akan kami sediakan tips memilihnya. Jadi, mari menyimak artikel penting ini sampai baris terakhir.

Mengapa Jasa Pembuatan Website Terbaik di Indonesia dibutuhkan?

Ketika ingin membuat website, ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan, mulai dari coding, merancang design, dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada sejumlah alasan lain mengapa jasa dalam bidang ini lebih diperlukan.

1. Tidak Bisa Coding

Alasan pertama mengapa jasa pembuatan website terbaik di Indonesia begitu diperlukan ialah sebab tidak semua orang bisa coding. Coding memang aktivitas yang tidak terlepas dalam pembuatan website, terutama terkait bisnis.

Mungkin ada beberapa layanan yang menawarkan pembuatan tanpa coding. Akan tetapi, hasilnya tentu sangat sederhana. Berbeda halnya jika menggunakan coding hasilnya tampak lebih profesional.

Coding sendiri bukan hal mudah untuk dipelajari. Banyak sekali orang yang mempelajarinya melalui bangku perkuliahan, misalnya dalam jurusan teknologi informatika di perguruan tinggi.

Sebenarnya, mempelajari secara otodidak juga bisa. Namun, tentu saja akan memerlukan waktu lama karena pasti perlu melakukan latihan, terjadi kesalahan dan berupaya untuk memperbaikinya.

2. Sibuk

Alasan lain yang tidak kalah penting mengapa memerlukan jasa pembuatan website terbaik di Indonesia ialah sibuk. Tentu, setiap orang punya kesibukan tersendiri, misalnya sibuk kuliah atau bekerja.

Oleh sebab itu, lebih mudah untuk mengandalkan orang yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Seperti yang Anda tahu, proses pembuatannya membutuhkan proses panjang dan waktu lama.

Jadi, tidak mungkin bisa membuatnya sembari menjalankan kesibukan lain. Lebih baik untuk fokus pada kesibukan atau rutinitas utama dan menyerahkan urusan lainnya pada pihak yang sudah profesional.

3. Tidak Bisa Design

Alasan lain mengapa jasa pembuatan website terbaik di Indonesia begitu diperlukan ialah tidak bisa design. Membuat design bukan sedekar perkara mengikuti teori, tetapi juga perlu memunculkan pemikiran kreatif.

Anda pasti tahu bahwa orang-orang yang berkutat di bidang design pasti mempunyai pola pikir kreatif. Mereka harus mencurahkan pemikiran kreatifnya agar menghasilkan design artistik.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa membangun pemikiran kreatif dalam bidang design karena setiap orang punya bakatnya masing-masing. Oleh sebab itu, cukup serahkan urusan pembuatan website pada ahlinya.  

4 Hal Penting dalam Membuat Website

Jasa pembuatan website terbaik di Indonesia sudah dibekali dengan ketrampilan khusus. Ada beberapa komponen yang menjadi perhatian dalam bidang ini, mulai dari domain, hosting, desain hingga CMS, seperti dalam penjelasan berikut.

1. Domain

Domain tergolong salah satu komponen wajib dalam pembuatan website. Domain ialah alamat yang dipakai untuk mengunjungi suatu situs. Biasanya domain diakhiri dengan .com atau .co.id.

Ketika ingin membuat domain, ada beberapa hal perlu dipikirkan, mulai dari nama. Namanya harus melambangkan bisnis yang sedang Anda kerjakan. Kemudian, namanya juga harus mudah diingat oleh pengguna internet atau calon pengunjung situs Anda.

2. Hosting

Komponen lain yang tidak kalah penting ialah hosting. Hosting dapat dianggap sebagai lahan di mana Anda perlu membangun sesuatu di atasnya. Hosting ini menjadi tempat untuk menyimpan data situs.

Mulai dari file, dokumen, aplikasi, program, dan lain sebagainya. Jika ingin mendapat traffik besar dari pengunjung, maka perlu hosting lebih besar sehingga pengunjung tidak kesulitan ketika ingin mengakses situs milik Anda.

3. Desain

Komponen lain yang diperhatikan oleh jasa pembuatan website terbaik di Indonesia ialah desain. Desain ialah tampilan yang akan mempengaruhi citra perusahaan atau bisnis Anda.

Apabila desainnya menarik dan user-friendly, tentu pengunjung akan betah berlama-lama di dalam situs Anda. Namun, jika desain tampak berantakan dan aksesnya sulit, tentu pengunjung akan mencari alternatif situs lainnya.

Ada beberapa hal yang menyusun desain situs, mulai dari warna, huruf, layout, jenis dan ukuran font. Semuanya harus dipilih dan dikombinasikan dengan cermat supaya menghasilkan desain unik.

4. CMS

Komponen terakhir yang penting dalam jasa pembuatan website terbaik di Indonesia ialah CMS atau Content Management System. CMS ialah sistem yang dipakai dalam mengelola konten.

Melalui CMS, Anda dapat mengubah konten dalam situs sesuai dengan keinginan atau keperluan. Sekarang ini terdapat beragam pilihan CMS yang dapat digunakan. Setiap CMS menawarkan kemudahan dan jumlah pengguna tersendiri.

Bagaimana Cara Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat?

Memilih jasa pembuatan website terbaik di Indonesia memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika salah melakukannya, mungkin saja akan memperoleh situs dengan kualitas buruk dan hasilnya tidak sesuai keinginan. Oleh sebab itu, coba ikuti tips berikut ini.

1. Mengenali Kebutuhan Anda

Pertama-tama, kenali dahulu apa kebutuhan Anda. Apakah ingin website yang dibuat dari nol atau sekedar memerlukan jasa design. Alasannya, ada dua jenis jasa, yakni WordPress Developer dan WordPress Designer.

Keduanya mempunyai skill berbeda sesuai dengan keperluan customer. WordPress Developer akan membangun website mulai dari nol mirip dengan pekerjaan arsitek dan tukang bangunan, yakni mulai dibuat dari kerangka, struktur, hingga pemasangan fitur.

Sementara WordPress Designer lebih fokus pada bidang desain saja. Anda bisa mengandalkan jasa ini untuk memperoleh bantuan terkait tampilan situs, misalnya berkaitan dengan user experience dan user interface.

2. Menyiapkan Budget

Tips selanjutnya ialah menyiapkan budget yang sesuai. Anda perlu tahu, jika sebuah situs pembuatannya lebih kompleks, maka biayanya juga lebih besar. Jadi, pastikan menyiapkan budget sesuai keperluan Anda.

Apabila dana masih terbatas, bisa mencoba membangunnya dengan fitur standar terlebih dahulu. Di kemudian hari apabila sudah memperoleh dana lagi, maka dapat mengembangkan fiturnya.

3. Melihat Ulasan Customer

Tips dalam memilih jasa pembuatan website terbaik di Indonesia selanjutnya ialah memperhatikan reputasi. Anda dapat mengetahui reputasinya melalui ulasan customer di website mereka, Google Bisnisku, maupun sosial media.

4. Menjelaskan Keinginan Secara Detail

Tahukah Anda bahwa banyak orang memesan jasa pembuatan situs namun tidak menyampaikan keinginannya secara detail? Misalnya hanya mengatakan ingin dibuatkan situs mirip dengan milik kompetitor.

Lantas, ketika pembuatannya sudah selesai, masih meminta perubahan di banyak hal. Oleh sebab itu, Anda perlu menjelaskan secara detail keinginan agar pihak jasa terkait mampu memenuhinya tanpa banyak revisi setelah selesai.

Silahkan menjelaskan maksud dan tujuan pembuatan, masalah teknis, contoh website dengan fitur yang Anda kehendaki, font, gambar, logo sampai komposisi warna. Jadi, pihak jasa terkait bisa memperoleh gambaran dalam pembuatannya.

5. Diskusikan Mengenai Kontrak

Jangan lupa mempertanyakan berbagai hal dalam kontrak secara detail, misalnya terkait tanggal deadline, jumlah revisi, dan lain sebagainya. Jangan sampai tidak cek kontrak secara detail dan menyesal di kemudian hari.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jasa pembuatan website, jadi tidak bisa sembarangan dalam memilihnya. Perlu menerapkan tips memilih jasa pembuatan website terbaik di Indonesia dalam artikel ini supaya mendapat situs sesuai keinginan.

Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan.  Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia website? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms